Labu Siam Punya Banyak Sebutan, Berikut Manfaatnya

Labu siam atau biasa disebut jepan atau jipang merupakan sebuah makanan tumbuhan dari suku labu-labuan yang bisa dimakan baik buahnya dan pucuk mudanya. Labu Siam sendiri mempunyai nama yang berbeda-beda penyebutannya dalam berbagai daerah

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 07 Feb 2023, 17:16 WIB
ilustrasi labu siam/copyright by Regreto (Shutterstock)

Liputan6.com, Bandung - Labu siam atau biasa disebut jepan atau jipang merupakan sebuah makanan tumbuhan dari suku labu-labuan yang bisa dimakan baik buahnya dan pucuk mudanya. Labu siam sendiri mempunyai nama yang berbeda-beda penyebutannya dalam berbagai daerah.

Biasanya juga labu siam dikenal dengan sebutan waluh dan dalam bahasa Sunda biasanya juga disebut sebagai 'lejet'. Kemudian masyarakat Malang juga biasanya menyebut makanan ini dengan sebutan 'manisa' dan juga dalam bahasa Jawa biasa disebut 'jipang'.

Adapun masyarakat Indonesia biasa menyebutnya dengan sebutan labu siam dan biasanya dinikmati dengan berbagai macam cara. Bisa digoreng ataupun direbus bersama kulitnya namun lebih sering dijadikan tumis sayuran yang gurih dan bernutrisi.

Labu siam juga biasanya digunakan sebagai bahan-bahan makanan pendukung seperti menu makanan sayur lodeh, tumis labu, bahkan hingga menjadi lalapan biasa. Sayuran ini juga mempunyai banyak sekali manfaat dan kaya akan nutrisi.

Dalam labu siam diketahui mempunyai sekali serat, antioksidan, fosfor, zat besi, vitamin, tembaga, hingga potassium. Lebih jelasnya lagi berikut di bawah ini adalah berbagai macam manfaat-manfaat dari labu siam yang harus kamu ketahui:

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Labu siam (sumber: iStockphoto)

1. Mempunyai antioksidan yang kuat

Kandungan antioksidan yang ada pada labu siam sangatlah kuat dan seperti kita ketahui antioksidan merupakan senyawa yang memang bisa ditemukan dalam berbagai jenis makanan serta mempunyai manfaat dalam mengurangi peradangan, menurunkan stres, hingga melindungi tubuh dari kerusakan sel.

2. Dapat mengatasi anemia

Seperti diketahui labu siam mempunyai kandungan zat besi yang sangat baik dan seseorang yang mempunyai anemia merupakan orang yang kekurangan zat besi. Maka dari itu ketika seseorang mengonsumsi labu siam maka mempunyai manfaat karena mempunyai kandungan zat besi yang dapat membantu hemoglobin dalam meningkatkan oksigen sehingga mengatasi anemia.

3. Melindungi dari radikal bebas

Labu siam mempunyai kandungan vitamin c yang ternyata dapat membantu tubuh dalam melindungi diri dari radikal bebas. Vitamin c ini bisa menjadi antioksidan yang kuat sehingga membantu terhindar dari kerusakan sel karena adanya radikal bebas.

4. Mencegah kanker atau antikanker

Labu siam juga dikenal sebagai sayuran yang mempunyai manfaat dalam menangkal kanker atau menjadi anti kanker terutama jika mengkonsumsinya dengan rutin. Pasalnya labu siam dikabarkan dapat mencegah tumbuh kembangya sel kanker yang ada dalam tubuh, hal itu dikarenakan kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik yang dapat meningkatkan perlindungan diri dalam memicu pertumbuhan sel kanker.

5. Bagus untuk wanita hamil

Ada penelitian yang mengungkapkan jika labu siam cukup baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena mempunyai kandungan folat atau vitamin B9 yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dari ibu hamil. Maka dari itu kandungan dari ibu hamil tersebut tidak akan kekurangan folat sehingga kesehatan bayi bisa baik.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya