Tanda-Tanda Kucing Anda Alami Gejala Cacingan, Pernah Terjadi?

Terdapar beberapa tanda kucing sedang cacingan.

oleh Fachri pada 27 Jan 2023, 15:21 WIB
Ilustrasi Kucing Credit: pexels.com/Ihsan

Liputan6.com, Jakarta Cacingan bisa terjadi bukan hanya pada manusia, tapi juga kucing. Walaupun Anda sudah benar-benar mengawasi kebersihan dan menjaga jenis makanan kucing peliharaan, tetap saja cacingan bisa terjadi. Salah satu langkah preventifnya adalah dengan memberikan obat cacing pada kucing. 

Memang, cacingan pada kucing tidak akan mengundang ragam penyakit lainnya dan mudah diobati. Yup, pasalnya Anda dapat menemukan dengan mudah obat cacing yang dijual di pasaran untuk kucing peliharaan konsumsi. 

Akan tetapi, Anda harus mengetahui apa saja tanda-tanda kucing mengalami cacingan, ya! Langkah tersebut bisa memberikan penanganan yang tepat untuk kucing peliharaan Anda. 

2 dari 3 halaman

1. Turunnya Berat Badan dan Perut Buncit

Ini kucing-kucing kesayangan Tengku Firmansyah. Bintang film Sebuah Lagu untuk Tuhan begitu rindu dengan mereka saat harus menjalani perawatan di rumah sakit. (Foto: Instagram/@tengku_firmansyah)

Tanda pertama ketika kucing Anda sedang mengalami cacingan adalah turunnya berat badan dan perutnya menjadi buncit. Memang, kucing yang cacingan masih memiliki nafsu makan yang tinggi. 

Akan tetapi, jika kucing Anda mengalami penurunan berat badan, itu bisa menjadi tanda cacingan. Selain itu, bila perut kucing terlihat buncit, juga bisa menunjukkan tanda-tanda cacingan.

2. Terdapat Bulu Kasar

Tanda lainnya ketika kucing mengalami gejala cacingan adalah perubahan pada kondisi bulunya. Kucing yang mengalami gejala cacingan akan membuat bulunya menjadi kasar dan tidak berkilau. Dan jika tanda tersebut diikuti dengan perut yang membuncit, bisa diartikan kucing Anda mengalami gejala cacingan.

3. Berubahnya Kebiasaan BAB

Kebiasaan buang air besar juga bisa menjadi tanda kucing Anda mengalami gejala cacingan. Anda bisa mencermati kebiasaan buang air besar yang berubah pada kucing. Ketika kucing Anda seringkali BAB di pagi hari dan berubah tak tentu, itu berarti mengidap gejala cacingan. 

3 dari 3 halaman

4. Ada Cacing di Kotoran Kucing

Ilustrasi Efek Penyakit yang Menyerang Kucing Credit: pexels.com/Wes

Tanda selanjutnya adalah terdapat jejak cacing pada kotoran kucing. Cacing bisa dalam bentuk utuh atau hanya bagian kecil, itu bisa menandakan kucing Anda mengalami cacingan. Anda juga bisa mengamati bagian sekitar anus dan di area tidur kucing.

5. Mulai Bersikap Aneh

Jika kucing Anda mulai bersikap aneh dari biasanya, itu bisa menjadi tanda bahwa kucing mengalami cacingan. Terdapat dua hal yang dapat terlihat, yaitu ketika kucing seringkalu lesu dan tidak energik serta kucing mulai menyeret diri di sepanjang karpet.

Nah, itulah lima tanda kucing Anda sedang mengalami cacingan. Untuk itu, Anda harus menjaga kebersihan makanan dan kandang kucing, ya! Anda juga bisa memberikan makanan yang bernutrisi dan tinggi protein.

 

(*) 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya