Top 3: Hidangan yang Wajib Saat Imlek

Artikel tentang 8 hidangan yang wajib ada saat perayaan tahun baru Imlek - part 1 menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 18 Jan 2023, 11:03 WIB
Warga lokal Kota Kuno Zhongshan membuat makanan tradisional untuk merayakan Tahun Baru Imlek di Distrik Jiangjin, Chongqing, China, Jumat (17/1/2020). (Xinhua/Liu Chan)

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lagi masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek tepatnya pada tanggal 21 Januari 2023. Perayaan Tahun Baru Imlek sangat penting bagi orang Tionghoa. Semua anggota keluarga akan berkumpul. 

Dalam legenda asal mula Festival Musim Semi, saat perayaan Imlek monster Nian akan datang dan meneror desa. Orang-orang akan bersembunyi di rumah mereka, menyiapkan pesta dengan persembahan kepada leluhur dan dewa, dan berharap yang terbaik. 

Makanan adalah salah satu hal yang paling dibanggakan oleh orang Tionghoa. Seperti halnya kegiatan dan dekorasi Imlek, hidangan juga disiapkan untuk memberi berkah di tahun depan. Baik nama maupun penampilan merupakan simbol harapan akan kemakmuran, kebahagiaan, dan keberuntungan. 

Artikel tentang 8 hidangan yang wajib ada saat perayaan tahun baru Imlek - part 1 menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 13 rukun shalat yang wajib diketahui seluruh umat muslim.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang lima zodiak yang suka menyendiri meskipun banyak teman.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Hidangan yang Wajib Ada Saat Perayaan Tahun Baru Imlek - Part 1

Ilustrasi makanan keberuntungan saat libur Imlek 2022 (dok.pexels)

 

Meskipun setiap daerah memiliki adat yang berbeda, ada beberapa hidangan umum yang terlihat saat perayaan Tahun Baru Imlek. Dilansir dari chinesenewyear.net, Selasa (17/1/2023), berikut ulasannya:

Spring Rolls 

Spring rolls mungkin adalah masakan China yang paling terkenal. Namun, mereka sebenarnya adalah "lumpia". Mereka dimakan selama Festival Musim Semi di China Selatan untuk merayakan datangnya musim semi. Lebih khusus lagi, mereka dimakan pada hari pertama musim semi. Hidangan ini bisa muncul di atas meja sebagai hidangan makan malam, makanan pembuka atau makanan ringan.

Sebagian besar akrab dengan lumpia versi goreng. Di seluruh China, mereka juga bisa dikukus atau dipanggang. Ukuran dan bentuknya bervariasi dari persegi panjang kecil hingga lingkaran datar besar.

Selama Dinasti Jin (sekitar 265–420), orang akan mengatur lumpia dan sayuran bersama di atas piring. Ini dikenal sebagai Piring Musim Semi. Selama Festival Musim Semi, kaisar akan menghadiahkan para pejabat dengan Piring Musim Semi. 

Kulit lumpia terbuat dari tepung terigu, air dan sedikit garam. Isiannya tergantung selera pribadi Anda. Secara tradisional, isiannya terbuat dari daging babi, kol China, shiitake, wortel, dan bumbu.

Bagi mereka yang menyukai makanan manis, ada lumpia pasta kacang merah ala Shangainese. Untuk membuatnya, buat isian pilihan Anda. Letakkan sekitar 2 sendok di tengah kulit lumpia. Selipkan ke samping dan gulung, rekatkan ujungnya dengan putih telur. Akhiri dengan menggorengnya hingga kulitnya berwarna keemasan dan renyah.

Selengkapnya...

2 dari 3 halaman

2. 13 Rukun Shalat yang Wajib Diketahui Seluruh Umat Muslim

Tata Cara Sholat Jamak (Sumber: Pixabay)

Shalat merupakan ibadah yang wajib dilakukan bagi umat muslim. Itu mengapa penting bagi umat muslim mengetahui cara shalat yang benar. Salah satu hal wajib dalam shalat adalah rukun sholat yang harus dipenuhi guna sahnya shalat. 

Dikutip dari NU Online, Selasa (17/1/2023), Mustafa al-Khin dan Musthafa al-Bugha, Al-Fiqh al-Manhaji ‘ala Madzhab al-Imâm al-Syâfi’i (Surabaya: Al-Fithrah, 2000), juz I, hal. 129, menjelaskan makna rukun.

“Makna rukun. Rukun sesuatu ialah bagian mendasar dari sesuatu tersebut, seperti tembok bagi bangunan. Maka bagian-bagian shalat adalah rukun-rukunnya seperti ruku’ dan sujud. Tidak akan sempurna keberadaan shalat dan tidak akan menjadi sah kecuali apabila semua bagian shalat tertunaikan dengan bentuk dan urutan yang sesuai sebagaimana telah dipraktekkan oleh Nabi SAW.” 

Secara singkat bisa diartikan bahwa rukun shalat adalah bagian penyusun dari shalat tersebut. Ada berbagai macam versi tentang berapa rukun shalat.

Namun demikian, perbedaan versi tersebut tidaklah bersifat substansial, tapi hanya persoalan teknis belaka, seperti misalnya ada ahli fiqih yang menyebutkan rukun thuma’ninah (tak bergerak sejenak) hanya sekali saja meskipun letaknya di berbagai tempat, dan ada yang menyebutkannya secara terpisah-pisah. 

Juga ada yang menyatakan bahwa niat keluar dari shalat merupakan rukun. Namun, ada juga yang menyatakan bahwa hal tersebut secara otomatis dimaksudkan dalam rukun salam pertama.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. 5 Zodiak yang Suka Menyendiri Meskipun Punya Banyak Teman

Ilustrasi menikmati hidup, diri sendiri, angin sepoi-sepoi. (Photo by Fernando Brasil on Unsplash)

Tiap individu memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Ada individu yang suka menyendiri, sementara yang lain tak bisa lepas dari keriuhan.

Individu yang suka menyendiri pun terbagi berbagai jenis, beberapa suka menangis karena kesepian. Tapi beberapa menyukai momen saat sendirian, karena kewalahan saat berada di sekitar banyak orang sehingga perlu istirahat dari interaksi sosial.

Nyatanya, individu yang suka menyendiri bisa dilihat berdasarkan zodiaknya. Nah, penasaran apa saja zodiaknya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Times of India, Senin (16/1/2023).

1. Scorpio

Scorpio bukan tidak menyukai bersosialisasi, tapi mereka hanya bisa terobsesi dengan satu orang pada satu waktu.

Mereka mencari teman dari orang yang mereka sukai, sehingga Anda tidak akan menemukannya mengobrol dengan orang sembrangan di acara atau pertemuan apa pun.

2. Virgo

Virgo menjadi salah satu zodiak yang senang berada di perkumpulan tapi sering merasa lelah setelah beberapa saat. Mereka menyukai me time, dan menghabiskan waktu hanya bermain gim di rumah.

Mereka juga sangat pemilih saat datang ke sebuah acara. Jika mereka tidak menyukai orang-orangnya, mereka memilih tinggal di rumah.

Selengkapnya...

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya