Kisah Wanita Mengaku Dikirim Santet Lewat Surat, Ternyata Orang Terdekat yang Iri

Surat diduga berisi santet itu berisi benda tajam.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 06 Jan 2023, 03:00 WIB
Ilustrasi surat. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita asal Malaysia menceritakan tentang santet yang diterimanya lewat surat. Awalnya, wanita diketahui bernama Puan Auni ini mengira surat itu adalah kartu undangan. Setelah dibuka, ia mengaku bingung dengan isi amplop cokelat yang konon dikirim dari Alor Setar, Kedah, Malaysia.

"Surat ini agak aneh karena ada benda tajam di dalamnya. Kalau mau tahu, surat bermeterai ini dikirim dari warga Alor Setar. Mirip surat undangan pesta. Rupanya surat dari penyantet," ungkap Auni dikutip dari mStar, Kamis, 5 Januari 2023.

" Kami tahu siapa dia, tapi biar dirahasiakan," katanya, menolak memberikan identitas pengirim.

Menurut Auni, ini bukan pertama kali ia curiga diancam dengan santet, yang diduga akibat kecemburuan orang lain terhadapnya. Auni mengatakan, meski banyak upaya menjatuhkan ia dan suaminya melalui santet, ia tetap tidak menyerah untuk melanjutkan bisnis. Dalam mencari rezeki, menurutnya, ia sangat percaya pada kekuasaan Tuhan.

"Orang ini bahkan salat lima kali sehari, bersedekah sana-sini. Jangan bilang dia baik. Ia mungkin baik dengan Tuhan, tapi belum tentu dengan manusia," ujarnya. 

Lebih jauh Auni mengatakan, bulan lalu suaminya sempat lebih dulu mendapati praktik "ilmu sihir," disusul dirinya sebulan kemudian. Ia menyambung, "Sebenarnya hal seperti ini sudah biasa terjadi. Ini bukan omong kosong, bukan kata kebal, tapi saya yakin hanya satu kuasa Allah."

2 dari 4 halaman

Isi Surat

Ilustrasi Surat/https://unsplash.com/Ranurte

Melalui sebuah video yang diunggah di media sosial, terlihat seseorang dengan hati-hati membuka amplop tersebut sambil mengenakan sarung tangan sekali pakai. Dugaan surat tersebut berisi santet didasari gambar bagian kepalanya yang ditusuk pada patung voodoo.

Di bagian bawah gambar, terdapat tulisan bahasa Thailand yang dipercayai bacaan jampi untuk menjatuhkan Auni. Terdapat juga nama Auni yang dieja dengan tulisan jawi pada salah satu keping kertas berukuran A4 tersebut.

Juga, terdapat cairan seperti darah pada bagian ujung surat. "Gambar yang ia gunakan itu diambil dari profil WhatsApp dan hanya orang tertentu saja yang memiliki nomor yang saya gunakan. Gambar latar belakang itu tidak ada di Facebook atau media sosial," jelasnya di video.

"Orang yang hantar (santet) ini orang dekat. Cuma tak sangka hati ternyata begini," katanya.

Sementara, konten video itu dibagikan dengan tujuan mengingatkan orang lain bahwa santet itu ada. Namu,  karena kuasa Allah, Auni dan suaminya hingga kini masih sehat dan menjalani bisnis mereka.

3 dari 4 halaman

Pengalaman Disantet

Wanita Ini Temukan Buhul Santet di Halaman Rumahnya, Bikin Merinding (Sumber: TikTok/_indadari_)

Sementara itu, mengutip dari kanal Hot Liputan6.com, 6 Juli 2022, kejadian serupa juga dialami seorang wanita. Lewat video yang saat itu viral, terlihat  seorang wanita menggali tanah di halaman rumahnya dan menemukan benda yang diduga merupakan buhul santet. 

Santet sering jadi ketakutan sebagian orang. Pasalnya, praktik perdukunan ini dianggap bisa mencelakakan orang lain melalui berbagai ritual. Salah satu praktiknya diklaim dialami pengguna Tik Tok Indadari. 

"Pengalamanku disantet dan Alhamdulillah Allah melindungi dengan menghancurkan semua buhul pengantar sihirnya. Total terdapat lima buhul yang bentuknya dibungkus-bungkus," begitu bunyi keterangan video penemuan buhul santet yang saat itu tengah viral.

Selain penasaran, tidak sedikit netizen yang merasa merinding melihat penemuan benda aneh itu. Sementara, ada juga yang menyarankan untuk tidak terlalu mempercayai konten-konten seperti ini karena dekat dengan praktik "syirik dan penyakit hati."

Klip yang dibagikan pengguna TikTok itu sendiri disebut sebagai proses penggalian buhul santet. 

4 dari 4 halaman

Isi Buhul Santet

Wanita Ini Temukan Buhul Santet di Halaman Rumahnya, Bikin Merinding (Sumber: TikTok/_indadari_)

Pengunggah video mengaku mencari barang-barang mistis itu tidaklah mudah. Bahkan, ia harus mengeruk beberapa sudut halaman rumahnya. 

Setelah menggali tanah sedalam 30 centimeter, bungkusan dari kain putih jadi awal dugaan hal mistis menimpanya. Dalam video pun tampak bungkusan itu berisi bulu ayam dan tulang belulang yang telah membusuk.

Kain putih tersebut diyakini merupakan kain kafan, bahkan ada bacaan yang diyakini sebuah mantra dan tanah kuburan.  Tak berselang lama, video berdurasi 36 detik itu juga menunjukkan penemuan buhul kedua dan ketiga.

Terlihat sebuah bungkus plastik yang di dalamnya terdapat bulu ayam. Para penggali tanah pun berinisiatif melebarkan lahan galian mereka.

Penemuan buhul ketiga dikatakan semakin mengejutkan. Kali itu, sebuah buhul yang dibungkus pakaian pengunggah video ditemukan. "Ini buhul ketiga dibungkus pakai bajuku yang entah dapat dari mana," tulis penemu buhul di videonya. 

Berkat video ini, tak sedikit warganet yang penasaran dan ngeri melihat penemuan buhul tersebut. Selain itu, ada yang penasaran bagaimana sang pengunggah video menemukan benda-benda mistis tersebut. Kebanyakan bertanya bagaimana bisa tahu soal lokasi kiriman santet tersebut.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya