Memandangi Cold Moon, Fenomena Bulan Purnama Terakhir di Tahun 2022

Bulan purnama Desember sendiri dikenal sebagai Cold Moon atau Bulan Dingin

oleh Arny Christika Putri diperbarui 08 Des 2022, 07:00 WIB
Bulan Purnama Cold Moon
Bulan purnama Desember sendiri dikenal sebagai Cold Moon atau Bulan Dingin
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon muncul di belakang menara Galata di Istanbul, Turki, Rabu (7/12/2022). Bulan purnama Desember sendiri dikenal sebagai Cold Moon atau Bulan Dingin. (AP Photo/Emrah Gurel)
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon muncul di belakang menara Galata di Istanbul, Turki, Rabu (7/12/2022). Dijuluki Cold Moon karena Bulan purnama ini terbit pada salah satu malam “terpanjang” dalam setahun karena kedekatannya dengan titik balik Matahari musim dingin di Desember. (AP Photo/Emrah Gurel)
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon terbit di sebelah kapsul bianglala London Eye di London, Rabu (7/12/2022). Bulan purnama Desember juga akan berada di atas cakrawala lebih lama dari kebanyakan Bulan purnama, karena lintasannya yang lebih tinggi di langit. (AP Photo/Alastair Grant)
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon terbit di sebelah kapsul bianglala London Eye di London, Rabu (7/12/2022). Beberapa nama lain untuk Bulan purnama Desember adalah Snow Moon, Long Night Moon, dan Winter Maker Moon. (AP Photo/Alastair Grant)
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon muncul di atas kuil kuno Parthenon saat hari mendung, di Athena, Yunani, Rabu (7/12/2022). Bulan purnama Desember sendiri dikenal sebagai Cold Moon atau Bulan Dingin. (AP Photo/Petros Giannakouris)
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon terbit melalui langit cerah melewati serangkaian lampu putih di corniche Doha, di Doha, Qatar, Rabu (7/12/2022). Bulan purnama Desember disebut Full Cold Moon karena kemunculannya bertepatan dengan musim dingin yang benar-benar menggigilkan di belahan Bumi utara. (AP Photo/Hassan Ammar)
Bulan purnama terakhir tahun ini yang dikenal sebagai Cold Moon terbit melalui langit cerah melewati serangkaian lampu putih di corniche Doha, di Doha, Qatar, Rabu (7/12/2022). Bulan purnama Desember juga akan berada di atas cakrawala lebih lama dari kebanyakan Bulan purnama, karena lintasannya yang lebih tinggi di langit. (AP Photo/Hassan Ammar)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya