Deretan Tips Memilih Nama yang Tepat untuk Anjing Kesayangan Anda

Berikut beberapa tips bermanfaat untuk menemukan nama yang paling tepat untuk anjing peliharaanmu.

oleh Nanda Rabita Nur Ilahiyah diperbarui 30 Nov 2022, 09:01 WIB
Anjing berbulu putih nan lucu ini merupakan peliharaan Natasha Wilona. Anjing milik Natasha Wilona ini ia dapatkan ketika masih berusia 2 bulan. Meski diberi oleh penggemarnya, Natasha Wilona nampak totalitas dalam mengurus anjingnya. (Liputan6.com/IG/@natashawilona12)

Liputan6.com, Jakarta Mempertimbangkan untuk memberi nama anjing peliharaan itu penting. Sebab memberi nama yang tepat dapat membuat pelatihan menjadi lebih mudah. Jadi, setelah hewan berbulu yang menggemaskan ini menjadi milikmu untuk dibawa pulang, saatnya memikirkan cara memberi namanya.

Tentunya kamu tidak ingin memilih nama anjing yang tidak cocok, yang dapat membingungkan hewan peliharaan lain, atau bahkan menjadi tantangan untuk dipanggil di taman. Jadi sebelum kamu memilih nama untuk anjingmu ada baiknya kamu pikirkan terlebih dahulu.

Melansir laman Daily paws, Selasa (29/11/22) berikut beberapa tips bermanfaat untuk menemukan nama yang paling tepat untuk anjing peliharaanmu, yakni:

1. Membuat nama yang sederhana

Sebagian besar anjing menyukai nama yang pendek sebab cenderung lebih mudah dikenali oleh mereka. Tetapi yang lebih penting, nama tersebut juga harus terasa mudah untuk kamu ucapkan ketika kamu ingin memanggilnya. Usahakan menggunakan nama panggilan yang mudah dipahami untuk penggunaan sehari-hari dan pastikan nama tersebut juga tidak akan mempermalukanmu di tempat umum.

2. Pilih Nama Anjing yang Unik

Cobalah untuk memilih nama yang unik. Dengan begitu, anjing kamu akan mengetahui perbedaan antara namanya dengan anjing lain di sekitarnya. Dengan berbagai cara mudah, seperti kamu dapat menemukan inspirasi dengan daftar lebih dari 150 nama unik untuk anjing. Atau cari opsi yang sesuai dengan karakteristik anjingnya.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2 dari 4 halaman

3. Suara nama anjingmu penting

Macam-macam jenis anjing peliharaan (sumber: Pixabay)

Saat memutuskan memilih nama anjing, pikirkan bunyi perintah umum untuk anjing. Sebab jika nama anjingmu terdengar seperti perintah, itu bisa memperumit rutinitas latihan kamu.

Beberapa ahli perilaku hewan mengatakan bahwa nama dengan bunyi konsonan keras memudahkan anjing mengenali bunyi nama mereka dan membedakannya dari kebisingan di sekitarnya.

Percaya atau tidak, faktanya banyak anjing merespon baik nama yang diakhiri dengan vokal seperti Bella, Dixie, atau Bobbie, dan juga membantu anjing mendengar nama mereka dengan lebih baik. Ini karena frekuensi nada kamu berubah saat kamu mengucapkan nama anjing yang diakhiri dengan vokal. Anjing tidak memikirkan namanya seperti yang ditafsirkan oleh manusia. Bagi anjing, nama mereka adalah suara yang diartikan sebagai perintah.

 

3 dari 4 halaman

4. Pelatihan dan pengulangan adalah kuncinya

Ilustrasi Anjing Labrador. (Liputan6/Pixabay)

Dalam hal memberi nama anjing, pelatihan menjadi perhatian utama. Anjing akan mendengar namanya berulang-ulang, dan akan belajar meresponnya saat mempelajari perintah.

Diketahui bahwa anjing mengenali nama karena sesuatu terjadi setelah mereka mendengarnya. Dengan kata lain, itu bisa lebih merupakan kata isyarat daripada pengenal pribadi. Itu berarti anjing kamu perlu menanggapi namanya, dan mengasosiasikannya dengan hal-hal yang baik.

Contoh, kamu dapat mengajari anjing mengenali namanya dengan berbagai camilan. Misal dengan duduk di sampingnya dan saat dia melihatmu, panggil dia dengan namanya dan berikan dia hadiah berupa camilan. Ulangi dan akhirnya dia akan belajar bahwa menanggapi namanya membawa apa yang dia inginkan. 

4 dari 4 halaman

Viral Kisah Anjing Pelacak Bernama Coco, Bantu Relawan Temukan Korban Cianjur

Polisi mengerahkan anjing pelacak saat melakukan pencarian korban gempa Cianjur di kawasan Cugenang yang longsor, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Hingga siang ini, menurut Menko PMK Muhadjir Effendy korban meninggal akibat gempa Cianjur mencapai 162 orang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pasca gempa mengguncang Cianjur pada 21 November lalu, Badan SAR Nasional (Basarnas) masih terus berupaya temukan korban hilang bahkan kini memperpanjang masa pencarian korban Cianjur. Diketahui hingga saat ini tercatat ada 321 korban yang meninggal dunia.

Selain tim SAR, beberapa anjing pelacak juga dikerahkan untuk membantu mencari korban Cianjur yang masih hilang atau tertimbun reruntuhan, salah satunya adalah anjing pelacak bernama Coco.

Bantu Tim SAR menemukan 3 korban gempa Cianjur, kisah Coco viral di media sosial. Bukan pertama kali, Coco sering diturunkan untuk membantu Basarnas atau relawan dalam menemukan korban.

Anjing pintar dan dicintai banyak orang ini merupakan anjing labrador jantan anggota SAR dog Jateng. Sederet fakta lainnya tentang Coco ini diunggah di akun Twitter @WidyoLita bikin warganet salut.

Infografis Vaksin Covid-19 Berdampak pada Kesuburan Pria dan Perempuan? (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya