Hai Ladies! Intip 5 Tips Agar Wajahmu Tidak Terlihat Jutek

Banyak kalangan, terutama wanita sering dicap memiliki wajah jutek atau judes.

oleh Azizah Savira diperbarui 29 Okt 2022, 14:14 WIB
Apa, sih, yang membuat tiga zodiak ini penuh kesengitan? (Sumber foto: unsplash.com)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kalangan, terutama wanita sering dicap memiliki wajah jutek atau judes. Mereka lebih menunjukkan ekspresi yang datar, tampak bosan, atau pemarah sehingga sering dianggap tidak ramah. Lalu, mengapa seseorang bisa memiliki muka yang jutek?

Sebuah studi berjudul Throwing Shade: The Science of Resting Bitch Face (2015) menjelaskan bahwa fenomena wajah jutek atau resting bitch face merupakan hal yang nyata.

Penelitian ini dilakukan Abbe Macbeth dan Jason Rogers dari Noldus Information Technology, yaitu sebuah perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak bernama FaceReader.

Perangkat lunak ini dapat membaca ekspresi manusia. Dalam studi ini, para peneliti berusaha untuk menganalisis wajah para selebritas Hollywood, Amerika Serikat.

Hasilnya, peneliti menemukan rata-rata ekspresi wajah manusia terdiri dari 97 persen ekspresi wajah netral dan 3 persen sisanya menunjukkan emosi kecil, seperti sedih, senang, atau marah.

Namun, orang yang berwajah jutek tingkat emosinya naik hingga 6 persen atau dua kali lipat. Melalui hasil pemindaian foto, sebagian besar emosi yang diekspresikan orang dengan muka judes ialah ekspresi menghina atau meremehkan.

Emosi ini bisa dilihat dari isyarat kecil, seperti menyipitkan mata atau menarik salah satu sudut bibir. Ini sendiri diartikan sebagai perasaan bahwa ada sesuatu yang patut dicemooh.

Pada akhirnya, bentuk wajah berperan besar dalam membentuk kesan jutek pada seseorang.

Jadi tak heran bila banyak orang yang dicap jutek punya ciri khas mata sipit atau sayu, sudut bibir yang melengkung ke bawah, atau posisi alis agak turun ke arah dalam hidung.

Dilansir verywellmind.com, berikut sederet tips yang mungkin dapat kamu lakukan agar wajahmu tidak terlihat jutek:

2 dari 6 halaman

1. Lebih Ekspresif agar Wajah Tidak Kaku

Capricorn. (Via: pexels.com)

Belajarlah untuk lebih ekspresif. Sebab salah satu penyebab wajah yang cemberut adalah karena yang bersangkutan terlihat terlalu kaku dan formal.

Wajah yang ekspresif sendiri tak melulu harus terlihat ceria. Tidak, wajah yang ekspresif adalah wajah yang bisa menampilkan raut berbeda untuk tiap kondisi emosi yang berlainan.

Bagi kebanyakan orang, sebetulnya ini bukan masalah. Tapi ada lho orang-orang tertentu yang sangat sulit mengekspresikan perasaanya lewat wajah.

Bagi kamu yang kesulitan mengekspresikan perasaan lewat wajah, melatih diri agar ekspresif bisa dibilang wajib dilakukan. Awalnya memang akan tampak canggung.

Namun setelah terbiasa, nanti kamu pasti lebih nyaman. Toh, ekspresi wajah termasuk dalam body language yang bisa dipelajari.

3 dari 6 halaman

2. Berkaca Terlebih Dulu

Jennie tampil simple menggunakan sweater berwarna abu-abu. Jennie tampil dengan rambut yang sedikit berantakan dan kacamata hitam. (Instagram/@jennierubyjane)

Ada banyak penyebab wajah yang terlihat cemberut. Ada yang disebabkan karena mood, namun ada juga yang dikarenakan bentuk wajah kita memang demikian. Nah, untuk mereka yang wajah alaminya tampak cemberut, cobalah untuk berkaca dulu.

Secara umum, ada 3 bagian wajah yang bisa membuat seseorang terlihat sedang marah. Pertama alis, kedua mata, dan ketiga bibir.

Mereka yang memiliki tipe wajah RBF (Resting Bitch Face) memiliki garis yang cenderung khas di ketiga bagian itu. Misalnya di mulut kamu. Lihatlah, apakah garis ujung mulut kamu cenderung naik atau turun.

Bila garis ujung bibir kamu naik, wajahmu biasanya terlihat seolah sedang tersenyum. Namun bila garis ujung bibir kamu turun, kamu akan terlihat sedang sedih atau marah.

Hal yang sama berlaku pada mata. Sedangkan pada alis, umumnya mereka yang bertipe RBF memiliki alis yang terlalu tegas ke atas atau lurus tanpa lengkung.

4 dari 6 halaman

3. Gunakan Makeup di Bagian Mata

Perkiraan produk makeup kedaluwarsa. (Ist)

Katakanlah bahwa kamu sudah berhasil mengidentifikasi bagian wajah yang membuat kamu terlihat cemberut. Lalu apa yang bisa dilakukan sebagai cara agar wajah tidak terlihat cemberut?

Makeup adalah salah satu hal terbaik yang bisa memecahkan masalah ini. Ya, sebagai perempuan, kamu bisa mengandalkan berbagai perlengkapan makeup agar wajah kamu terlihat lebih menyenangkan.

Misalnya, agar mata tidak terlihat “sedih”, kamu bisa menggunakan tarikan eyeliner ke atas. Sehingga mata kamu terlihat lebih hidup dan bersemangat.

Atau, bila alis kamu tampak galak, kamu bisa memodifikasinya dengan pensil alis. Buat tarikan yang lembut agar wajah kamu tidak tampak sedang marah atau emosi.

Ingat juga agar menghindari makeup yang membuat wajah kamu terlihat semakin cemberut. Misalnya, makeup dengan kesan yang terlalu gothic.

Bukan berarti kamu tidak boleh memakai makeup gelap lho. Hanya saja, hindari makeup seperti itu di momen kamu ingin tampak ceria.

5 dari 6 halaman

4. Buka Mata Lebih Lebar saat Bicara

Kepercayaan merupakan pertukaran dua arah dan akan sangat membantu. Credits: pexels.com by RODNAE Productions

Tidak semua perempuan suka menggunakan makeup. Beberapa dari kita yang rutin ber-makeup pun mungkin juga keberatan bila harus menggunakan eyeliner dan segala macamnya.

Nah, bagi kamu yang malas bermakeup, kamu bisa 'memodifikasi' ekspresi mata kamu saat berbicara dengan orang lain.

Coba, berdirilah di depan cermin terlebih dahulu. Setelah itu, beradeganlah seakan kamu sedang bicara dengan orang lain. Perhatikan matamu, kebanyakan orang dengan tipe wajah Resting Bitch Face memiliki mata yang terkesan tanpa bergairah.

Untuk mengatasi ini caranya sederhana sekali. Kamu tinggal membuka mata kamu lebih lebar saat bicara dengan orang lain. Angkat juga alismu agar terlihat lebih antusias.

Mungkin kamu merasa ini aneh. Namun ekspresi mata yang terbuka lebar memang bisa sangat membantu mengurangi kesan cemberut.

6 dari 6 halaman

5. Lebih Sering Tersenyum

Gal Gadot berpose saat menghadiri Peluncuran Pameran Budaya Veuve Clicquot Solaire di Beverly Hills, California pada 25 Oktober 2022. Gal mempertajam fitur sirene layarnya dengan riasan naturalistik dan memperlakukan kamera dengan senyum cerahnya. (Kevin Winter/Getty Images/AFP)

Tampilan wajah yang cemberut juga bisa diatasi dengan lebih banyak tersenyum. Termasuk, saat kita menatap orang lain yang sedang berbicara.

Kenapa ini penting? Sebab, mereka yang memiliki tipe wajah RBF, secara alamiah akan terlihat marah ketika tak berekspresi sama sekali.

Jika kita sering tersenyum maka wajah kita akan terbawa oleh efek senyumannya, yaitu memberikan kesan pada wajah lebih ramah.

Tapi ingat ya, jangan tersenyum terlalu berlebihan. Tarik saja sedikit mulut kamu agar terlihat ramah.

Sebab, kalau kamu tersenyum terus pun pasti efeknya tidak baik. Selain dianggap aneh, wajah kamu bisa lelah karena terus-menerus harus tersenyum.

Nah itulah beberapa tips agar wajahmu terlihat lebih ramah.

 

Infografis 6 Cara Jaga Anak Aman Berinternet Saat Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya