Momen Raksasa Italia saat Mengguncang Dunia, Kini Terlelap Bagai Bayi

Masa transisi tengah dihadapi Italia sebagai salah satu skuad yang gagal mentas di Piala Dunia 2022 Qatar.

oleh Yulianto diperbarui 24 Sep 2022, 06:00 WIB
Bek Timnas Inggris, Harry Maguire, menyundul bola saat melawan Italia pada laga final Euro 2020 di Stadion Wembley, London hari Senin (12/07/2021). (Foto: AP/(Frank Augstein,Pool)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Italia tak berpartisipasi di Piala Dunia 2022 Qatar. Di luar dugaan mereka tersingkir dari fase play-off, sekaligus menjadi kegagalan kedua secara beruntun Gli Azzurri tak tampil di ajang prestisius tersebut.

Namun, bicara prestasi di Piala Dunia, Italia memiliki segudang trofi. Masyarakat Italia pun bangga karena timnas kebanggaan mereka meraih empat trofi.

Capaian itu membuat Gli Azzurri menjadi salah satu timnas yang mengoleksi banyak gelar Piala Dunia. Hanya Brasil yang lebih sering memenangkan Piala Dunia daripada Italia. Selecao merebut lima trofi dalam kesempatan mereka menaklukkan dunia.

Italia memang bangga atas pencapaian mereka, terlepas dari kontroversi yang ditimbulkan untuk menggapai supremasi tertinggi tersebut. Namun, bagai seorang bayi, Italia saat ini wajib berbenah dari awal lagi kendati Gli Azzurri berhasil mengamankan gelar Euro 2020.

Mereka mungkin sudah melakukannya, seperti menggeser posisi Roberto Mancini sebagai pelatih kepala. Pemecatan itu buntut dari kegagalan Italia tak tampil di Qatar tahun ini. Tapi, bukan hanya pemecatan sosok pelatih yang bisa mengangkat pamor Italia kembali bersinar, butuh evaluasi segala komponen agar skuad Italia kembali disegani dunia.

Yang jelas, warisan sepak bola Italia akan tetap hidup kendati absen di Qatar. Kami melihat di sini bagaimana Gli Azzurri berhasil mengamankan setiap gelar yang mereka peroleh dengan darah dan air mata.

2 dari 5 halaman

Kemenangan Piala Dunia Pertama di Eropa

Benito Mussolini (AP)

Piala Dunia 1934

Piala Dunia 1934 adalah yang pertama diadakan di Eropa dan diberikan kepada Italia, yang tetap harus lolos ke turnamen mereka sendiri. Uruguay selaku juara Piala Dunia 1930 absen. Mereka kesal dengan banyak negara Eropa yang tidak melakukan perjalanan panjang ke Amerika Selatan empat tahun sebelumnya.

Sementara Inggris masih bukan anggota FIFA saat itu, apalagi setelah mereka mengundurkan diri pada 1928. Fakta itu membuat Italia memiliki kans saat bermain di kandang sendiri.

Perdana Menteri Italia saat itu, Benito Mussolini, sangat ingin timnya memenangkan kompetisi di kandang sendiri dan mereka bertahan dengan mengalahkan Cekoslowakia 2-1 di final.

Sebuah turnamen sistem gugur langsung yang terdiri dari babak 16 besar, perempat final, semifinal, perebutan tempat ketiga dan final. Turnamen 1934 memegang rekor memiliki jumlah pertandingan paling sedikit, 17, lima di antaranya melibatkan Italia (perempat final melawan Spanyol diulang pada hari berikutnya, dan diselesaikan dengan gol dari legenda Azzurri Giuseppe Meazza).

Pertandingan pertama Italia di Piala Dunia 1934 adalah kemenangan 7-1 atas Amerika Serikat, dan pertandingan Piala Dunia pertama mereka pada tahun 1934 tetap menjadi satu-satunya waktu Italia mencetak lebih dari empat gol dalam satu pertandingan.

Setelah mengalahkan Spanyol 1-0 di pertandingan ulang, Italia mencatat skor yang sama di semifinal melawan Austria, dengan superstar Austria Matthias Sindelar keluar dari permainan setelah bersitegang dengan Luis Monti, pemain yang tampil untuk Argentina di Piala Dunia 1930 tetapi menemukan dirinya lebih sukses dalam warna Italia empat tahun kemudian.

Namun, Monti hanya akan bertahan beberapa menit melawan Inggris setelah patah tulang di kakinya pada 1934. Pertandingan, yang disebut sebagai final Piala Dunia yang sebenarnya, membuat tim tuan rumah menang 3-2. Italia diuntungkan secara signifikan menghadapi tim yang bermain dengan 10 orang untuk hampir semua pertandingan.

Tapi, apa pun yang mungkin diklaim oleh Inggris, Juara Dunia 1934 adalah Italia, suatu kehormatan yang mereka dapatkan dengan mengalahkan Cekoslowakia 2-1 setelah perpanjangan waktu dalam kondisi yang sangat panas di Roma. Eropa memiliki Juara Dunia pertamanya; empat tahun kemudian Italia akan melakukannya lagi.

3 dari 5 halaman

Kemuliaan Gli Azzurri di Tebing Perang

Silvio Piola (Blitzquotidiano.it)

Piala Dunia 1938

Vittorio Pozzo adalah satu-satunya manajer dalam sejarah sepak bola yang memenangkan dua Piala Dunia dan edisi 1938 adalah alasannya. Italia menjadi negara pertama yang mempertahankan mahkota dunia mereka (hanya Brasil yang melakukannya sejak itu), dan melakukannya dengan sekali lagi menavigasi format sistem gugur 16 tim yang sebenarnya menjadi 15 tim setelah Austria terpaksa mundur karena insiden Anschluss.

Ada tiga ulangan kali ini (seseorang menciptakan adu penalti) dengan Cekoslowakia melewati Belanda dan Kuba mengalahkan Rumania di babak 16 besar. Sementara Brasil membutuhkan dua upaya untuk melewati Cekoslowakia di perempat final. Sementara Jerman tersingkir pada tahap pertama, sesuatu yang tidak akan terjadi di Piala Dunia hingga 2018.

Hadiah Kuba untuk mencapai delapan besar adalah kekalahan 8-0 oleh Swedia, dan pertandingan itu tetap menjadi satu-satunya waktu dalam sejarah Piala Dunia di mana sebuah tim kebobolan delapan gol atau lebih di perempat final dan seterusnya.

Italia membutuhkan waktu tambahan untuk melewati Norwegia di pertandingan pertama mereka, sebelum menghadapi tuan rumah Prancis di perempat final di Bordeaux. Sebuah gol untuk masing-masing tim dalam 10 menit pembukaan membuat permainan diselesaikan dengan dua gol di babak kedua dari striker legendaris Silvio Piola.

Italia mengalahkan Brasil 2-1 di semifinal untuk maju ke final melawan Hungaria di Paris. Piola mencetak dua gol lagi, bersama dengan dua gol dari Gino Colaussi saat Italia menang 4-2 untuk mempertahankan trofi. Piala Dunia dengan skor tertinggi kedua dalam sejarah, berdasarkan gol per pertandingan (4,67), Italia tetap menjadi salah satu dari hanya empat tim yang memenangkan setiap pertandingan yang mereka mainkan di Piala Dunia.

Setelah menjadi juara dunia pada 1934, Italia sekarang akan tetap menjadi pemegang trofi Piala Dunia sampai 1950, tetapi karena alasan perang global daripada apa pun yang mereka lakukan di lapangan.

 

4 dari 5 halaman

Nol untuk Pahlawan Bernama Paolo Rossi

Dalam foto yang diambil pada 29 Juni 1982 ini, kiper Argentina Ubaldo Fillol (bawah) dan kapten Daniel Passarella (kiri) mencoba menghalangi Paolo Rossi untuk mencetak gol dalam Piala Dunia. (Foto: STAFF / AFP)

Piala Dunia 1982

Piala Dunia 1982 adalah memori hypercolour, jambore global yang dilakukan di lapangan Spanyol yang panas dengan negara-negara seperti Brasil, Jerman Barat, dan Prancis menurunkan beberapa pemain terbaik mereka. Namun, di akhir turnamen, Italia yang tidak diharapkan mengangkat trofi yang didambakan, mengakhiri penantian 44 tahun untuk gelar ketiga.

Mulai lambat, menang besar sepertinya sudah menjadi metode Italia pada 1982. Piala Dunia terakhir yang berisi dua babak penyisihan grup, Italia lolos dari babak pertama tanpa memenangkan satu pertandingan pun. Mereka bermain imbang 0-0 dengan Polandia, 1-1 dengan Peru, dan kemudian 1-1 dengan Kamerun.

Italia maju ke grup kedua, yang terdiri dari tiga tim bersama raksasa Amerika Selatan, Brasil dan Argentina, dalam apa yang mungkin menjadi ‘grup kematian’. Tapi, setelah gagal memenangkan pertandingan mereka melawan lawan yang lebih rendah di awal turnamen, Italia mengalahkan Argentina 2-1 untuk mengatur pertandingan dengan Brasil setelah Selecao juga mengalahkan Argentina, yang melihat Diego Maradona muda sampai merenung. Maradona diusir keluar lapangan pada tahap penutupan.

Pertandingan Italia vs Brasil berikutnya telah dicatat dalam sejarah Piala Dunia sebagai salah satu pertandingan kompetisi terbesar yang pernah ada dan memang demikian. Paolo Rossi memberi Italia keunggulan awal hingga Socrates menyamakan kedudukan. Rossi kemudian membuat skor menjadi 2-1 setelah 25 menit hanya untuk melihat Falco menyamakan kedudukan di babak kedua. Rossi – yang telah menjalani larangan untuk pengaturan pertandingan pada awal dekade ini – menyelesaikan hat-trick dengan 15 menit tersisa untuk mengirim Italia lolos dan menyelesaikan kisah penebusannya.

Rossi belum selesai di sana. Dia mencetak dua gol saat Italia mengalahkan lawan Grup 1 Polandia di semifinal dan kemudian mencetak gol lagi di final saat Italia melaju melewati Jerman Barat dengan tiga gol. Rossi membawa Italia merengkuh Piala Dunia, dan Sepatu Emas diamankan.

5 dari 5 halaman

Pemenang di Balik Kisruh Calciopoli

Piala Dunia 2006

Jika skandal telah melingkupi Paolo Rossi sebelum final 1982, maka jelang Piala Dunia 2006 seluruh sepak bola Italia berada di dermaga. Skandal Calciopoli baru saja pecah dan beberapa klub terbesar Serie A akan menghadapi sanksi berat, dengan Juventus terdegradasi ke Serie B. Struktur sepak bola negara itu berantakan sehingga sangat ironis bahwa Piala Dunia melihat pemain dari seluruh negeri datang bersama-sama untuk memberikan penyelamatan terbaik: kemenangan Piala Dunia.

Piala Dunia 2006 adalah salah satu edisi terbaik dari kompetisi terhormat. Itu melihat Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo muncul (dan mencetak gol) untuk pertama kalinya, dan itu berisi permainan menghibur yang brutal seperti Pertempuran Nuremberg antara Portugal dan Belanda.

Italia hanya favorit keenam yang datang ke turnamen, tetapi melaju melalui babak penyisihan grup dengan beberapa masalah, seperti sepasang kemenangan 2-0 melawan Ghana dan Republik Ceko dan hasil imbang 1-1 yang mengesankan dengan Amerika Serikat.

Mereka kemudian menghadapi Australia di babak 16 besar. Pertemuan itu tampak sederhana bagi Italia, tapi Gli Azzurri tetap membutuhkan penalti Francesco Totti di perpanjangan waktu untuk melewati Socceroos. Totti akan menjadi salah satu pemain top di Piala Dunia, mencatatkan empat assist tertinggi turnamen untuk melengkapi gol melawan Australia. Italia berbagi gol di semua turnamen dengan 10 pemain berbeda yang mencetak gol, dan itu adalah rekor Piala Dunia.

Saat turnamen mencapai akhir bisnisnya, Italia diberkahi dengan perempat final melawan tim Ukraina yang tidak efektif (W3-0) dan bersiap menghadapi tuan rumah Jerman di semifinal. Yang terjadi selanjutnya adalah salah satu pertandingan terbesar dalam sejarah Piala Dunia, meskipun skor masih 0-0 dengan adu penalti hanya beberapa saat lagi. Itu adalah isyarat bagi Italia untuk mencetak tidak hanya sekali, tetapi dua kali untuk mengirim mereka ke final Piala Dunia pertama mereka sejak finis sebagai runner-up 1994.

Edisi 1994 memang berakhir dengan adu penalti dan begitu pula final 2006 melawan Prancis, meski kali ini Italia adalah tim yang keluar sebagai pemenang dalam pertandingan yang akan selamanya dikenang karena tandukan Zinedine Zidane kepada Marco Materazzi, sebuah adegan yang disaksikan secara global.

Absennya Zidane dalam adu penalti begitu terasa, dengan Italia mencetak kelima penalti mereka saat Prancis mati-matian mengejar ketinggalan setelah David Trezeguet melewatkan gol kedua mereka. Fabio Grosso, pahlawan semifinal, mencetak gol penentu untuk Italia saat mereka menjadi tim kedua dalam sejarah yang menjadi pemenang Piala Dunia empat kali atau lebih (sesuatu yang kemudian disamai oleh Jerman).

Pemenang Euro 2020 (pada 2021), Italia entah bagaimana mengacaukan kualifikasi untuk Piala Dunia 2022 dan hilang di Qatar, tetapi silsilah Piala Dunia negara secara keseluruhan tidak dapat dipertanyakan.

Infografis Grup H Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya