Harga Minyak Dunia Naik Tipis ke USD 93,02 per Barel Jelang Pertemuan OPEC+

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 66 sen ke USD 93,02 per barel. Sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 26 sen menjadi USD 86,87 per barel.

oleh Tira Santia diperbarui 03 Sep 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi harga minyak dunia

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta) di tengah ekspektasi bahwa OPEC+ akan membahas pengurangan produksi pada pertemuan pada 5 September 2022 mendatang.

Hal ini meski kekhawatiran atas pembatasan COVID-19 China dan kelemahan dalam ekonomi global membayangi pasar.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (3/9/2022), harga minyak mentah berjangka Brent naik 66 sen ke USD 93,02 per barel. Sementara harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 26 sen menjadi USD 86,87 per barel.

Kedua patokan harga minyak dunia ini turun 3 persen ke posisi terendah dua minggu di sesi sebelumnya. Brent membukukan penurunan mingguan sebesar 7,9 persen dan WTI sebesar 6,7 persen.

Grafik mingguan menunjukkan bahwa minyak mentah berjangka AS melampaui level tertinggi minggu lalu dan berangsur turun serta ditutup di bawah level penutupan minggu lalu. 

“Ketika Anda mengambil minggu tertinggi dan terendah minggu dan kemudian menutup lebih rendah, itu adalah pembalikan turun - itu adalah sinyal bahwa ada kelemahan, dan itu memberitahu Anda bahwa itu adalah pasar yang lemah,” kata Ahli Strategi Pasar Senior RJO Futures Chicago,  Eli Tesfaye.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutu yang dipimpin oleh Rusia atau OPEC+ dijadwalkan bertemu pada 5 September akibat adanya prediksi penurunan permintaan terhadap minyak meskipun produsen utama Arab Saudi mengatakan pasokan tetap ketat.

 

2 dari 3 halaman

Produksi Minyak

Harga minyak mentah acuan AS turun 7,7 persen menjadi US$ 52,53 per barel dipicu sentimen krisis penyelesaian utang Yunani.

OPEC+ kemungkinan akan mempertahankan kuota produksi minyak tidak berubah untuk Oktober pada pertemuan Senin mendatang.

Tiga sumber OPEC+ mengatakan, meskipun beberapa sumber tidak akan mengesampingkan pengurangan produksi untuk meningkatkan harga yang telah turun dari level tertinggi yang dicapai awal tahun ini.

OPEC+ minggu ini merevisi keseimbangan pasar untuk tahun ini dan sekarang melihat permintaan tertinggal dari pasokan sebesar 400.000 barel per hari (bph), dibandingkan perkiraan 900.000 bph sebelumnya. Kelompok produsen memperkirakan defisit pasar sebesar 300.000 barel per hari dalam kasus dasarnya untuk tahun 2023.

Sementara itu, Iran mengatakan telah mengirim tanggapan konstruktif terhadap proposal AS yang bertujuan menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Teheran 2015 dengan kekuatan dunia. Amerika Serikat memberikan penilaian yang kurang positif.

Menteri keuangan G7 sepakat pada hari Jumat untuk mengenakan batas harga pada minyak Rusia, tetapi memberikan beberapa rincian baru untuk rencana yang bertujuan membatasi pendapatan untuk perang Moskow di Ukraina sambil menjaga minyak mentah mengalir untuk menghindari lonjakan harga.

Di Amerika Serikat, pengusaha mempekerjakan lebih banyak pekerja dari yang diharapkan pada bulan Agustus, tetapi pertumbuhan upah moderat dan kenaikan tingkat pengangguran menjadi 3,7 persen dapat mengurangi tekanan pada Federal Reserve untuk memberikan kenaikan suku bunga 75 basis poin ketiga bulan ini.

 

3 dari 3 halaman

Pangkas Jumlah Rig

Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP

Perusahaan energi AS minggu ini memangkas jumlah rig minyak dan gas alam yang beroperasi untuk keempat kalinya dalam lima minggu. 

Jumlah rig minyak dan gas AS, indikator awal produksi masa depan, turun 5 menjadi 760 dalam seminggu hingga 2 September, kata Baker Hughes Co, Jumat.

Gazprom Rusia mengatakan pada hari Jumat bahwa pasokan gas alam melalui pipa Nord Stream 1 akan tetap dimatikan setelah turbin gas utama di stasiun kompresor Portovaya dekat St Petersburg ditemukan memiliki kebocoran minyak.

Investor tetap khawatir tentang dampak pembatasan COVID-19 terbaru di China. Kota Chengdu pada hari Kamis memerintahkan penguncian yang telah memukul produsen seperti Volvo.

Data menunjukkan aktivitas pabrik China pada Agustus mengalami kontraksi untuk pertama kalinya dalam tiga bulan karena melemahnya permintaan, sementara kekurangan daya dan wabah COVID-19 juga mengganggu produksi. 

Di tengah kebutuhan energi nasional yang terus meningkat, menemukan minyak dan gas bumi (migas) menjadi semakin sulit

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya