Bank Sentral Kanada: Perlu Regulasi Kripto Imbangi Pertumbuhan Pasar

Masalah ini semakin mendesak karena aset kripto menjadi terintegrasi ke dalam sistem keuangan.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 04 Jul 2022, 17:14 WIB
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah orang yang memiliki kripto di seluruh dunia terus alami pertumbuhan begitupun di Kanada. Menanggapi hal tersebut, pejabat senior Bank sentral Kanada mengungkapkan perlu upaya untuk mengatur sektor kripto yang dapat mengimbangi pertumbuhan yang cepat ini. 

Deputi Gubernur Senior Bank Sentral Kanada Carolyn Rogers, secara rinci menjelaskan banyak orang mungkin tidak memahami risiko berinvestasi dalam produk seperti bitcoin dan kripto lainnya. 

Masalah ini semakin mendesak karena aset kripto menjadi terintegrasi ke dalam sistem keuangan Kanada, meningkatkan risiko guncangan kripto seperti penurunan harga yang baru-baru ini terjadi dapat berakhir dengan memukul sistem keuangan yang lebih luas.

"Ini adalah area yang masih kecil, tetapi berkembang sangat pesat dan sebagian besar tidak diatur. Kami tidak ingin menunggu sampai menjadi jauh lebih besar sebelum kami menerapkan kontrol regulasi,” ujar Rogers dikutip dari Bitcoin.com, Senin (4/7/2022). 

Nilai pasar aset kripto secara global melonjak dari USD 200 miliar atau sekitar Rp 2.910 triliun pada awal 2020 menjadi USD 3 triliun pada puncaknya, Bank of Canada mengatakan dalam sebuah laporan minggu ini. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Pemakai Bitcoin Meningkat di Kanada

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Orang Kanada yang memiliki bitcoin lebih dari dua kali lipat menjadi 13 persen pada 2021 dari 5 persen pada 2020.

"Seperti aset apa pun yang harganya melonjak, orang melihat peluang untuk keuntungan cepat. Kami adalah mereka mungkin tidak memahami risikonya. Mereka bahkan mungkin tidak mengerti bahwa itu bukan area yang diatur,” ujar Rogers.

Harga cryptocurrency telah jatuh dalam beberapa bulan terakhir karena selera untuk aset berisiko tinggi memburuk, membuat beberapa investor mengalami kerugian finansial yang signifikan. Tentang hal tersebut, Rogers kembali mengatakan Industri perlu diatur, tetapi tantangannya adalah memilah bagaimana hal itu akan dilakukan.

"Ini agak seperti aset perbankan, agak seperti pasar modal, Salah satu tantangannya adalah mencari tahu bagaimana mereka cocok dengan rezim saat ini, dan jika tidak cocok, bagaimana kita menyesuaikan rezim sehingga mereka cocok,” pungkas Rogers.

3 dari 5 halaman

Bitcoin Stagnan di Rp 286,8 Juta, Analis Sebut Koreksi Masih Bisa Berlanjut

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebelumnya, sepanjang pekan lalu, industri kripto dipenuhi dengan berita mengecewakan mulai dari soal ekonomi hingga masalah industri. Bitcoin pada Senin (4/7/2022) berada di kisaran USD 19.200 atau sekitar Rp 286,8 juta, datar selama 24 jam terakhir karena perdagangan akhir pekan. 

CEO manajer aset kripto BitBull Capital, Joe DiPasquale mengatakan harga Bitcoin masih tetap lemah, dengan beberapa volatilitas terlihat pada waktu mendatang. 

"Saat ini, kami memperkirakan BTC akan melihat lebih banyak aksi penurunan, tetapi kami juga mengamati dengan tajam reaksi pasar untuk menilai penurunan momentum dan minat jual,” kata DiPasquale dikutip dari CoinDesk, Senin, 4 Juli 2022.

DiPasquale juga menjelaskan dalam beberapa minggu terakhir telah melihat peningkatan kemungkinan dukungan bitcoin tenggelam. Dia tetap pesimistis tentang rebound, sementara the Fed menawarkan beberapa tanda yang menggembirakan pada pertemuan Juli.

"Penutupan Juni tidak terlalu optimis, dan Juli mungkin tetap berombak kecuali pertemuan FOMC di dekat akhir bulan menghadirkan kejutan,” ujar DiPasquale.

Harga kripto melanjutkan pola yang sebagian besar telah dilalui dalam beberapa bulan terakhir. Selain itu, kripto masih berkorelasi dengan indeks ekuitas. Nasdaq dan S&P 500 yang sarat teknologi, yang memiliki komponen teknologi berat, keduanya ditutup naik sekitar 1 persen. 

Kenaikan ini adalah terobosan langka dari penurunan stabil yang telah mengirim kedua indeks ke wilayah pasar beruang, yang berarti keduanya telah kehilangan setidaknya 20 persen dari nilainya dari tertinggi terakhir mereka.

 

4 dari 5 halaman

Jutawan Bitcoin Turun Hampir 70 Persen sepanjang 2022

Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Sebelumnya, sejak awal tahun, pasar cryptocurrency telah kehilangan nilai lebih dari USD 1 triliun atau sekitar Rp 14.953 triliun dari kapitalisasi pasarnya karena banyaknya tekanan menimpa aset digital itu. Akibatnya krisis melanda seluruh sektor aset digital dalam skala global.

Sebagai konsekuensi langsung dari ini, pemegang mata uang digital unggulan, Bitcoin (BTC) telah terkena dampak keras dari kehancuran pasar, sebagaimana dibuktikan oleh fakta jumlah jutawan BTC menurun secara signifikan hampir 70 persen di paruh pertama 2022.

Dilansir dari Finbold, Senin (4/7/2022) menunjukkan pada 29 Juni 2022, jumlah jutawan Bitcoin mencapai 30.626. Secara khusus, alamat dengan saldo BTC lebih dari USD 1 juta adalah 26.284, menurut statistik BitInfoCharts.com. Sementara itu, ada 4.342 alamat dompet yang memiliki saldo gabungan sekitar USD 10 juta atau lebih. 

Ketika menggunakan alat arsip web Wayback Machine, pada 5 Januari 2022, 99.092 alamat BTC dengan Bitcoin senilai lebih dari USD 1 juta dilaporkan, turun 69,09 persen sejak awal tahun.

 

 

5 dari 5 halaman

Jutawan Bitcoin Turun Drastis

Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Sejak awal Januari, jumlah jutawan Bitcoin telah turun drastis, tetapi penurunan itu lebih mengesankan jika kita mengambil tanggal lebih jauh ke belakang ke Oktober 2021, ketika BTC diperdagangkan mendekati level tertinggi sepanjang masa, kerugiannya lebih spektakuler.

Faktanya, ketika 116.139 alamat Bitcoin dikonfirmasi menjadi jutawan pada 28 Oktober 2021, itu akan menunjukkan penurunan 73,62 persen antara saat itu hingga 29 Juni 2022.

Kinerja aset terus dipengaruhi secara negatif oleh sejumlah masalah, beberapa di antaranya termasuk peningkatan pengawasan regulasi, kondisi pasar yang bergejolak, gejolak geopolitik, kenaikan inflasi dan kenaikan suku bunga.

Dengan ketidakpastian pasar seperti itu, lebih banyak pedagang kripto mencari Bitcoin untuk jangka pendek. 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya