SBY Pamer Hasil Karya Lukisannya, Gambarkan Lanskap Grand Canyon yang Memesona

Melukis pemandangan Grand Canyon di kanvas besar disebut SBY punya tantangan tersendiri.

oleh Asnida Riani diperbarui 18 Jun 2022, 20:01 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pamer lukisan Grand Canyon hasil karyanya. (dok. Instagram @aniyudhoyono/https://www.instagram.com/p/Ce3FDwoJ4K-/)

Liputan6.com, Jakarta - Lukisan buah karya presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kembali menarik perhatian. Kali ini, pria berusia 72 tahun itu pamer hasil goresan kuas lukisnya dalam menggambarkan lanskap Grand Canyon yang memesona.

Sebagaimana diketahui, itu merupakan taman nasional yang berlokasi di Arizona, Amerika Serikat (AS). Sebagai salah satu destinasi populer, tidak sedikit orang yang sudah familiar dengan pemandangan ikonis formasi bebatuannya yang unik.

Di lukisan SBY, panorama itu digambarkan lengkap dengan aliran sungai berliku tepat di bagian tengahnya. Ia menulis di salah satu unggahan akun Instagram mendiang istrinya, Ani Yudhoyono, baru-baru ini, "Lukisan kanvas besar yang saya unggah ini adalah pemandangan indah di Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat."

"Sebagai pelukis pemula, melukis di atas kanvas ekstra besar berukuran 1,4 meter x 2,5 meter, menggunakan cat acrylic, merupakan tantangan tersendiri bagi saya. Alhamdulillah, setelah saya tekuni beberapa hari ini, lukisan ini akhirnya selesai juga. Semoga teman-teman berkenan untuk melihatnya. Salam. *SBY*," tutupnya.

Nyatanya, warganet tidak semata berkenan, namun menunjukkan ketakjuban mereka pada karya lukisan SBY. Salah satunya berkomentar, "Keren banget Pak! Seneng lihatnya, apalagi bapak sumringah banget."

"Lukisannya bagus sekali pak SBY. Sehat selalu ya pak," imbuh yang lain, sementara ada juga yang menulis, "Masya Allah pak. Kalo pemula aja se-amazing ini hasilnya, gimana kalo nanti udah pro pak."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

SBY menuangkan kisah mengenai kampung halamannya melalui karya lukisan panorama alam di Pacitan. (dok. Instagram/aniyudhoyono)

Ini tentu bukan kali pertama hasil karya lukisan SBY menarik perhatian. Sebelum ini, ia lebih dulu berkisah tentang kampung halamannya, Pacitan, Jawa Timur, melalui tiga lukisan karyanya.

Lukisan-lukisan ini juga diunggahnya melalui akun Instagram mendiang istrinya. Lukisan pertama menampilkan bangunan kayu yang dikelilingi hamparan hijau rerumputan dan pepohonan. Di sisi bangunan tersebut juga dilukiskan bebatuan dan tanah kecokelatan. Terlihat pula langit biru dengan awan-awan putih di sekitarnya.

"Saya dilahirkan di desa Tremas, Pacitan. Saya tumbuh sebagai anak-anak dan remaja di kawasan perdesaan, pegunungan, dan pantai," SBY menuliskan dalam unggahan pada 27 Januari 2022.

Maka itu, SBY menyebut bahwa pemandangan alam yang kerap ia lukis umumnya bernuansa pedesaan. Lukisan tentang kampung halamannya itu kemudian dimaknai sebagai cerminan dari pengalaman hidup di masa remajanya.

"Setelah menikah dengan istri tercinta Ani Yudhoyono (almarhumah), kami berdua juga senang menjelajahi alam ciptaan Tuhan yang selalu indah," terang SBY.

 

3 dari 4 halaman

Dari Hasil Foto Mendiang Istrinya

Lukisan karya SBY. (dok. Instagram/aniyudhoyono)

Kenangan manis itu pula yang kemudian diabadikan SBY dalam lukisan karyanya. Ia melukis dalam proses belajar untuk mengasah kemampuannya di dunia seni lukis. "Jepretan kamera Ani Yudhoyono yang saya tuangkan di atas kanvas hampir semua merupakan pemandangan alam," ia menambahkan.

"Hari ini saya persembahkan tiga foto lukisan saya yang menggambarkan suasana perdesaan dalam lingkungan alam yang indah, baik yang ada di tanah, air. maupun di negara sahabat. Semoga berkenan. *SBY*" kata SBY.

Berlanjut ke lukisan kedua dengan bidang tanah yang menurun. Pada bagian atas, tengah, dan bawahnya terdapat rumah-rumah kecil yang dikelilingi rerumputan bergradasi warna mulai dari hijau tua, hijau muda, hingga menguning.

Terdapat pula pepohonan yang tidak hanya bernuansa hijau, tapi juga memerah, oranye, dan menguning. Lukisan ketiga menggambarkan bangunan kayu yang berada di tengah lahan hijau yang luas dengan pagar kayu dan pepohonan rimbun di sekelilingnya.

4 dari 4 halaman

Pemandangan Senja sampai Debur Ombak Pantai Pacitan

Lukisan karya Susilo Bambang Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

Tahun lalu, lukisan pemandangan senja karya SBY juga tidak kalah menarik perhatian. Lukisan tersebut merupakan manifestasi dari hasil foto mendiang istrinya, Ani Yudhoyono, yang diambil di sebuah daerah Jawa Barat pada 2011. Buah karyanya itu pun dibagikan SBY di akun Instagram mendiang istrinya.

Sebelumnya, SBY juga telah menyelesaikan lukisan berjudul "Debur Ombak di Pantai Pacitan." Hal tersebut disampaikan Jansen Sitindaon, wakil sekretaris jenderal Partai Demokrat.

"Fresh dari studio beliau. Lukisan terbaru pak SBY pagi ini. Saya tanya uda Ossy apa judulnya 'Debur Ombak di Pantai Pacitan.' Acrylic, 60x90 cm," tulis Jansen melalui akun Twitter-nya, 8 Agustus 2021.

"Saya sudah lihat beberapa lukisan pak SBY yang lahir selama pandemi ini, memang banyak 'diilhami Pacitan,' tempat kelahirannya yang memang indah sekali. Banyak pantai dan gunung-gunung. Termasuk pak SBY sudah melahirkan dua lukisan tentang 'Merapi' yang dulu dekat dengan kesehariannya sebagai Danrem Jogja," imbuh Jansen.

Infografis jejak seni grafiti di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya