Ernest Prakasa Jadi Sorotan Netizen Usai Komentari Ajang Formula E

Ernest Prakasa, komika dan sutradara saat ini sedang menjadi perhatian netizen. Ia diketahui mengunggah pendapatnya mengenai gelaran Formula E yang baru saja berlangsung pada Sabtu 4 Juni 2022 lalu.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Jun 2022, 15:33 WIB
(Bambang E.Ros/Fimela.com)

Liputan6.com, Jakarta - Ernest Prakasa, komika dan sutradara saat ini sedang menjadi perhatian netizen. Ia diketahui mengunggah pendapatnya mengenai gelaran Formula E yang baru saja berlangsung pada Sabtu 4 Juni 2022 lalu.

Sayangnya, saat ini unggahan terkait Formula E tersebut sudah dihapus oleh Ernest. Meski begitu, unggahan sosial media (sosmed) Twitter itu sudah sempat diabadikan netizen.

"Wajar lah brand ga mau keluar duit. Jangan samain ama Moto GP yang memang event bergengsi, Formula E siapa yang ngikutin coba selain panitia," cuit Ernest, Minggu 5 Juni 2022.

Netizen pun latas meminta agar Ernest tidak menyangkut pautkan gelaran ini dengan politik. Pengguna Twitter lain juga ada yang memintanya untuk lebih fokus membuat film dan stand up comedy saja.

Ada juga pengguna Twitter yang mengatakan bahwa Formula E sama seperti MotoGP yang sama-sama event internasional, sehingga punya potensi yang baik untuk ekonomi.

"Hai bang @ernestprakasa , dihapus ya twitnya hehehe.

Kita udah ngikutin Formula E sejak 2017. Dan kita bukan panitia kok. Kita lahir berlandaskan passion kami sebagai fans balapan.

Just saying. 😁," tulis akun Twitter @FormulaGledek.

"Wkwkwk ni org ...mo motogp ..formula1..formulaE..dll itu smua event intrnasional lo ...hrs nye mikir nya ini peluang utk mengenalkn jkrta dikancah internasional ya bs jg umkm nya ke angkt ..ekonomi jg smuanya efek domino nya psti ada...," timpal akun Twitter lain @Boz3n1.

"Cetek amat pikiran lu bro @ernestprakasa , dikit² disangkut pautin sama capres, ngebela dibilang buzer capres. Ini pdhl event punya negara, hanya kebetulan sirkuitnya di Jakarta. Kalo sirkuit di Semarang atau daerah lain lu bakal ngetweet gitu juga ga?," tulis akun Twter @jesuis_brian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ernest Menanggapi dan Minta Maaf

Ernest Prakasa. (Foto: Dok. Starvision Plus)

Terkait hal ini, Ernest sendiri sudah buka suara melalui cuitan lainnya. Dia menyebut masih membicarakan Formula E dalam konteks ajang olahraga, tapi sudah diserang pendukung calon presiden.

"Ngomongin Formula E dalam konteks ajang olahraga aja udah langsung diserbu penboys pak capres ya? Hahaha semangat ya guys! 💪💪💪💪💪," tulis Ernest dalam akun Twitternya @ernestprakasa.

Kemudian, dia juga menyatakan minta maaf ke "para pendukung capres" apabila cuitannya mengganggu kenyamanan, serta meminta maaf apabila dirinya salah dan berharap supaya Formula E semakin populer.

"Buat para pendukung capres yang udah mulai bergerak, mohon maaf ya kalo twit saya mengganggu kenyamanan. Semangat terus kerjanya kawan, rekrut pasukan yang banyak supaya bisa menyerap tenaga kerja. ❤️," kata Ernest.

Di antara keriuhan tentang Formula E di jagat Twitter tersebut, ada juga netizen yang membuat sebuah meme, di mana salah satunya meminta agar ajang balapan tidak dipolitisasi, dan menyindir dunia sepak bola Tanah Air.

"Sekali lagi, saya hanya akan meletakkan ini disini...

Bisa berhenti politisasi balapan nggak? Kami hanya mau nonton balapan.," cuit @PetrolWeeb.

 

3 dari 4 halaman

Kata Anies Baswedan soal Formula E

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Merdeka.com)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi pihak-pihak yang terlibat dan menyukseskan perhelatan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu 4 Juni 2022.

Adapun ini disampaikannya melalui akun media sosialnya.

"Di balik kesuksesan acara Jakarta E-Prix kemarin, ada ribuan tangan yang terlibat mewujudkannya. Petugas konstruksi, petugas kesehatan, pengemudi transportasi, penyedia makanan, pengurus perizinan, dan banyak lagi yang bekerja dalam sunyi," kata Anies dikutip dari akun Instagramnya @aniesbaswedan, Minggu 5 Juni 2022.

Mantan Menteri Pendidikan era Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini menyebut para petugas itu tidak hanya membangun sirkuit, tapi membangun kebanggaan bagi kota dan negara.

Mereka juga tak hanya menggelar balapan, tapi menggelar rasa percaya diri bagi bangsa.

"Karena mimpi adalah kunci, dan mereka semua telah berlari tanpa lelah untuk meraihnya," ucap Anies.

 

4 dari 4 halaman

Dimenangkan Mitch Evans

Presiden Jokowi ditemani Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Gubernur DKI Anies Baswedan usai menonton langsung balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). Jokowi menyebut Formula E adalah event masa depan. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Formula E telah berlangsung di Jakarta International E-Circuit, Ancol, Jakarta, kemarin. Presiden Joko Widodo menyaksikan lansung ajang internasional ini.

Pebalap asal Selandia Baru, Mitch Evans berhasil menjuarai seri kesembilan balapan mobil listrik itu. Evans yang menunggangi mobil tim Jaguar TCS Racing itu mampu menuntaskan balapan 40 lap dengan catatan waktu tercepat yakni 48 menit 28,424 detik.

Evans mengantungi kemenangan seri ketiganya musim ini setelah mampu mengungguli pebalap DS Techeetah Jean-Eric Vergne (Prancis) hanya dengan selisih 0,733 detik, sedangkan Edoardo Montara (Swiss) dari Rokit Venturi Racing melengkapi tempat di podium ketiga.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan rasa syukur, karena ajang Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E Jakarta berjalan lancar pada Sabtu 4 Juni 2022.

Melalui akun Instagram resminya @jokowi, dia menuturkan hal tersebut. Jokowi sendiri hadir langsung di Ancol, Jakarta Utara untuk menyaksikan balapan mobil listrik Formula E. "Kita menyaksikan langsung atau melalui tayangan televisi, gelaran balap 2022 Jakarta E-Prix di Sirkuit Formula E, Jakarta. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar," kata Jokowi, seperti dikutip Liputan6.com, Minggu 5 Juni 2022.

Menurut Jokowi, balapan Jakarta E-Prix 2022 adalah perhelatan adu kencang mobil yang akan semakin digemari di masa depan. Sebab, ajang tersebut menggunakan mobil bertenaga listrik, masa depan energi global yang diyakini dunia lebih baik.

"Kian banyaknya pemakai mobil listrik. Ajang balap ini juga bagus untuk Indonesia yang akan membangun ekosistem kendaraan listrik," ujar Jokowi.

Infografis Daftar Tim Pembalap dan Jadwal Formula E Jakarta 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya