Saat Ketum PAN Zulkifli Hasan Ajak PKS Gabung KIB di Acara Milad

Ketum PAN Zulkifli Hasan diberi kesempatan menyampaikan pidato kebangsaan di acara Milad ke-20 PKS. Dalam momen itu, Zulhas sempat mengajak PKS untuk bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PAN, Golkar, dan PPP.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 29 Mei 2022, 16:28 WIB
Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan memberikan keterangan pers saat deklarasi capres-cawapres Prabowo-Sandiaga di Kertanegara, Jakarta, Kamis (9/8). Koalisi Gerindra, PAN dan PKS membawa Prabowo-Sandiaga ke Pilpres 2019. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mengajak Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Hal itu disampaikan Zulkifli Hasan pada acara puncak Milad ke-20 PKS di Istora Senayan, Jakarta, hari ini, Minggu (29/5/2022).

“Kami Golkar dan PPP, mencoba membuat KIB. Maksudnya mudah-mudahkan PKS bisa bersama-sama,” kata Zulkifli Hasan dalam pidato kebangsaannya di acara Milad PKS, Minggu.

Dengan adanya KIB, Zulhas berharap tidak hanya ada dua calon presiden dan runcingnya perseteruan antarpendukung, seperti pada Pemilu 2019.

“Calonnya jangan dua lagi, kalau bisa tiga, syukur-syukur lebih untuk mengurangi atmosfer yang pengap dan tak produktif,” kata dia.

Zulhas dengan nada bercanda menyebut, kader PKS lebih memilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menjadi calon presiden (Capres), daripada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

“Kayaknaya PKS seragam itu Pak Anies semua, jadi Pak Sandiaga Uno agak berat keliatannya ini,” ujar Zulkifli Hasan berseloroh.

 

2 dari 2 halaman

Anies Disambut dengan Teriakan Presiden

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Milad PKS ke-20 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (29/5/2022). (Liputan6.com/Delvira Hutabarat).

Sebelumnya, saat tiba di lokasi Milad, Anies Baswedan mendapat sambutan hangat dan teriakan “Anies Presiden” dari kader PKS.

Anies nampak mengenakan batik bernuansa orange saat menghadiri Milad PKS. Ia langsung menyapa Presiden PKS Syaikhu, Ketua DPP Gerindra Sandiaga Uno, dan Ketua DPP Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono yang sudah hadir di lokasi.

Sebelumnya, Juru Bicara PKS, Pipin Sopian, mengatakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan hadir dan memberikan pidato.

“Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar hadir, juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifi Hasan dan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno dan Gubernur Anies Baswedan juga akan berpidato,” kata Pipin pada Liputan6.com, Minggu (28/5/2022).

Sementara itu, Wakil Presiden ke-10 Jusuf Kalla, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak dapat hadir namun pidato kebangsaan akan ditayangkan pada acara milad.

“Pesan kebangsaan akan ditayangkan,” kata dia.

Beberapa Ketum sedang berada di luar negeri. Menurut Pipin kehadiran mereka akan diwakilkan. AHY diwakilkan Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, Ketum PPP Suahrso Manoarfa diwakilkan Sekjen.

Infografis Golkar, PAN dan PPP Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya