Angkutan Motor Gratis Kereta Api Masih Ada 3.040 Kuota untuk Arus Balik

PT KAI masih membuka pendaftaran program pengiriman motor gratis (Motis) sebanyak 3.040 kuota untuk periode arus balik

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 06 Mei 2022, 15:00 WIB
Petugas menata sepeda motor sebelum dikirim menggunakan kereta di Stasiun Kampung Bandan, Jakarta Utara, Selasa (26/4/2022). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Logistik (Kalog) menyediakan 9.280 kuota pengiriman sepeda motor gratis selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI masih membuka pendaftaran program pengiriman motor gratis (Motis) sebanyak 3.040 kuota untuk periode arus balik mudik Lebaran 2022.

Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengatakan, periode arus balik telah dimulai dan akan berlangsung hingga 9 Mei 2022 mendatang, dengan sisa kuota pengiriman yang tersedia sejumlah 3.040 motor.

"Untuk itu, kami menghimbau masyarakat yang berencana melakukan perjalanan balik menggunakan sepeda motor agar dapat memanfaatkan program yang telah disediakan oleh pemerintah," ujar Malik, Jumat (6/5/2022).

"Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program angkutan mudik motor gratis namun belum memiliki tiket, disediakan fasilitas pembelian tiket kereta api yang dapat diakses secara langsung bersamaan dengan pendaftaran pengiriman motor gratis di stasiun-stasiun yang ditunjuk," imbuhnya.

Hingga 5 Mei 2022, kuota tiket kereta api relasi Pasar Senen-Semarang Tawang (PP) dan Pasar Senen-Purwosari (PP) masih tersedia sejumlah 6.953 selama periode arus balik pada 5-9 Mei 2022. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar pada program pengiriman motor gratis dapat membeli maksimal 3 tiket kereta api.

Tercatat, sejumlah 3.633 peserta telah melakukan pendaftaran selama periode 20 April hingga 4 Mei 2022 baik untuk arus mudik maupun arus balik. Sementara puncak pengiriman arus balik diprediksi akan terjadi pada tanggal 8 Mei 2022, dengan jumlah motor yang telah didaftarkan sejumlah 427 motor.

"Dan akan terus bertambah selama pendaftaran masih terbuka hingga kuota telah terpenuhi," kata Malik.

 

2 dari 4 halaman

Pendaftaran

Pengiriman Ribuan Sepeda Motor Gratis Selama Mudik Lebaran 2022

Malik mengatakan, peserta program pengiriman motor gratis wajib melakukan pendaftaran ulang dan penyerahan motor pada H-1 dari tanggal pengiriman yang dipilih. Dengan turut membawa dokumen asli berupa tiket, KTP dan STNK.

Selama proses pengiriman, peserta program dapat melakukan pelacakan mandiri melalui aplikasi KAI Access atau portal kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor pengiriman/Bukti Tanda Terima (BTT).

"Peserta Motis juga akan menerima SMS Notifikasi kedatangan motor untuk dapat segera diambil di stasiun tujuan dengan batas pengambilan 1x24 jam. Peserta cukup menunjukkan dokumen asli berupa KTP, STNK dan BTT kepada petugas," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Arus Balik, Kemenhub Siapkan 2 Kapal Laut untuk Mudik Motor Gratis

Ribuan Peserta Ikuti Mudik Gratis Kemenhub dengan Kapal Laut

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyediakan dua kapal laut untuk mengangkut arus balik pemudik dengan motor secara gratis. Total ada kapasitas sejutar 2.500 untuk dua kapal tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen S. Sartoto mengajak masyarakat khususnya warga Surabaya dan Semarang untuk memanfaatkan program arus balik sepeda motor gratis naik kapal laut. Program ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya yaitu mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

"Bagi pemilik sepeda motor yang akan arus balik lebih baik ikut kapal gratis, selain dapat menghindari kemacetan lalu lintas jalan raya juga dapat meningkatkan keselamatan perjalanan," ujar Capt Mugen, dalam keterangan resmi, Kamis (5/5/2022).

Capt Mugen mengungkapkan, armada kapal yang digunakan untuk arus balik masih sama dengan arus mudik yakni KM Dobonsolo dan KM Ciremai.

"Persyaratan dan ketentuannya juga masih sama," ujar Capt Mugen.

Adapun jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan KM Ciremai adalah tanggal 9 Mei pukul 17:00 WIB dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tanggal 10 Mei 2022 pukul 15:00 WIB.

Sedangkan KM Dobonsolo berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada tanggal 11 Mei 2022 pukul 17:00 WIB dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada tanggal 12 Mei pukul 15:00 WIB.

4 dari 4 halaman

Jumlah Peserta

Deretan sepeda motor terlihat dalam mudik gratis Kementerian Perhubungan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (13/6). Kementerian Perhubungan memberi kuota penumpang pada mudik gratis ini sebanyak 11.938 pemudik. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Hingga saat ini peserta arus balik gratis yang sudah terverifikasi untuk keberangkatan tanggal 9 Mei dari Surabaya berjumlah 57 motor dan 135 orang. Sedangkan untuk tanggal 11 Mei sebanyak 33 motor dan 62 orang.

Sementara itu, arus balik dari Semarang untuk keberangkatan tanggal 10 Mei 2022 yang terverifikasi berjumlah 613 motor dan 1.403 orang dan tanggal 12 Mei 2022 sebanyak 264 motor dan 589 orang.

"Artinya masih banyak kuota yang tersedia karena kapasitas masing-masing kapal mencapai 2.500 orang dan 1.250 unit sepeda motor," ujar Capt Mugen.

Capt Mugen mengungkapkan para peserta arus balik gratis yang tidak sempat melakukan daftar online dapat melakukan pendaftaran langsung di pelabuhan keberangkatan yakni Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Emas.

"Bagi yang belum terdaftar, dapat datang langsung ke pelabuhan minimal 4 jam sebelum keberangkatan dan selama kuota masih tersedia," tutupnya.

Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat di instagram @Djplkemenhub151 dan untuk pertanyaan seputar arus balik gratis dapat menghubungi hotline di nomor 08197992019.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya