5 Tempat Makan Empal Gentong Cirebon Legendaris Menggugah Selera

Potongan daging sapi yang empuk menyatu dengan kuah empal yang tetap hangat di dalam sebuah gentong tua Dibalur kucai dan daun bawang

oleh Panji Prayitno diperbarui 01 Jun 2022, 12:25 WIB
Salah satu tempat makan Empal Gentong Khas Cirebon yang banyak diburu wisatawan saat menikmati libur lebaran. (Liputan6.com/ Panji Prayitno)

Liputan6.com, Cirebon - Ragam kuliner Cirebon menjadi salah satu yang diburu wisatawan di tengah menikmati suasana Libur Lebaran 2022. Salah satunya empal gentong Cirebon.

Potongan daging sapi yang empuk menyatu dengan kuah empal gentong yang tetap hangat di dalam sebuah gentong tua. Dibalur kucai dan daun bawang menambah selera makan.

Tidak sedikit pengunjung yang datang ke Cirebon memadati sejumlah tempat makan tradisional Cirebon ini. Bahkan, dalam perkembangannya, warung empal gentong juga menambah varian baru. Namanya Empal Asem.

Di Cirebon, makanan empal gentong sangat mudah ditemui. Tidak sedikit pedagang empal berkeliling menggunakan gerobak.

Berikut rekomendasi tempat makan empal gentong Cirebon dapat mengobati rasa lapar dan memanjakan lidah para pengunjung Cirebon:

Empal Amarta

Terletak di Jalan Raya Battembat, Kabupaten Cirebon, warung empal yang berdiri tahun 1997 ini terbilang ramai dikunjungi, terutama setiap akhir pekan, libur panjang, bahkan momen mudik Lebaran.

Rasanya yang enak dan segar membuat pengunjung yang kebanyakan datang dari Jakarta dengan kendaraan pribadi tidak menyesal. Tak hanya empal gentong yang dijual, tempat makan ini juga menyediakan empal asem yang cocok dimakan para perempuan.

"Katanya sih bikin seger di badan," ujar pengelola Empal Amarta Cirebon, Syuhada, akhir pekan lalu.

Empal gentong maupun empal asem dijual Rp 24 ribu per porsi, sementara untuk paket dengan nasi hanya Rp 29 ribu per porsi.

Empal Amarta buka mulai pukul 09.00 WIB pagi sampai jam 20.30 WIB. Syuhada mengatakan, sebagian besar pembeli empal asem adalah perempuan.

Rasanya yang segar membuat penikmat kuliner tersebut tidak mengantuk. Kuah empal asem terbuat dari paduan belimbing wuluh dan asam Jawa.

"Bedanya sama empal gentong biasa itu, kalau empal asem tidak pakai santan dan itu yang banyak disukai perempuan apalagi sehabis perjalanan jauh," kata dia.

Untuk paduan empal asem sendiri, selain daging dan jeroan, kuahnya terbuat dari campuran tomat, kucai, seledri, dan daun bawang.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 2 halaman

Apud Hingga Krucuk

Empal Gentong bu Darma salah satu pilihan tempat makan kuliner khas Cirebon. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Tidak jauh dari Empal Amarta, ada warung Empal Apud. Empal Apud juga menyediakan dua varian makanan khas, yakni empal gentong dan empal asem.

Namun, dari bentuk, empal asem Apud warnanya lebih bening dibandingkan Amarta. Harga yang dijual di Empal Apud Rp 23 ribu, ditambah nasi seharga Rp 5 ribu.

Menyantap Empal Apud lebih nikmat jika dipadukan dengan tusukan satai kambing dengan harga Rp 40 ribu per 10 tusuk. Selain di jalan Tengah Tani, Empal Gentong H Apud juga membuka cabang di kawasan pasar batik Trusmi dan Jalan Tuparev Cirebon.

Empal Ibu Darma

Terletak di Jalan Diponegoro Kota Cirebon, Empal Gentong Ibu Darma ini salah satu tempat makan yang legendaris. Empal Gentong Ibu Darma diketahui sudah berdiri lebih dari 10 tahun.

Selain rasa yang enak, hangatnya empal gentong Ibu Darma membuat tubuh berkeringat. Segarnya kuah empal membuat penikmat kuliner tradisional ketagihan.

Satu porsi empal Ibu Darma dijual Rp 24 ribu dengan pilihan nasi atau lontong. Menyantap empal gentong Ibu Darma ini sebaiknya dipadukan dengan kerupuk kulit atau rambak khas Cirebon dengan harga hanya Rp 8 ribu per piring. Warung Empal Gentong Ibu Darma buka pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 16.00 WIB.

Empal Krucuk

Kedai empal yang ada di Jalan Krucuk, Kota Cirebon, ini juga tidak kalah ramai. Letaknya yang cukup strategis menjadi alasan pengunjung singgah di Empal Gentong Krucuk.

Buka sejak pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. Empal yang sudah berdiri lebih dari lima tahun ini memiliki rasa yang tak kalah enak.

Selain segar, suasana menjadi salah satu alasan pengunjung datang ke kedai ini. Empal dijual dengan harga Rp 21 ribu per porsi, Empal Krucuk juga sudah memiliki cabang di beberapa tempat.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya