Sederet Potret Mieke Wijaya saat Sedang Tersenyum

Semasa hidup, Mieke Wijaya dikenal sebagai sosok aktris senior yang murah senyum dan baik hati.

oleh Komarudin diperbarui 04 Mei 2022, 14:55 WIB
Mieke Wijaya dikenal sebagai sosok artis senior yang murah senyum dan murah hati (dok.Instagram/@miekewijaya.z/https://www.instagram.com/p/BRzd831gA1g/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Artis Senior Mieke Wijaya  meninggal dunia pada Selasa, 3 Mei 2022. Artis kelahiran Bandung, 17 Maret 1939 ini telah membintangi puluhan film layar lebar dikenal sebagai artis yang murah senyum.

Ibunda Nia Zulkarnaen ini telah meraih tiga Piala Citra pada 1967, 1975, dan 1981 untuk film Gadis Kerudung, Ranjang Pengantin, dan Kembang Semusim. Tiga penghargaan tersebut untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Nama Mieke Wijaya tak hanya berkibar di dunia layar lebar, tapi juga di layar kaca. Peran Mieke sebagai Bu Broto dalam sinetron Losmen sangat membekas di hati pemirsa.

Satu hal yang membuat Mieke dikenang sebagian masyarakat karena dikenal sebagai artis yang murah senyum. Hal itu yang membuat banyak orang yang menyukainya.

Dalam sejumlah potret yang diunggah akun Instagram @miekewijaya.z. Artis senior itu tampak selalu tersenyum dengan penuh ketulusan. Dalam unggahan akun tersebut, nyaris semua pose Mieke sedang tersenyum.

Innalillahi wainna ilaihi rojiiun. Telah meninggal dunia Mama, Nenek, kami tercinta Hj. MIEKE WIDJAJA pada hari Selasa, 3 Mei 2022 jam 19.30 dlm usia 82 thn. Mohon diampuni segala kesalahan2 nya & semoga Amal ibadahnya diterima Allah SWT.

Setelah disemayamkan di rumah duka yang terletak di Ampera Raya, Kemang, Jakarta Selatan, rencananya, jenazah Mieke Wijaya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada Rabu (4/5/2022) siang. 

"Rencana Pemakaman: Rabu, 4 Mei 2022, TPU Tanah Kusir ba'da Dzuhur. Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kekhilafan Almarhumah semasa hidupnya. Semoga Almarhumah Husnul Khatimah," kata Nia Zulkarnaen, puttri Mieke Wijaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bersama Cucu

Mieke Wijaya tampak sedang tersenyum bersama dengan keluarga di sela-sela makan di sebuah restoran. Ia tampak senang makan bersama. Mengenakan hijab pink, seorang cucu perempuannya tak sedang merembahkan kepalanya di bahu sang nenek. Mereka tampak menikmati bisa kumpul bersama. Merujuk Instagram tersebut, potret itu diunggah pada pertengahan Desember 2017. Ratusan pengikut akun tersebut turut berduka atas kepergian almarhumah istri aktor senior almarhum Dicky Zulkarnaen. Di hadapan mereka tampak beberapa sajian makanan dan minuman.
3 dari 4 halaman

Minum Susu Cokelat

Mieke Wijaya saat sedang tersenyum sambil menyapa para penggemarnya lewat akun media sosialnya (dok.Instagram/@miekewijaya.z)

Mieke Wijaya juga tampak tersenyum saat memperlihatkan secangkir susu cokelat hangat. Potret tersebut diunggah pada pertengahan Desember 2017.

"Minum chocolate susu anget Yuuuk...😄🍵," sapa akun tersebut. Mieke tampak menikmati kopi cokelat kesukaannya itu. Warganet ikut berduka atas kepergian aktris senior itu untuk selamanya.

"Selamat jalan, tante Mieke... Selamat berkumpul kembali dgn suami tercinta. Semoga damai dan tenang di sisi Tuhan YME...🙏 Terima kasih atas karya2 indah yg menemani perjalanan hidup saya di masa remaja. You will never forgotten," komentar seorang warganet.

"Halo oma mieke atau Bu brata. hehe. Lagi suka nonton sinetron aku ingin pulang di rtv. Sebel juga kalau liat bu brata . sehat selalu ya oma mieke," tulis warganet yang lain.

4 dari 4 halaman

Bersama Suami

Mieke Wijaya saat bersama dengan Dicky Zulkarnaen (dok.Instagram/@miekewijaya.z)

Jauh sebelumnya, Mieke Wijaya sosok murah senyum dan baik hati. Saat masih bersama dengan suami Dicky Zulkarnaen senyum manis Mieke seperti tak pernah pudar.

Dalam sebuah unggahan pada 31 Oktober 2016. Mieke tampak tersenyum bersama suami tercintanya itu.

Unggahan tersebut dimaknai sebagai kenangan manis. Almarhumah juga dikenal sebagai sosok wanita dengan kecantikan yang tak luntur-luntur.

"Oma, ini skitar tahun 85an yaa Oma.., Jamannya sinetron Rumah Masa Depan ,ya Oma... Om Dicky kan slalu tampil dilayar lebar..Sweet Memories bangeetzzhh Oma," kata seorang warganet.

"Duhhh si tante Mieke cantik nya gk luntur2 ampe skr 😍😍😍 sehat2 selalu tante...," imbuh wagranet yang lain. Warganet tampak sangat kehilangan atas meninggalnya Mieke Wijaya.

infografis perfilman indonesia (dok. triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya