Apple Luncurkan iPad Air Baru dengan Chip M1 dan 5G

Bersamaan dengan peluncuran iPhone SE 2022 pada Selasa waktu setempat, Apple juga meluncurkan tablet terbaru mereka, iPad Air yang didukung chip M1.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 09 Mar 2022, 10:46 WIB
Apple iPad Air (Dok. Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan peluncuran iPhone SE 2022 pada Selasa waktu setempat, Apple juga meluncurkan tablet terbaru mereka, iPad Air yang didukung chip M1.

iPad Air generasi ke-5 Apple ini juga dilengkapi kamera depan Ultra Wide dengan Center Stage, port USB-C dengan kecepatan transfer dua kali lebih cepat, dan 5G.

Dalam keterangan persnya, dikutip Rabu (9/3/2022), chip M1 diklaim memberikan peningkatan kinera yang sangat besar, bahkan pada aplikasi dan alur kerja yang paling penuh tekanan.

CPU 8-core memberikan kinerja hingga 60 persen lebih cepat, dan 8-core GPU memberikan kinerja grafis hingga 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan iPad Air sebelumnya.

Dikombinasikan dengan CPU dan GPU, Neural Engine 16-core mendukung fungsi machine learning (ML) canggih yang memungkinkan pengalaman penggunaan tablet tingkat lebih lanjut. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fitur Center Stage

Apple Event 8 Maret 2022 (YouTube Apple)

Fitur Center Stage juga disematkan dalam kamera depan Ultra Wide 12MP. Ini membantu tampilan kamera secara otomatis menyesuaikan pengguna, saat mereka bergerak.

iPad Air terbaru juga menampilkan layar Liquid Retina 10,9 inci, dengan 3,8 juta piksel, termasuk kecerahan 500 nits, P3 wide color gamut, True Tone, dan lapisan layar anti-reflektif.

Tablet ini juga mendukung speaker stereo, serta Touch ID yang terpasang di tombol bagian atas.

Dari sisi aksesoris, perangkat ini juga mendukung penggunaan Apple Pencil Generasi ke-2, untuk membuatnya menjadi jurnal digital atau buku sketsa portable. iPad Air baru ini juga kompatibel dengan Magic Keyboard.

3 dari 4 halaman

Harga

Apple iPad Air (Dok. Apple)

Apple mengungkapkan, iPad Air baru mereka sudah menjalankan iPadOS 15.4 yang sudah dipasang sebelumnya. Mengutip GSM Arena, versi software ini akan tersedia sebagai pembaruan over-the-air untuk iPad lain pekan depan.

Berkat fitur Universal Control di dalamnya, pengguna akan bisa bekerja dengan satu mouse dan kibor di beberapa Mac dan iPad dengan lebih mulus, tanpa perlu pengaturan.

Apple mengatakan, iPad Air baru ini akan mulai bisa dipesan di 29 negara pada Jumat, 11 Februari dan tersedia di toko pada 18 Maret.

Untuk harga, di wilayah Amerika Serikat, iPad Air model Wi-Fi tersedia dengan harga mulai dari US$ 599 (sekitar Rp 8,6 juta) dan mulai dari US$ 749 (sekitar Rp 10,7 juta).

Keduanya memiliki pilihan 64 GB dan 256 GB, dengan opsi warna space gray, starlight, pink, purple, dan blue.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya