BERANI BERUBAH: Warga Cuan dari Bank Sampah

Warga Desa Grogol, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo menjalankan program bank sampah yang nantinya bisa ditukar dengan uang atau emas.

oleh Ratu Annisaa Suryasumirat diperbarui 07 Mar 2022, 06:00 WIB
Warga Desa Grogol, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo menjalankan program bank sampah di daerahnya untuk mendorong masyarakat cinta lingkungan. Sampah yang disetor bisa ditukar dengan uang atau emas. (Foto: Liputan6.com).

Liputan6.com, Jakarta- Berawal dari keinginan untuk berubah, warga Desa Grogol, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo memutuskan untuk menjalankan program bank sampah. Harapannya agar lingkungan sekitar menjadi semakin bersih, sekaligus mendapat keuntungan dari sampah yang sudah dikumpulkan.

Baru sebulan sejak program dijalankan, namun antusiasme warga sangatlah luar biasa. Ketua Bank Sampah, Yussi Wiyono menjelaskan, tak hanya warga desanya saja, namun warga dari perumahan sebelah juga ikut menyetor sampah. 

“Jadi mereka ngabarin temannya, eh ayo nabung ke sini, satunya lagi ayo nabung ke sini rumahnya biar bersih,” ungkap Yussi kepada Tim Berani Berubah.

“Jadi itu semacam vibe yang sangat bagus. Jadi positif sekali mereka menularkan kepada teman-temannya,” sambungnya.

Sedikit demi sedikit sampah ditabung hingga mendapat keuntungan. Nantinya, tabungan di bank sampah ini bisa ditukar dengan uang atau dengan mini gold, alias emas. Nasabahnya pun sudah mencapai 80 hingga 100 orang, tak termasuk nasabah baru yang belum sempat didata.

Selain itu, bank sampah ini juga menawarkan berbagai promo untuk nasabahnya. Dalam kondisi pandemi dimana banyak dari masyarakat yang kehilangan pekerjaan, Yussi dan para anggotanya berupaya keras agar bisa ikut meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi.

“Nah saya tahu sekarang ini sedang pandemi, sedang sulit, ada yang kehilangan pekerjaan, ada usahanya kembang kempis, jualannya tidak laris,” ujar Yussi.

“Jadi kita bantu dari sembako misalnya dengan promo tebus murah,” lanjut dia.

 

2 dari 2 halaman

Mimpi Bersihkan Lingkungan

Warga Desa Grogol, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo sedang berjalan untuk menyetor sampah yang sudah dikumpulkan ke bank sampah. Nantinya tabungan sampah ini bisa ditukar menjadi uang atau emas. (Foto: Liputan6.com).

Semua ini diawali dari mimpi untuk membersihkan lingkungan sekitar. Yussi berharap, ke depannya bank sampah ini akan semakin banyak memiliki nasabah, sehingga lingkungan menjadi semakin bersih.

“Apa yang kita upayakan hari ini itu adalah bagian dari ibadah, bagian dari kebaikan dan apapun balasan dari kebaikan adalah kebaikan itu sendiri,” ucap Yussi.

“Harus Berani Berubah!” dia mengakhiri.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTVIndosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya