PLN Mobile Proliga 2022: Kalah dari LavAni, Pelatih Samator Beberkan Alasanya

Pelatih Samator jelaskan alasan kekalahan dari Bogor LavAni pada PLN Mobole Proliga 2022.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Feb 2022, 19:08 WIB
Samator Atasi Perlawanan Bank SumselBabel di Proliga 2022 (dok PBVSI)

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya Bhayangkara Samator harus mengakui keunggulan LavAni 1-3 pada lanjutan PLN Mobile Proliga 2022 di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat. 

Pelatih Samator Sigit Ari Widodo menjelaskan penyebab kekalahan dari Bogor LavAni yakni terkait kondisi kesehatan pemain. Menurut Sigit, sejumlah pemain andalan seperti Rendy Tamamilang, Hadi Suharto, dan dua pevoli asing Robert Taylor serta Aimal Khan dalam kondisi kurang fit. 

Pada pertandingan sebelumnya, kedua pemain asing ini harus absen karena terkena virus Covid-19. Mereka baru bergabung kembali bersama dengan tim sehari sebelum pertandingan melawan LavAni. 

“Pemain baru bergabung semua pada Kamis, setelah ada pemain yang sakit, seperti Rendy dan Taylor yang baru pulih Covid-19. Hari ini, Hadi juga tidak fit, tapi saya paksa bermain,” kata Sigit dalam keterangan tertulis yang dilansir dari antaranews.com. 

2 dari 3 halaman

Surabaya Bhayangkara Samator vs Bogor LavAni

BNI berhasil kalahkan Surabaya Bhayangkara Samator pada putaran kedua PLN Mobile Proliga 2022 (dok: Proliga)

Duel antara Samator dan LavAni diwarnai dengan variasi serangan dan aksi spike keras pada putaran II Proliga 2022. Angka pertama di set awal berhasil diraih oleh LavAni, kemudian angkat terus bertambah setelah spike yang dilakukan oleh Taylor. Samator melebar dengan skor 2-0 pada awal pertandingan. 

Keunggulan LavAni tak terbendung hingga skor 21-11. Samator berhasil memperpendek jarak setelah blok dari pemain Samator mampu membendung spike Leandro. Akhirnya set pertama dimenangkan oleh LavAni dengan skor 25-15. 

Memasuki set kedua, Samator meraih angka pertama bahkan angka terus bertambah setelah spike yang dilepas oleh Garcia melebar keluar lapangan skor 2-0 untuk Samator. Pertandingan pun semakin ketat lantaran kedua tim saling kejar mengejar angka. Pada skor 25-25, Leandro melancarkan spike keras dan langsung disamakan oleh Aimal Khan dengan skor 26-26. Akhirnya, Doni Haryono melepaskan serangan keras yang membuat timnya memengani set kedua, 28-26. 

Kejar mengejar poin juga terjadi di set ketiga, pertahanan blok yang cukup baik dari LavAni mampu menggagalkan spike Aimal Khan dari Samator, skor sementara 7-7 sama. Pada akhir pertandingan set ketiga quick dari Hadi Suharto berhasil membuat Samator menang 25-23. Skor berubah menjadi 2-1 untuk LavAni. 

Sementara itu, pada set keempat LavAni berhasil unggul dari Samator dengan skor 27-25 melalui spike dari Aimal yang tak terbendung. Skor besar, LavAni unggul 3-1 dari Samator

3 dari 3 halaman

Klasemen Proliga

Tim asuhan Sigit Ari Widodo berada di bawah LavAni yang kini memuncaki klasemen dengan 14 poin. Sementara itu, Jakarta Pertamina Pertamax di urutan kedua dengan 11 poin dan Jakarta BNI 46 di posisi ketiga dengan 10 poin. 

Pada putaran II, Samator masih menyisakan tiga pertandingan, selanjutnya, mereka akan berhadapan dengan Kudus Sukun Badak, Minggu (20/2/2022), kemudian Palembang Bank SumselBabel, Sabtu (26/2/2022), dan Jakarta Pertamina Pertamax, Sabtu (5/3/2022). 

 

Penulis: Jesslyn Koesman

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya