Hujan Deras di Lereng Bromo, Banjir Rendam Permukiman hingga 1 Meter

Air mulai menggenangi rumah warga sekitar 19.15 WIB, Minggu (6/2/2022). Di sejumlah titik di Kecamatan Dringu, air mencapai 1 meter.

oleh Liputan6.comNovia Harlina diperbarui 07 Feb 2022, 09:56 WIB
Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​

Liputan6.com, Probolinggo - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menyebabkan banjir merendam sejumlah titik di daerah itu, Minggu (6/2/2022).

Banjir merendam dua kecamatan, yakni Kecamatan Dringu dan Kecamatan Tongas, dengan ketinggian air bervariasi.

Informasi di lapangan, air mulai menggenangi rumah warga sekitar 19.15 WIB, Minggu (6/2/2022). Di sejumlah titik di Kecamatan Dringu air mencapai 1 meter.

"Ketinggian air naik dengan cepat, sehingga banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan barang berharganya," kata salah seorang warga, Ismanto.

Kemudian di Kecamatan Tongas banjir merendam Desa Tambakrejo setinggi 45 sentimeter hingga 80 sentimeter. Saat ini warga dibantu petugas BPBD setempat masih terus melakukan evakuasi terhadap barang yang masih bisa diselamatkan.

"Banjir ini akibat debit Sungai Laweyan meluap dan masuk ke permukiman warga," kata Supervisor Pusdalops PB BPBD Kabupaten Probolinggo, Aries Setyawan.

Hingga saat ini, petugas BPBD Kabupaten Probolinggo melakukan pendataan rumah warga yang tergenang dan terus memantau debit air di Sungai Laweyan.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya