Ini Cara Efektif Dapatkan Tubuh Ideal Rekomendasi WHO

Awal tahun bisa menjadi momen untuk mendapatkan tubuh ideal. Salah satu caranya dengan menerapkan pola hidup sehat dan diet.

oleh Reza pada 10 Jan 2022, 17:06 WIB
ilustrasi perut rata diet/Photo by Bill Oxford on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Awal tahun bisa menjadi momen untuk mendapatkan tubuh ideal. Salah satu caranya dengan menerapkan pola hidup sehat dan diet. Diet memang merupakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah dengan melakukan diet sehat.

Dilansir liputan6, World Health Organization (WHO) merekomendasikan lima cara pola makan yang bisa dilakukan agar mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat. Berikut penjelasannya.

Penuhi tubuh nutrisi dari makanan bergizi

Mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi bisa membuat tubuh sehat dan menjaga tubuh agar ideal. Untuk diet, WHO menyarankan beberapa tips untuk memastikan diet seimbang, seperti mengonsumsi gandum, jagung, nasi, dan kentang dengan kacang-kacangan, buah, dan sayuran segar. Serta makanan dari sumber hewani seperti daging, ikan, telur, dan susu.

Cermati penggunaan garam

Badan kesehatan dunia itu menyarankan untuk mengonsumsi garam setidaknya 5 gram atau satu sendok teh sehari. Pasalnya, mengonsumsi garam berlebih bisa meningkatkan tekanan darah yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Hindari minyak dan lemak

Mengonsumsi makanan berlemak mampu meningkatkan risiko obesitas, sakit jantung, dan stroke. Lemak trans yang diproduksi industri adalah yang paling berbahaya.

Kamu bisa menggantinya dengan mentega atau minyak sehat seperti kedelai, jagung, atau bunga matahari. Pilih juga daging putih seperti unggas dan ikan yang biasanya memiliki lemak lebih rendah daripada daging merah.

Kurangi konsumsi gula

Mengonsumsi gula berlebih bisa berisiko obesitas. Sama seperti garam, gula ada di banyak makanan dan minuman olahan. WHO merekomendasikan untuk membatasi asupan permen dan minuman manis seperti soda dan minuman buah, serta teh atau kopi yang siap minum.

Hindari juga memberikan makanan manis kepada anak-anak. Bersama dengan garam, gula tidak boleh diberikan ke makanan pendamping untuk anak di bawah usia 2 tahun.

Hindari merokok dan alkohol

Merokok dan alkohol adalah hal yang perlu dihindari.  WHO menyatakan bahwa tidak ada tingkat konsumsi alkohol yang aman bahkan, konsumsi dalam kadar yang rendah tetap bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan secara signifikan.

Proteksi asuransi

Sebagai upaya memantapkan perlindungan, kamu bisa melengkapinya dengan adanya kepemilikan asuransi kesehatan yang dapat diandalkan. Jadi selain menjaga tubuh dengan konsumsi makanan seimbang, kita juga proteksi tubuh dengan asuransi jika sakit.

Yuk, mulai berasuransi!

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya