Piala AFF 2020: Selebrasi Singapura Pancing Keributan, Shin Tae-yong Sebut Bukan Masalah Besar

Semifinal Piala AFF 2020 sempat diwarnai keributan ketika Timnas Singapura berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 jelang turun minum.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Des 2021, 08:30 WIB
Insiden Timnas Indonesia versus Singapura di Piala AFF 2020. (Tangkapan layar Vidio).

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia sukses merebut tiket menuju babak final usai menang agregat 5–3 atas Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Bermain selama kurang lebih 120 menit, skuad Garuda terlibat pertarungan sengit dengan The Lions sejak babak pertama.

Indonesia tercatat unggul lebih dulu berkat gol dari Ezra Walian di menit ke-11. Akan tetapi, anak-anak asuh Shin Tae-yong harus rela berbagi skor dengan Timnas Singapura jelang turun minum, setelah Song Ui-young mencatatkan namanya di papan skor.

Momen penyamaan kedudukan oleh The Lions rupanya menimbulkan sedikit perselisihan di antara bench Indonesia vs Singapura. Pasalnya, sejumlah pemain tuan rumah disebut melakukan selebrasi yang memancing emosi.

Pihak keamanan bahkan turun tangan untuk meredam perselisihan kedua tim. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak menampik adanya situasi tersebut. Meski demikian, ia menegaskan tak ada masalah besar yang terjadi antara skuadnya dan kubu Tatsuma Yoshida.

“Memang tidak ada masalah besar, tetapi karena selebrasi dari pemain Singapura yang ditujukan ke bench kami (usai menyamakan kedudukan),” papar Shin Tae-yong kepada awak media pada Sabtu (25/12/2021) malam WIB.

“Saya sedikit berbicara kepada pelatih Timnas Singapura bahwa kita harus fair play. Setelah itu, (kondisi) baik-baik saja,” sambung pelatih berusia 51 tahun tersebut.

2 dari 3 halaman

Jalannya Pertandingan

Gelandang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (kedua kanan) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021). Laga dimenangkan Indonesia 4-2 lewat perpanjangan waktu 2 x 15 menit. (AP/Suhaimi Abdullah)

Indonesia menang dramatis atas Singapura dalam laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura pada Sabtu (25/12/2021) malam WIB. Pertandingan antara kedua tim berlangsung sengit sejak babak pertama.

Pemain Indonesia lebih dulu mencatatkan namanya di papan skor. Akan tetapi, The Lions berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1–1 jelang turun minum. Kedua tim terlibat aksi saling kejar skor.

Hingga penghujung babak kedua, Indonesia dan Singapura sama-sama mengoleksi dua angka, sehingga memaksa pertandingan diperpanjang selama 2x15 menit. Perolehan poin Singapura baru berhasil dihentikan kala perpanjangan waktu.

Skuad Garuda tercatat mampu mengemas empat gol dalam tersebut. Tiga gol di antaranya dicatatkan oleh Ezra Walian (’11), Pratama Arhan (’87), dan Egy Maulana Vikri (‘105+2), sementara satu lainnya merupakan gol bunuh diri dari Shawal Anuar (’91).

3 dari 3 halaman

Final Piala AFF 2020

Pemain Singapura Nur Adam Abdullah (kiri) berusaha merebut bola dari pemain Indonesia, Witan Sulaeman pada pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021). Laga dimenangkan Indonesia 4-2 lewat perpanjangan waktu 2 x 15 menit. (AFP/Roslan Rahman)

Indonesia selanjutnya akan menghadapi pemenang laga Vietnam vs Thailand di final Piala AFF 2020. Ini merupakan kali keenam bagi Skuad Garuda melangkah ke partai puncak turnamen bergengsi se-Asia Tenggara tersebut.

Adapun, laga final Piala AFF edisi ini dijadwalkan berlangsung pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022) di Stadion Nasional Singapura.

 

Penulis: Melinda Indrasari

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya