Pengantin Wanita Berambut Pirang Pakai Paes, Hasilnya Bikin Takjub

Tampak penata rambut menyasak dan menata rambut pirang kliennya untuk dibentuk jadi sanggul, tapi tampilan akhirnya bikin pangling.

oleh Henry diperbarui 10 Des 2021, 11:03 WIB
Paes Ageng Kanigaran Yogyakarta (Liputan6.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap daerah di Indonesia punya pakaian dan riasan pengantin yang khas. Pengantin wanita yang menikah dengan adat Jawa biasanya akan melengkapi tampilan dengan riasan paes.

Meski begitu, paes Jawa identik dengan warna rambut hitam. Namun, lain halnya dengan wanita satu ini. Meski didandani dengan paes tradisional Jawa, ia memiliki rambut pirang.

Video wanita berambut pirang yang didandani dengan paes Jawa tersebut viral setelah dibagikan akun @hairdobyporoo.ro di TikTok.  "CBL CBL Chakep Banget Loch," tulisnya dalam keterangan video yang diunggah pada 7 Desember 2021 itu.

Dalam profilnya, pemilik akun ini diketahui bernama Rimba dan seorang penata rambut. "Mau dipaes tapi rambutnya bule?" tulis pemilik akun tersebut sambil menunjukkan pengantin wanita berambut pirang.

Pada video tersebut, terlihat penata rambut menyasak dan menata rambut pirang kliennya untuk dibentuk menjadi sanggul. "Eh kok LBL (lucu banget loh) rambutnya," tambah Rimba sambil menunjukkan hasil rambut setelah disanggul.

Meski berambut pirang, wanita ini tetap memakai sanggul warna hitam. Kemudian, riasan paes juga memakai warna hitam. Sementara untuk menutupi rambut yang berwarna pirang, penata rambut menggunakan hairspray warna hitam.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Pirangnya Tak Terlihat

Pengantin Wanita Pakai Paes Meski Rambutnya Pirang, Bagaimana Tampilannya? foto: TikTok @hairdobyporoo.ro

Penampilan wanita yang berdandan dengan paes pengantin Jawa tersebut sukses membuat pangling. Rambut pirangnya sama sekali tak terlihat.

Tidak sedikit warganet yang memuji hasil riasan paes tersebut, sekaligus bertanya-tanya soal proses pembuatannya. "Kalau paesnya dibuat blonde juga bisa nggak?" tanya seorang warganet. Pemilik akun langsung menjawab kalau cara itu tak bisa dilakukan.

"Pasti rambutnya susah mau ngelurusin lagi. Soalnya kena bleaching pasti kering + disasak?" komentar warganet lainnya. "Kalau paesnya sesuai warna rambut bisa nggak sih?" tanya warganet yang lain.

Sejak dibagikan, video wanita yang berdandan dengan paes Jawa meski punya rambut pirang tersebut sudah ditonton lebih dari 1,7 juta kali.

3 dari 4 halaman

Makna Paes

Pengantin Wanita Pakai Paes Meski Rambutnya Pirang, Bagaimana Tampilannya? foto: TikTok @hairdobyporoo.ro

Melansir laman budayajawa.id, paes merupakan riasan lekukan-lekukan di dahi perempuan yang biasanya berwarna hitam, tapi pada pengantin adat Solo Basahan berwarna hijau. Lekukan tersebut terbuat dari pidih, yakni campuran malam atau sejenis lilin yang bersifat tidak kering, tapi juga tak meleleh.

Paes dan hiasan pengantin lain mempunyai arti doa dan tuntunan untuk pengantin perempuan. Sebut saja Gajahan, lekukan paling besar yang ada di tengah dahi yang bermakna harapan seorang perempuan akan ditinggikan derajatnya.

Ada pula Pengapit, lekukan lebih runcing yang diibaratkan pengendali Gajahan agar dapat berjalan lurus sehingga tak ada rintangan dalam kehidupan pernikahan. Kemudian Penitis yang melambangkan segala sesuatu harus memiliki tujuan dan efektif. Godheg, lekukan menyerupai cambang ini melambangkan harapan agar kedua mempelai dapat bijaksana.

Tak hanya riasan paes, pada bagian tengah dahi pengantin perempuan juga dihias Cithak. Hiasan ini berbentuk belah ketupat, simbol perempuan harus setia dan fokus. Tak ketinggalan, sanggul bokor mengkurep yang bermakna harapan agar perempuan dapat mandiri dan bersyukur.

4 dari 4 halaman

Gaun Pernikahan Raisa

Infografis Gaun Pernikahan Raisa

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya