5 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Hati-hati, perut buncit bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan Anda.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Nov 2021, 14:02 WIB
Ilustrasi Perut Buncit Credit: pexels.com/Astro

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian banyak orang berusaha menghilangkan lemak di perut dengan berbagai cara karena mereka merasa lemak tersebut mengganggu penampilan Anda. Namun, pada kenyataannya lemak perut juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. 

Lemak perut bisa disebabkan oleh berbagai macam hal seperti pola hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan manis secara berlebih. Selain itu terdapat beberapa hal lain yang bisa menyebabkan lemak perut seperti makanan yang mengandung lemak trans. Biasanya, makanan yang mengandung lemak trans bisa ditemukan dalam makanan yang di panggang.

Jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans secara berlebihan, tidak hanya menyebabkan lemak perut tapi juga bisa meningkatkan berat badan secara keseluruhan. Anda juga lebih rentan terhadap penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan penyakit lainnya. 

Jadi, untuk mencegah perut buncit, Anda harus mengurangi makanan dengan kandungan yang tinggi lemak trans. Selain makanan dengan kandungan lemak trans, ada penyebab lain yang bisa menimbulkan lemak perut. Pensaran apa saja? Ini dia penyebabnya, dilansir dari Times of India.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Konsumsi Alkohol

Ilustrasi Minuman Beralkohol Credit: pexels.com.Bimo

Lemak perut bisa disebabkan oleh minuman alkohol. Minuman beralkohol mengandung kalori yang tidak memberikan manfaat bagi tubuh kita. Hal ini dikarenakan minuman alkohol tidak mengandung nutrisi. 

Jika Anda ingin mengurangi lemak perut dan Anda seorang pecandu alkohol, lebih baik Anda berhenti atau setidaknya menguranginya secara bertahap. Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), wanita diperbolehkan konsumsi alkohol satu gelas perhari, sedangkan pria boleh mengonsumsi dua gelas perhari.

3 dari 6 halaman

Kurang Bergerak atau Olahraga

Ilustrasi olahraga, stretching, peregangan. (Gambar oleh Irina L dari Pixabay)

Kurangnya aktivitas fisik akan menyebabkan lemak perut. Jika Anda ingin menghilangkan lemak perut, Anda dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur agar membuat Anda tetap bugar dan mencegah terjadinya perut buncit. 

Tidak harus melakukan olahraga yang berat, dengan melakukan jalan pagi atau jalan sore bisa membantu Anda mengatasi perut buncit. Lebih baik bergerak, meskipun sedikit daripada tidak sama sekali. Pastikan Anda melakukannya secara konsisten.

4 dari 6 halaman

Makanan dan Minuman Manis

Ilustrasi Cokelat Hitam Credit: pexels.com/Frappo

Pola makan yang tidak sehat tentunya juga menjadi salah satu faktor penyebab perut buncit dan bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak gula, Anda berisiko memiliki lemak berlebih di perut. Hal ini dikarenakan makanan dan minuman manis adalah makanan karbohidrat olahan yang sulit dibakar yang pada akhirnya menjadi lemak di tubuh kita. 

Untuk mengurangi asupan makanan dan minuman manis, Anda bisa mengonsumsi makanan karbohidrat sehat dan makanan yang mengandung banyak air sehingga Anda merasa kenyang. Anda juga bisa mengonsumsi makanan dengan kalori negatif yang bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

5 dari 6 halaman

Stres dan Kurang Tidur

Ilustrasi Remaja Stres (Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels).

Selain makanan, ternyata stres dan kurang tidur juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perut buncit. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa stres dan kecemasan bisa menyebabkan hormon dan kortisol dalam tubuh sehingga bisa memperlambat metabolisme Anda. 

Selain itu, kurangnya waktu tidur juga bisa menyebabkan kortisol Anda melonjak dan juga meningkatkan keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan dengan tinggi kalori yang pada akhirnya menyebabkan kenaikan berat badan, terutama peningkatan lemak pada perut.

Untuk itu, jika Anda ingin menghilangkan lemak perut atau perut buncit dan mempertahankan berat badan yang sehat, penting untuk mengendalikan tingkat stres Anda dan setidaknya tidur selama 7-8 jam setiap harinya. 

6 dari 6 halaman

Konsumsi Makanan Rendah Serat

ilustrasi makanan berserat atasi sembelit/pexels

Untuk mempertahankan berat badan yang sehat, konsumsi makanan dengan tinggi serat adalah sebuah keharusan. Jika tubuh Anda tidak memiliki cukup serat, kemungkinan Anda memiliki masalah pada sistem pencernaan Anda. Makanan rendah serat bisa menyebabkan lemak perut atau perut buncit.

Makanan yang tinggi serat bisa ditemukan pada makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, sayuran hijau, dan buah-buahan yang menghidrasi. Dengan mengonsumsi makanan ini, akan membantu Anda merasa lebih kenyang dan bisa membatasi keinginan Anda untuk konsumsi makanan yang tidak sehat. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya