Milenial Makin Minat Investasi di ORI, Apa Untungnya?

Penerbitan SBN ritel online disambut baik oleh masyarakat terbukti dengan pertumbuhan jumlah investor yang luar biasa.

oleh Tira Santia diperbarui 04 Okt 2021, 13:00 WIB
(Foto: Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) telah menerbitkan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI020, Senin (4/10/2021). Masa penawaran akan dibuka mulai hari ini 4 Oktober pukul 09.00 WIB dan akan ditutup 21 Oktober 2021 pukul 10.00 WIB.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman, mengatakan penerbitan SBN ritel online disambut baik oleh masyarakat terbukti dengan pertumbuhan jumlah investor yang luar biasa.

Umumnya ditandai dengan peningkatan dari sisi nilai dana yang terkumpul serta jumlah investor khususnya investor baru.

“Dengan Tersedianya instrumen investasi yang mudah diakses pemerintah juga berhasil menarik generasi milenial yang menyukai kenyamanan dan kepraktisan dan kemudahan berinvestasi,” kata Luky.

Menurutnya, berbekal gadget yang dimiliki generasi milenial, mereka bisa dengan mudah berinvestasi pada SBN ritel, terbukti jumlah investor milenial pada penerbitan ORI019 awal tahun 2021 mencapai 37,5 persen dari total investor.

“Bahkan saat penerbitan Surat Utang Negara (SUN) ritel yaitu Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR010  pada Juli lalu, generasi milenial mendominasi hingga mencapai 46,1 persen,” katanya.

Oleh karena itu, mulai hari ini Pemerintah kembali menawarkan produk yaitu obligasi negara ritel ORI020, yang merupakan instrument ORI terkahir di tahun 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Cara Investasi

Obligasi

Masyarakat dapat berinvestasi langsung melalui 27 channel online mitra distribusi yang bekerjasama dengan pemerintah ada bank, perusahaan sekuritas,dan lain-lain.

Diantaranta PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Permata Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Mega Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank Panin Tbk, PT Bank DBS Indonesia, PT Bank HSBC Indonesia, PT Bank UOB Indonesia, PT Bank Commonwealth, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Victoria International Tbk

Bisa juga melalui perusahaan efek, yaitu Trimegah Sekuritas Indonesia, BRI Danareksa Sekuritas, Bahana Sekuritas dan Mandiri Sekuritas. Selanjutnya melalui perusahaan financial technology yaitu Bareksa, Investree, FUNDtastic+, Tanamduit, Koinworks, dan Modalku.

Adapun salah satu keistimewaan dari ORI020 sebagai salah satu SBN ritel yaitu masyarakat selain mendapat keuntungan investasi tapi juga sekaligus ikut berpartisipasi dalam membangun Negeri.

Berbeda dengan instrumen investasi lainnya ORI020 adalah pilihan instrumen investasi yang manfaatnya tidak hanya akan dirasakan untuk diri sendiri tapi juga untuk masyarakat Indonesia secara bersama-sama,” pungkasnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya