India Evakuasi Warganya yang Terdampar di Afghanistan

Giliran India melakukan evakuasi terhadap warganya yang terdampar di Afghanistan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 23 Agu 2021, 19:15 WIB
Warga negara India duduk di atas pesawat militer India untuk dievakuasi setelah pengambilalihan Afghanistan oleh pejuang Taliban di bandara di Kabul (17/8/2021). India mengevakuasi lebih dari 170 warganya dari Kabul pada Selasa, termasuk Duta Besar India untuk Afghanistan. (AFP Photo)

Liputan6.com, Kabul - India melanjutkan upaya untuk mengevakuasi warganya dari Afghanistan karena situasinya tetap tidak stabil setelah Taliban mengambil alih negara itu dengan cepat.

Melansir BBC, Senin (23/8/2021), sebanyak 146 orang India yang terdampar yang dievakuasi ke Doha, tiba di Delhi pada hari Senin.

Mereka melakukan perjalanan ke ibu kota dalam tiga penerbangan berbeda, termasuk pesawat angkut, menurut laporan.

Dengan ini, India telah mengevakuasi hampir 400 orang sejak seminggu terakhir.

Sejak Taliban meraih kekuasaan dalam serangan kilat pada 15 Agustus, sejumlah besar orang telah mencoba melarikan diri dari Afghanistan.

Kelompok itu telah meyakinkan bahwa tidak akan ada "balas dendam" dan pembalasan, tetapi para ahli mengatakan terlalu dini untuk mempercayai mereka, mengingat sejarah brutal kelompok itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Upaya Evakuasi Warga India

Warga negara India duduk di atas pesawat militer India untuk dievakuasi setelah pengambilalihan Afghanistan oleh pejuang Taliban di bandara di Kabul (17/8/2021). Sebagian kecil warga India tetap di negara tersebut dan tengah diupayakan untuk dibawa kembali oleh pihak berwenang. (AFP Photo)

India, yang telah mengevakuasi para diplomat dan duta besarnya, telah berlomba untuk memberikan jalan yang aman bagi warga India lainnya yang terdampar di tengah kekacauan.

Pada Minggu (22/8), kontingen lain yang terdiri dari 168 orang diterbangkan dari Kabul ke Delhi.

Kelompok itu dilaporkan termasuk 24 orang Sikh dan Hindu Afghanistan, dua di antaranya adalah anggota parlemen di pemerintahan Afghanistan yang sekarang jatuh.

"Semua pencapaian selama 20 tahun terakhir di Afghanistan telah hilang. Tidak ada yang tersisa. Sekarang nol," kata anggota parlemen Afghanistan Narinder Singh Khalsa setelah mendarat di India, menurut surat kabar The Indian Express.

Khalsa mengatakan dia, bersama dengan 72 orang Sikha dan Hindu Afghanistan lainnya, telah berusaha mencapai bandara Kabul sejak Jumat. Tetapi mereka didatangi oleh Taliban dalam perjalanan, dan dikirim kembali, tambahnya. 

Kelompok itu kembali berjalan ke bandara pada hari Sabtu, di mana mereka melihat lautan orang-orang yang putus asa.

"Di setiap gerbang bandara, 5.000-6.000 orang berdiri," kata Khalsa.

Khalsa mengatakan mereka awalnya tidak dapat memasuki bandara, tetapi kemudian diberikan masuk melalui pos pemeriksaan VIP.

"Ini adalah keputusan yang sangat sulit dan menyakitkan untuk meninggalkan negara ini. Kami belum pernah melihat situasi seperti itu. Semuanya telah direnggut. Semuanya sudah berakhir," katanya. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya