Menkes: Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Berjalan Cepat, Tembus 50 Juta Suntikan

Menkes Budi menyampaikan, Bali dan DKI Jakarta adalah dua provinsi yang tercatat sangat cepat menjalankan program vaksinasi Covid-19.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 11 Jul 2021, 16:03 WIB
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga saat vaksinasi keliling untuk warga Kelurahan Malaka Jaya di RPTRA Bunga Rampai, Jakarta, Jumat (9/7/2021). Mobil vaksinasi COVID-19 keliling diberikan untuk anak-anak dan dewasa usia 12-59 tahun. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, program vaksinasi Covid-19 di Indonesia berjalan cukup cepat dalam beberapa hari terakhir. Bahkan, kata dia, vaksinasi saat ini sudah menembus 50 juta suntikan.

"Program vaksinasi di Indonesia sudah berjalan cukup cepat akhir-akhir ini data terakhir saya lihat kita sudah menembus 50 juta suntikan dan mencapai 52 juta suntikan," kata Budi Gunadi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (11/7/2021).

Menurut dia, 10 juta suntikan vaksin pertama berhasil dicapai dalam waktu 8 pekan. Kemudian, 10 juta berikutnya dalam waktu 4 pekan dan 10 juta terakhir dicapai dalam waktu 12 hari.

Sementara itu, 38 juta penduduk Indonesia sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama per Sabtu, 10 Juli 2021. Angka ini sekitar 20 persen dari total target 70 persen atau 181,5 juta masyarakat Indonesia yang harus divaksin.

"Diharapkan kita bisa terus-menerus menambah jumlah suntikan dan orang yang disuntik ke depannya supaya lebih cepat lagi," kata Budi Gunadi mengenai vaksinasi Covid-19

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Bali dan DKI Jakarta tercepat vaksinasi

Warga saat verifikasi pendaftaraan vaksinasi COVID-19 di Taman Dadap Merah, Kebagusan, Jakarta, Sabtu (10/7/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 16 mobil vaksin keliling untuk mempercepat target vaksinansi bagi warga DKI Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Budi menyampaikan, Bali dan DKI Jakarta adalah dua provinsi yang tercatat sangat cepat menjalankan program vaksinasi Covid-19. Setidaknya, 70 persen warga Bali sudah menerima suntikan vaksin Covid-+9 dosis pertama.

"Demikian DKI Jakarta, sudah lebih 50 persen rakyatanya mendapatkan suntikan pertama," ucap dia.

"Saya melihat ini satu prestasi yang comparable dengan banyak negara-negara bagian atau provinsi-provinsi atau kota besar even di negara maju di seluruh dunia untuk bisa lebih dari 70 persen atau 50 persen mendapatkan suntikan yang pertama," sambung Budi Gunadi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya