Patung Putri Diana Tiba di Istana Kensington

Peresmian patung Putri Diana akan dilaksanakan pada 1 Juli 2021, bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-60.

oleh Putu Elmira diperbarui 28 Jun 2021, 14:01 WIB
Putri Diana (PATRICK RIVIERE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Patung Putri Diana telah tiba di Istana Kensington sebelum peresmiannya, Kamis, 1 Juli 2021. Kini, patung ibunda Pangeran William dan Pangeran Harry tersebut disimpan di dalam sebuah kotak di halaman.

Dilansir dari Hello Magazine, Senin (28/6/2021), acara peresmian patung Putri Diana bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-60. Kedua anaknya, Pangeran William dan Pangeran Harry, akan hadir dalam acara tersebut.

Ini menjadi momen reuni mereka sejak menghadiri pemakaman kakek mereka, Pangeran Philip, pada April lalu. Pangeran Harry terbang ke London dari California.

Harry tidak ditemani istrinya, Meghan Markle, yang tetap berada di rumah mereka di Santa Barbara bersama kedua buah hatinya, Archie dan Lilibet. Seperti Putri Charlotte, bayi Lili diberi nama tengah Diana untuk menghormati mendiang neneknya.

Menjelang peresmian patung Putri Diana, Pangeran Harry dijemput sebuah van di Bandara Heathrow London pada Jumat, 25 Juni 2021, waktu setempat, menurut The Daily Mirror. MailOnline menerbitkan foto-foto yang menunjukkan Harry tiba di Bandara Internasional Los Angeles pada malam sebelumnya sebelum terbang ke London.

Pangeran Harry harus karantina selama lima hari sampai ia menjalani tes COVID-19 dengan hasil negatif. Ia tinggal di Frogmore Cottage, hunian sepupu Harry, Putri Eugenie, bersama suaminya, Jack Brooksbank, dan bayi laki-laki mereka, August, yang lahir pada Februari 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Detail Patung

Pangeran William dan Kate Middleton ternyata mencontek Putri Diana saat mendidik anak-anaknya (Alastair Grant/AP Files)

Dilansir dari laman People, Minggu (27/6/2021), rencana pembuatan patung Putri Diana pertama kali diumumkan pada Februari 2017. Momen itu menandai 20 tahun sejak ia meninggal dalam kecelakaan tragis di Paris pada usia 36 tahun.

"Patung itu akan dipasang di Sunken Garden of Kensington Palace pada 1 Juli 2021, menandai ulang tahun ke-60  Princess," bunyi pernyataan istana.

"Pangeran berharap patung itu akan membantu semua orang yang mengunjungi Istana Kensington merenungkan kehidupan ibu mereka dan warisannya," lanjut pernyataan soal patung Putri Diana tersebut.

 
3 dari 4 halaman

Memori

Pangeran William, Duke of Cambridge (kiri) dan Pangeran Harry, Duke of Sussex saat hadir di prosesi pemakaman Pangeran Philip, Duke of Edinburgh di Kapel St George di Kastil Windsor di Windsor, London, pada 17 April 2021. (ALASTAIR GRANT / AFP / POOL).

Ada banyak memori di Sunken Garden. Salah satunya ketika Pangeran Harry dan Meghan mengadakan sesi foto pertunangan mereka pada 2017 di taman tersebut.

Pangeran William dan Pangeran Harry juga telah membentuk sebuah komite. Selain mereka, salah satu saudara perempuan Diana, beberapa teman, pakar, dan kontak amal turut berperan di dalamnya untuk membantu memberi "penghormatan yang tepat untuk Princess of Wales."

Mereka mendaulat Ian Rank-Broadley, pematung untuk mengerjakan patung Putri Diana. Sang pematung juga sosok di balik gambar nenek mereka, Ratu Elizabeth II, yang telah digunakan untuk koin Inggris sejak 1998.

4 dari 4 halaman

Infografis Putri Diana

Infografis Putri Diana (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya