Pingsan di Euro 2020, Eriksen Sudah Bisa Berbicara dengan Pemain Denmark

Christian Eriksen sempat berkomunikasi dengan rekan-rekannya di tim Denmark dari rumah sakit usai insiden mengerikan di pertandingan Euro 2020.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 13 Jun 2021, 22:19 WIB
Pemain Denmark Christian Eriksen mengontrol bola saat pertandingan Grup B Euro 2020 melawan Finlandia di Parken Stadium, Kopenhagen, Sabtu (12/6/2021). (Stuart Franklin/Pool via AP)

Liputan6.com, Kopenhagen - Gelandang Denmark Christian Eriksen dikabarkan dalam kondisi stabil setelah sempat kolaps pada pertandingan Euro 2020. Insiden tersebut terjadi ketika Denmark melawan Finlandia pada Grup B di Parken Stadium, Kopenhagen, Minggu (13/6/2021) dini hari WIB.

Christian Eriksen membutuhkan perawatan ekstensif di lapangan dan laga Euro 2020 tersebut dihentikan setelah pemain berusia 29 tahun itu ditandu keluar ke ruang ganti. Setelah lebih dari 90 menit, laga dilanjutkan kembali atas permintaan pemain kedua tim.

Direktur sepak bola Asosiasi Sepak Bola Denmark Peter Moller mengatakan, Eriksen telah berbicara dengan rekan-rekannya setimnya dari rumah sakit. "Dia pingsan dan mendapat pertolongan serta perawatan jantung di lapangan. Untungnya dia bangun ketika dia meninggalkan stadion," katanya kepada DR seperti dilansir Goal.

"Kami telah melakukan kontak dengannya dan para pemain telah berbicara dengan Christian. Itu kabar baiknya. Dia baik-baik saja dan mereka memainkan pertandingan untuk Christian.

"Pikiran kami bersama orang tua Christian dan keluarganya," ucap Moller menambahkan.

 

Saksikan Video Euro 2020 di Bawah Ini

2 dari 5 halaman

Apa yang terjadi?

Gelandang Denmark, Christian Eriksen tergeletak di tanah setelah pingsan pada laga Denmark vs Finlandia di Grup B Euro 2020 di Parken Stadium, Copenhagen, Sabtu (12/6/2021). Laga dihentikan jelang berakhirnya babak pertama setelah Christian Eriksen pingsan. (Friedemann Vogel/Pool via AP)

Menjelang akhir babak pertama, Eriksen tiba-tiba ambruk ke tanah tanpa kontak apapun saat hendak menyambut umpan lemparan ke dalam. Wasit Anthony Taylor segera meniup peluit dan menghentikan pertandingan.

Wasit Taylor dan para pemain Denmark serta Finlandia kemudian memanggil staf medis. Mereka berlari ke lapangan untuk memberikan pertolongan kepada pemain Inter Milan itu.

Para pemain Denmark membentuk penghalang di sekitar Eriksen saat dia mendapat pertolongan dalam insiden yang tampaknya sangat serius. Seprai putih lalu dikibarkan di sekelilingnya untuk memberikan privasi.

Setelah beberapa menit, Eriksen ditandu ke kamar ganti dengan pemain Denmark berjalan mengiringi. Dia kemudian dibawa ke rumah sakit dan UEFA serta Asosiasi Sepak Bola Denmark memastikan kondisinya stabil dan terjaga.

3 dari 5 halaman

Menangis dan berdoa

Pemain Denmark, Kasper Schmeichel (kanan) dan Simon Kjaer (tengah) menghibur Sabrina Kvist Jensen, kekasih gelandang Denmark, Christian Eriksen setelah pingsan di lapangan pada laga Denmark vs Finlandia di Grup B Euro 2020 di Parken Stadium, Copenhagen, Sabtu (12/6/2021). (WOLFGANG RATTAY/AFP/POOL)

Kolapsnya Eriksen membuat membuat seluruh orang di stadion terhenyak. Pemain dan penonton yang berada dekat dengan lokasi sangat terpukul melihat insiden tersebut. Mereka menangis dan berdoa.

Kekasih Eriksen, Sabrina Kvist Jensen, sampai turun ke lapangan untuk mengetahui kondisi pasangan hidupnya. Dia sempat ditenangkan kiper Kasper Schmeichel dan kapten Denmark Simon Kjaer.

4 dari 5 halaman

Finlandia menang

Penyerang timnas Finlandia, Marcus Forss berebut bola dengan penyerang Denmark, Andreas Skov Olsen pada laga Grup B Euro 2020 di Parken Stadium, Sabtu (12/6/2021). Selain tumbang 0-1, tuan rumah juga terpukul menyusul insiden yang melibatkan Christian Eriksen. (AP Photo/Martin Meissner, Pool)

UEFA awalnya menangguhkan pertandingan. Tetapi 90 menit kemudian, UEFA mengikuti permintaan dari pemain kedua tim untuk melanjutkan pertandingan.

Laga itu akhirnya dimenangkan Finlandia dengan skor 1-0. Gol Finlandia dicetak Joel Pohjanpalo pada menit ke-59.

5 dari 5 halaman

infografis

Infografis Serba-Serbi Pesta Sepak Bola Euro 2021 (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya