Kontroversi Pengajuan Hak Cipta Ungkapan Borahae V BTS oleh Brand Kecantikan Korea

Borahae merupakan ungkapan cinta V BTS yang telah populer di kalangan penggemar sejak 2016 dan punya makna mendalam.

oleh Asnida Riani diperbarui 31 Mei 2021, 17:16 WIB
V BTS di set video musik Butter. (dok. Facebook/bangtan.official)

Liputan6.com, Jakarta - Hak cipta ungkapan "Borahae" V BTS dilaporkan telah diajukan sebuah brand kosmetik Korea, baru-baru ini, menurut laporan Koreaboo, Senin (31/5/2021). Merujuk KIPRIS, situs yang menampilkan daftar dan permintaan hak cipta, brand kecantikan kuku, LALALEE's, telah mengajukan hak cipta atas istilah tersebut pada September 2020.

Publik dan penggemar akhirnya tahu fakta tersebut belakangan. Seperti diketahui, Borahae adalah ungkapan ikonis bagi ARMY, sebutan penggemar BTS. Pasalnya, V menciptakan istilah tersebut untuk merujuk pada warna terakhir pelangi, ungu.

Kehadirannya bermakna bahwa baik penggemar maupun grup nomine Grammy itu akan saling menyayangi dan percaya sampai akhir. Sejak diucapkan V dalam sebuah konser pada 2016, ungkapan itu telah jadi slogan yang sering diucapkan ARMY dan member BTS.

Setelah berita pengajuan hak cipta Borahae menyebar, banyak ARMY mengakses beranda KIPRIS untuk meminta permintaan tersebut dibatalkan. ARMY bahkan dideskripsikan "sangat kecewa" dengan pengajuan tersebut.

Lebih dari empat ribu permintaan ARMY telah ditercatat, baik secara domestik maupun global. Narasi yang disebutkan di sana bahwa Borahae dianggap mewakili BTS dan ARMY, yang mana telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Sementara, pihak brand kecantikan belum menanggapi resmi tentang kontroversi pengajuan hak cipta ungkapan ikonis V BTS. Menurut laman resminya, LALALEE's memproduksi dan mendistribusikan berbagai produk kecantikan tangan dan kaki. Termasuk dalam daftar produknya adalah kuas nail art, penyangga kuku gel, dan stiker kuku gel.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Inspirasi dari Istilah Borahae

V BTS di set video musik Butter. (dok. Facebook/bangtan.official)

Berbicara tentang istilah "Borahae" atau "I Purple You," ungkapan cinta yang diciptakan V BTS ini sempat menginspirasi dessert bar di Sydney, Australia, milik chef Indonesia untuk membuat makanan penutup, menurut allkpop. KOI Dessert Bar merupakan usaha tiga bersaudara Ronald, Arnold, dan Reynold Poernomo.

Lewat sebuah unggahan Instagram, beberapa waktu lalu, pihaknya membagikan kreasi terbaru, yakni makanan penutup cantik berwarna ungu bernama Borahae.

"Diciptakan oleh sensasi K-Pop, V BTS, Borahae diterjemahkan dari Bahasa Korea yang berarti selalu ada untuk Anda, serta memberi cinta dan kepercayaan. Sebutan ini populer di kalangan jutaan penggemarnya dan dilambangkan dengan warna ungu atau violet yang merupakan warna terakhir pelangi," begitu keterangan yang tertulis.

Fakta lain, sambung pihaknya, UNICEF juga menggunakan ungkapan tersebut untuk kampanye anti-perundungan global yang bekerja sama dengan BTS.

3 dari 3 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya