Layanan Destinasi Wisata Kesehatan di Labuan Bajo

Selain peningkatan layanan wisata kesehatan, fokus penanganan dalam pandemi Covid-19 pun tetap disiagakan pihak Siloam Hospitals Labuan Bajo

oleh Liputan6dotcom diperbarui 21 Jan 2021, 11:01 WIB
Layanan WIsata Kesehatan Siloam Labuan Bajo

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Siloam Hospitals Labuan Bajo terus menjalankan layanan wisata kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Langkah tersebut dilakukan melalui sinergi bersama pemerintah sejak November 2020, termasuk menggelar kerjasama bersama sejumlah stakeholder pariwisata.

Sejak November 2020 lalu saat dilakukan Simulasi Protokol Kesehatan dan Keamanan dalam mengadakan destinasi wisata ke Labuan Bajo oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Siloam berpartisipasi sebagai Pusat Rujukan Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes).

"Sejumlah area pendaftaran dan layanan rawat jalan, kami siapkan khusus disediakan bagi turis. Selain itu kami turut menyiagakan tim emergency dalam kasus gawat darurat bagi turis yang mengalami kecelakaan saat berwisata di Labuan Bajo," kata Direktur Siloam Hospitals Labuan Bajo, Dokter Hermas Irawan, Selasa (19/01/2021) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Hermas, kenyamanan dalam berwisata merupakan hal pokok yang diinginkan para turis, termasuk kenyamanan dalam mendapatkan fasilitas kesehatan. Lalu apa saja fasilitas tersebut?

"Karena kami paham bahwa kenyamanan turis adalah yang utama. Contohnya adalah Siloam Hospitals Labuan Bajo menyiagakan layanan ambulance call out untuk setiap hotel yang membutuhkan termasuk layanan ambulance di udara hingga persiapan rujukan melalui pesawat komersial yang ditujukan kepada jaringan rumah sakit Siloam lainnya di wilayah Indonesia Timur," ungkap Hermas.

Siloam Hospitals Labuan Bajo merupakan satu satunya rumah sakit swasta di NTT yang memiliki fasilitas layanan Hyperbaric Oxygen Chamber Therapy (HBOCT). Selain ditujukan untuk penanganan penyakit dekompresi yang kerap dialami oleh para penyelam laut dalam, Hyperbaric Oxygen turut dimanfaatkan untuk mengobati berbagai indikasi klinis.

Di antaranya bisa digunakan untuk penyembuhan luka tubuh seperti luka bakar dan luka terkait penyakit diabetes melitus serta pencangkokan kulit.

"Terapi ini sudah pernah kita lakukan di 2019 untuk 2 pasien dan hasilnya bagus. Untuk case akibat kecelakaan diving pada tahun 2019 kita sudah menangani hampir kurang lebih 40 pasien. Semunya berhasil tertangani dengan baik," jelas Hermas.

Tahun 2020 di mana pandemic covid 19 ini mulai, pelayanan hyperbaric hanya diperuntukan untuk emergency case saja, dengan pertimbangan menjaga penyebaran dan penularan Covid-19 agar tidak menularkan pasien yang akan di hyperbaric. Karena terapi hyperbaric ini dilakukan dalam ruangan tertutup dan perputaran udara yang terbatas tidak ada akses dengan udara luar.

 

Saksikan Video Pilihan Ini

2 dari 2 halaman

Layanan Selama Pandemi

Layanan WIsata Kesehatan Siloam Labuan Bajo

Selain peningkatan layanan wisata kesehatan, fokus penanganan dalam pandemi Covid-19 pun tetap disiagakan pihak Siloam Hospitals Labuan Bajo melalui layanan screening untuk para pelaku perjalanan, yaitu test antibody, test antigen, ID Now termasuk SWAB PCR.

Kasus terkonfirmasi reactif semakin meningkat di Labuan Bajo. Mulai dari pintu masuk pasien hingga pasien pulang ditetapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan/penyebaran dari Covid 19 ini.

"Pun setiap karyawan kita lakukan screening dengan selektif sesuai protokol yang dikeluarkan oleh Siloam Hospitals Group, dan juga pembekalan update tentang Covid-19 yang kita selalu remind secara berkala," kata Hermas.

Hermas menambahkan peningkatan jumlah fasilitas kasur (bed) bagi pasien rawat inap pun turut ditingkatkan sebanyak 26 bed. Sebelumnya kapasitas tempat tidur berjumlah 100 bed. Selain itu pihak manajemen turut menambahkan jalur sirkulasi udara disejumlah area agar layanan bertambah nyaman dan aman.

Adapun bagi layanan pasien Covid-19, Manajemen Siloam Hospitals Labuan Bajo pun telah menyediakan area khusus bagi layanan pasien terpapar Corona termasuk ruang khusus untuk isolasi.

Berikut ini adalah fasilitas yang menjadi layanan di Siloam Labuan Bajo :

Layanan Emergency 24 jamHyperbaric ChamberHaemodialisis ( cuci darahOperasi Phaco ( operasi mata tanpa sayatan)

Dokter Spesialisasi yang sudah bergabung dengan Siloam: Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Bedah Umum, Spesialis Anak, Spesialis Saraf, Spesialis Obgyn, Spesialis Kulit dan kelamin, Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh darah, Spesialis Penyakit Mata, spesialis ortopedi (tulang), Spesialis THT, Spesialis Radiology, Spesialis Anaestesi, Spesialis Patologi Klinik.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya