Erick Thohir: Pandemi Covid-19 Tak Segera Selesai, Ekonomi Sulit Tumbuh hingga 2022

Menteri BUMN Erick Thohir mengingatkan perusahaan pelat merah untuk mengubah model bisnis selama pandemi Covid-19.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 16 Des 2020, 11:59 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat bersama DPR di Ruang Pansus B Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Rapat membahas antisipasi skema penyelamatan perbankan akibat COVID-19 ini juga diikuti Gubernur BI, Pimpinan BIN, hingga Pimpinan KPK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus mengusung program Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, Indonesia Tumbuh. Program tersebut dijalankan untuk menangani pandemi Covid-19 dan mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Namun, penyelesaian pandemi Covid-19 dinilainya masih menjadi kunci utama. Jika wabah pandemi tak dapat dituntaskan, Erick Thohir memprediksi ekonomi tidak akan tumbuh hingga kuartal II 2022.

"Kalau kita tidak selesaikan covid-19, tidak mungkin kita akan tumbuh di kuartal II 2022. Karena itu kita harus bergotong royong menyelesaikan covid-19, tetapi juga transformasi di dunia usaha tetap berjalan dengan baik," imbuhnya dalam Indonesia Digital Conference 2020, Rabu (16/12/2020).

Menurut dia, BUMN telah menjalani masa yang sangat berat selama pandemi Corona Covid-19. Sebanyak 90 persen di antaranya telah terdampak wabah krisis, dimana hanya Telkom dan bank Himbara saja yang mampu bertahan.

"Oleh karena itu, kita me-review strategi besar kita, yaitu sampai 2021 kita ini survival. Kita jaga, kita lindungi BUMN strategis dari dampak Covid-19," kata Erick Thohir.

Ke depannya, Kementerian BUMN pun akan terus melakukan restrukturisasi dan realignment. Dimana instansi harus terus memperbaiki portfolio dengan restrukturisasi korporasi, konsolidasi, serta melakukan simplifikasi usaha dan pelayanan.

"Jangan ribet-ribet. Tapi ini justru yang buat kita sustain, langsing, supaya kita bisa lari dengan cepat," sambung Erick Thohir.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Ubah Model Bisnis

Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat bersama DPR di Ruang Pansus B Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Rapat tertutup tersebut membahas antisipasi skema penyelamatan perbankan akibat COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tak kalah pentingnya, ia pun mengingatkan perusahaan pelat merah untuk mengubah model bisnis selama pandemi Covid-19. Erick Thohir menekankan kepada seluruh direksi BUMN untuk mempelajari inovasi model bisnis baru.

"Lalu 2024 kita harapkan transformasi sudah terjadi, inovasi terjadi, kita juga membuat ekosistem yg baik dengan semua," jelas Erick Thohir.

"Karena kita tak mau BUMN jadi menara gading. Kita harus kerja sama dengan UMKM, swasta, pemerintah daerah, masyarakat. Ini yang kita harapkan dapat bangun ekosistem yang bisa kita jaga," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya