Liga Inggris: MU Kepedean, Kelemahan Setan Merah Makin Terungkap

MU selalu bertekad dukung Solskjaer dan ide-idenya untuk membawa klub tampil lebih bagus di Liga Inggris. Tapi, itu tidak diterjemahkan ke dalam lapangan

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 07 Nov 2020, 07:00 WIB
Bek Manchester United (MU) Alex Telles (kiri). (foto: Instagram @alextelles13)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) menelan kekalahan pertama di Liga Champions 2020-2021. Setan Merah secara mengejutkan takluk 1-2 ketika dijamu klub Turki, Istanbul Basaksehir pada Kamis (5/11/2020) dinihari WIB.

Bagi MU ini adalah kekalahan keempat mereka musim ini. Hasil ini sontak membuat tekanan pada sang manajer Ole Gunnar Solskjaer terus meningkat.

"Saya menolak untuk komentari rumor pemecatan. Tentu, ini masih terlalu cepat untuk diungkap," ujar Solskjaer soal posisi di MU seperti dikutip Manchestereveningnews.

Menjelang perjalanan ke Istanbul, Harry Maguire berbicara dengan keyakinan dalam menjelaskan bagaimana masalah pertahanan yang mengganggu awal musim MU sekarang menjadi sejarah.

Sama seperti klaim Donald Trump bahwa dia telah memenangkan pemilu AS, kepercayaan Maguire terbukti salah dan kebenaran terungkap lebih dari 24 jam kemudian.

Ironisnya lagi, Kapten MU tersebut terlibat dalam pertunjukan horor pertahanan timnya. Ini mungkin tidak seburuk kekalahan 1-6 dari Tottenham. Tapi, cara kebobolan tidak mencerminkan pertahanan MU dengan baik.

Simak Video Menarik Berikut Ini

2 dari 5 halaman

Kesalahan Ringan

Striker Manchester United (MU) Edinson Cavani menyundul bola dalam laga kontra Chelsea pada pekan keenam Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (24/10/2020). (Michael Regan/Pool via AP)

Legenda MU Paul Scholes bahkan menggambarkan pertahanan Setan Merah untuk gol pertama Istanbul Basaksehir sebagai sepak bola U-10. Lini belakang mereka sedikit lebih baik untuk gol kedua.

Ini adalah kesalahan ringan yang justru merugikan MU dan terlalu sering terjadi. Tendangan bebas cepat yang dicetak Tottenham adalah salah satu contohnya.

3 dari 5 halaman

Bukan Hal Baru

Striker Manchester United (MU) Marcus Rashford dan rekannya, Fred, merayakan golnya ke gawang RB Leipzig pada penyisihan Grup H Liga Champions di Old Trafford, Kamis (29/10/2020) dini hari WIB. (AP Foto / Dave Thompson)

Seperti halnya kegagalan mempertahankan lini pertahanan ketika terjadi tendangan sudut di Stadion Fatih Terim. Hanya beberapa detik kemudian Demba Ba memiliki ruang dan tinggal berhadap-hadapan dengan kiper MU.

Masalah pertahanan bukanlah hal baru bagi MU, tapi tak segera untuk diselesaikan. Jadi sesungguhnya penandatanganan Maguire belum menyelesaikan masalah struktural yang lebih besar.

4 dari 5 halaman

Waktu Perbaikan

Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer. (Liputan6.com/Abdillah)

Apakah Solskjaer mendapat waktu untuk memperbaiki masalah ini akan bergantung pada beberapa hasil berikutnya. Perjalanan ke Goodison untuk menghadapi Everton akhir pekan ini terasa seperti pertandingan besar.

MU selalu bertekad untuk mendukung Solskjaer dan ide-idenya untuk membawa klub ini tampil lebih bagus. Tapi, itu tidak diterjemahkan ke dalam lapangan saat ini.

5 dari 5 halaman

Butuh Bantuan

Gelandang Manchester United (MU) Paul Pogba coba diadang pemain Arsenal Thomas Partey dalam laga Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (1/11/2020). (Shaun Botterill / Pool via AP )

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya