Jakarta Fashion Week 2021 Digelar dengan Format Baru, Apa yang Berbeda?

Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 juga memperkenalkan ikon baru yang terpilih lewat ajang The Search for Jakarta Fashion Week 2021 Icons.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 19 Nov 2020, 16:38 WIB
Maria Karina dan Rizal Rama sebagai Jakarta Fashion Week 2021 Icons. (dok. Jakarta Fashion Week)

Liputan6.com, Jakarta - Mengikuti langkah sejumlah penyelenggara pekan mode dunia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 tetap digelar di tengah pandemi. Sejumlah adaptasi dilakukan agar penyelenggaraan bisa berlangsung sesuai prosedur kesehatan.

JFW 2021 dijadwalkan berlangsung pada 26--29 November 2020, lebih singkat dari biasa. Format baru diterapkan dalam ajang mode yang tahun ini menginjak ke-13 kalinya.

"Pandemi COVID-19 turut mengubah tatanan dunia fashion. Berbagai penyesuaian pun dilakukan, termasuk memanfaatkan platform digital. Masyarakat dapat menikmati rangkaian acara Jakarta Fashion Week 2021 melalui kanal yang kami miliki serta kanal dari para partner yang bekerja sama dengan kami," ungkap Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Para pencinta fesyen bisa menyaksikan pagelaran busana, cerita di balik panggung, dan beragam konten lainnya dari Jakarta Fashion Week 2021 secara live stream di microsite JFW.TV dan kanal resmi Jakarta Fashion Week lainnya. Lenny menambahkan JFW tahun ini tetap berkonsep runway show tetapi direkam terlebih dulu sebelum disiarkan.

Puluhan desainer dan label ternama Indonesia terlibat dalam pagelaran fesyen era baru yang berlangsung di Senayan City. Termasuk di antara mereka adalah desainer dan label Indonesia Fashion Forward, Dewi Fashion Knights, hingga para desainer muda lewat Lomba Perancang Aksesori 2020 dan Lomba Perancang Mode Menswear 2020.

"Akan ada sekitar 100 desainer yang terlibat dalam JFW 2021. Untuk desainer yang terlibat, akan segera diinfokan lebih lanjut karena saat ini masih tahap scheduling," sambung Lenni.

Panitia memastikan desainer yang terlibat tidak hanya dari dalam negeri. Berpartner dengan beragam pusat kebudayaan dari sejumlah negara sahabat, para desainer mitra akan tampil dengan format live streaming pada JFW 2021.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Ikon JFW 2021

Maria Karina dan Rizal Rama sebagai Jakarta Fashion Week 2021 Icons. (dok. Jakarta Fashion Week)

Dalam kesempatan tersebut, Jakarta Fashion Week memperkenalkan pula Maria Karina dan Rizal Rama sebagai Jakarta Fashion Week 2021 Icons. Kedua model asal Surabaya itu menyisihkan 10 finalis lainnya di ajang The Search for Jakarta Fashion Week 2021 Icons.

Maria merupakan model kelahiran 16 Juni 2004 yang kini masih duduk di bangku SMA di Surabaya. Ia lolos sebagai salah satu finalis dari ajang pemilihan JFW Icon di Surabaya. Sementara, Rizal Rama merupakan model kelahiran 4 Desember 2004 yang lolos seleksi regional Jakarta.

"JFW 2021 Icons menjadi model dari kampanye Jakarta Fashion Week 2021, dan tentu saja meramaikan runway Jakarta Fashion Week 2021," kata Lenni.

Ia mengatakan semua show bisa diakses publik secara gratis. "JFW tidak pernah berbayar, jadi tahun ini pun tidak akan ada tiket whatsoever," imbuh dia.

Infografis Hindari Penularan Covid-19, Ayo Jaga Jarak! (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya