Yakin Ingin Beli Rumah Saat Pandemi? Simak Lebih Dulu Tips Berikut

Saat kondisi pandemi Covid-19 seperti ini sebenarnya saat yang tidak cocok untuk membeli rumah.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Okt 2020, 06:00 WIB
Ilustrasi rumah.

Liputan6.com, Jakarta Membeli dan memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Namun perlu Anda ketahui bahwa membeli rumah adalah sebuah proses yang panjang dan bisa membuat stres, terutama saat pandemi Covid-19.

Begitu pandemi Covid-19 melanda banyak orang yang menginjak rem untuk tidak boros terutama untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar yang lebih berisiko. Membeli rumah di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi secara global bisa menjadi prospek yang menakutkan.

Mengutip dari CNBC, Kamis (29/9/2020) berikut beberapa tips yang harus Anda ketahui sebelum membeli sebuah rumah impian:

1. Teliti dulu kondisi lingkungan yang prospektif

Membeli rumah adalah salah satu pembelian terbesar yang akan Anda lakukan dalam hidup sehingga penting untuk menyetel parameter sendiri.

Teliti berbagai kota dan lingkungan sekitarnya, bandingkan harga dan putuskan apa yang menurut Anda nyaman untuk tinggal di sana. 

 

 

Saksikan video di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Tips selanjutnya

ilustrasi membeli rumah untuk tabungan masa depan/pexels

2. Temukan agen real estat yang Anda percayai

Jangan takut untuk putus dengan agen Anda jika merasa tidak cocok dan mulailah dari awal. Saat mencari rumah dikondisi Covid-19 seperti ini banyak pemilik rumah yang tidak mengizinkan Anda dan agen untuk masuk bersama sehingga carilah jalan tengahnya.

Menemukan seseorang yang akan Anda ajak berkomunikasi dalam jangka panjang dan memahami keinginan sangatlah penting untuk sekarang.

3. Cari pinjaman yang tepat

Anda dapat bekerja sama dengan petugas pinjaman dan akan sering sekali menghubungi mereka dalam situasi yang sensitif.

Saat membuat penawaran rumah, harus mendapatkan persetujuan awal untuk meminjam dalam jumlah tertentu.

Mendapatkan penawaran secepat mungkin sangatlah penting. Mengunci suku bunga juga salah satu kuncinya agar tidak melewati batas kemampuan Anda.

4. Ikuti peninjauan rumah

Mencari seseorang yang secara legal dapat membawa Anda bersama mereka ketika memeriksa rumah yang akan dibeli.

Hal ini menjadi penting karena Anda ingin memastikan bahwa dapat berjalan melewati rumah dan menunjukkan kekhawatiran yang dimiliki sepanjang jalan.

5. Bersiaplah untuk perang penawaran dan bersiaplah ditolak

Setiap orang tentunya akan melihat banyak ruamh dan menawar harga yang terlalu mahal. Pada proses awalnya penjual akan menerima tawaran dan Anda akan menjadwalkan pemerikasaan untuk hari berikutnya.

Namun ketika pembeli lain datang dengan penawaran tunai kepada agen penjual rumah Anda maka harus siap perang untuk melakukan penawaran habis-habisan dengan mereka.

Reporter: Tasya Stevany

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya