Satgas: 70 Persen Kasus Covid-19 di Jabar Berasal dari 5 Daerah Penyangga DKI

Kendati, secara umum tidak ada kabupaten/kota di Jawa Barat yang masuk zona hijau atau aman dari penularan virus corona Covid-19.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 17 Sep 2020, 19:28 WIB
Antrean calon penumpang KRL Commuterline di area pedestrian Stasiun Terpadu Tanah Abang, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Guna menekan penyebaran Covid-19, aparat terkait terus menghimbau pentingnya menaati protokol kesehatan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, 70 persen kasus positif virus corona di Jawa Barat berasal dari 5 kabupaten/kota penyangga DKI Jakarta. Kelimanya yakni, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok.

"Penyumbang kasus tertinggi di Jabar sebesar 70 persen. Lima daerah ini adalah daerah penyangga dari DKI Jakarta yang berasal dari Jawa Barat," kata Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (17/9/2020).

Kendati, secara umum tidak ada kabupaten/kota di Jawa Barat yang masuk zona hijau atau aman dari penularan virus corona. Dari data Satgas, kasus positif Covid-19 di Jawa Barat naik 9,3 persen selama sepekan terakhir.

Untuk itu, Wiku meminta agar pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota menekan kasus positif Covid-19 di Jawa Barat. Khususnya, daerah penyangga ibu kota yang warganya memiliki mobilitas tinggi keluar masuk DKI Jakarta.

"Ini perlu menjadi perhatian agar betul-betul kondisi terutama daerah yang menempel di DKI Jakarta dapat diturunkan kasusnya agar memperbaiki kinerja Provinsi Jawa Barat," ujar Wiku.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Tangani Covid-19 di 9 Provinsi Prioritas

Presiden Jokowi mengingatkan para kepala daerah fokus mengendalikan COVID-19 dan mengampanyekan penerapan protokol kesehatan saat ratas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/9/2020). (Kementerian Sekretariat Negara)

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menugaskan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menangani Covid-19 di 9 provinsi prioritas.

Adapun 9 provinsi itu antara lain, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, dan Bali.

Jokowi meminta Luhut menurunkan kasus harian Covid-19, meningkatkan angka kesembuhan, dan menurunkan angka kematian Covid-19 di 9 provinsi tersebut. Bersama Kepala BNPB Doni Monardo, Luhut diberi waktu 2 minggu untuk menanganinya.

Wiku mengatakan ada sejumlah pertimbangan yang mendasari pemilihan 9 provinsi prioritas. Pertama, karena 9 provinsi tersebut memiliki jumlah kasus aktif yang cukup tinggi.

Kedua, laju insidensi atau kecepatan penambahan kasus Covid-19. Pertimbangan ketiga yakni, persentase kematian akibat Covid-19.

"Keempat adalah laju kematian dan terakhir karena karakteristik wilayahnya," ucap wiku.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya