Begini Mekanisme Subsidi Pulsa Pelajar dari Kemendikbud

Mekanisme pemberiannya adalah dengan mengirimkan pulsa ke nomor peserta didik yang telah didata pihak sekolah.

oleh Yopi Makdori diperbarui 29 Agu 2020, 05:51 WIB
Para siswa belajar online di Tenda Wifi gratis di taman warga RT 013, Jakarta Timur, Rabu (12/8/2020). Tenda belajar tersebut menyediakan fasilitas wifi gratis bagi anak-anak sekolah yang terkendala dengan mahalnya kuota internet. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Dirjen Paud Dikdasmen Kemendikbud Jumeri menjelaskan soal pemberian subsidi pulsa untuk pelajar. Menurutnya, subsidi pulsa ini akan diberikan kepada setiap peserta didik.

"Setiap peserta didik akan diberi Rp 35 ribu atau setara dengan 35 giga data setiap bulan," ucap Jumeri melalui diskusi daring, Jumat (28/8/2020).

Mekanisme subsidi pulsa adalah dengan mengirimkan pulsa ke nomor peserta didik yang telah didata pihak sekolah.

"Setiap peserta didik yang mempunyai nomor HP didata oleh sekolah, ini sekolah sudah mempunyai daftarnya tinggal memasukan. Karena setiap wali kelas itu punya grup WA peserta didiknya," ungkap Jumeri.

Kemudian nomor tersebut dimasukkan ke Data Pokok Pendidikan atau Dapodik. Satu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) hanya diperkenankan menginput satu nomor handphone.

"Nah itu kepala sekolahnya menandatangani pakta integritas bahwa data yang dimasukkan itu benar adanya," jelas Jumeri.

Kemudian baru diunggah ke Dapodik. Lalu dari Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), Kemendikbud akan menyortir nomor-nomor tersebut sesuai dengan operator selulernya.

"Nanti dari setiap peserta didik yang nomornya di Dapodik ini, nomornya akan diambil sesuai dengan operator (dan) disetorkan ke operator untuk diisi pulsa operator," jelas Jumeri.

Dikatakan Jumeri, pihaknya menargetkan bahwa hingga awal September nanti seluruh subsidi pulsa kepada siswa sudah dikirim. Sementara bagi peserta didik yang belum memiliki gawai dan nomor handphone, maka bisa diisi pada tahap berikutnya.

"Tidak usah khawatir, tidak akan ada yang ditinggal. Mungkin sekarang tidak punya gawai karena berpikir pulsanya, kan begitu ada subsidi pulsa orang akan berubah saya berikan HP karena pulsanya sudah diberi negara," ucapnya.

Jumeri juga menjelaskan bahwa tak menutup adanya perubahan nomor.

2 dari 2 halaman

Pengawasan

 

Untuk pengawasannya, kata Jumeri, pihaknya akan terus memonitor perkembangan subsidi pulsa tersebut. Bahkan jika ada keluhan dari masyarakat soal koneksi internet pada suatu operator ternyata tidak stabil, maka pihaknya akan menegur operator bersangkutan.

"Kalau sampai lemot, atau lambat dalam akses internet, kita akan komplain pada provider itu bahwa ternyata akses internet yang disediakan tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Nah ini kita akan terus awasi," tegasnya.

Selain itu Jumeri menerangkan, jumlah pulsa Rp 35 ribu bisa mendapatkan 35 gigabyte berkat tawar menawar dengan pihak operator.

"Kemampuan negara hanya 30, kita udah nawar itu. Mestinya kan per giga itu 5 ribu sampai 7 ribu. Ditawar cuman harga seribu, jadi 35 giga sebulan," pungkasnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya