Layanan Streaming Gim Microsoft Project xCloud Siap Meluncur Tahun Ini

Microsoft akhirnya mengumumkan peluncuran layanan streaming gim miliknya, Project xCloud, dilakukan beberapa bulan ke depan.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 18 Jul 2020, 10:00 WIB
Project xCloud bakal diumumkan Microsoft pada 2020. (Doc: Slashgear)

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft akhirnya mengumumkan peluncuran layanan streaming gim miliknya yang diberi nama Project xCloud. Menurut rencana, layanan ini akan mulai diluncurkan pada September 2020.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (18/7/2020), layanan ini memungkinkan pelanggan memainkan gim dari beberapa perangkat sekaligus, tapi tetap saling terhubung.

Jadi, pelanggan dapat memainkan satu judul gim di konsol, lalu melanjutkan permainannya di lain waktu menggunakan perangkat mobile.

Nantinya, layanan ini hadir sebagai bagian dari Xbox Game Pass Ultimate dengan biaya langganan USD 15 (sekitar Rp221 ribu) per bulan. Karenanya, Project xCloud tidak hadir sebagai platform terpisah, melainkan disertakan bersama Xbox Game Pass dan Xbox Live juga.

Microsoft menjanjikan ada lebih dari 100 judul Xbox Game Pass yang nantinya akan tersedia saat layanan ini meluncur. Sayang, perusahaan belum mengungkap daftar negara yang akan kedatangan Project xCloud ini pertama kalinya.

Meskipun layanan ini hanya tersedia melalui paket Xbox Games Pass Ultimate saat meluncur nanti, perusahaan tetap membuka kesempatan agar layanan ini dapat diakses melalui sistem berlangganan lain.

"Seiring berjalannya waktu, kami terus akan memperluas layanan streaming ini sebagai bagian dari platfrom, dan pelanggan dapat memainkan gim yang tidak termasuk dalam paket berlangganan," tutur Chief Xbox Microsoft, Phil Spencer.

Untuk sekarang, Microsoft juga belum mengungkap standar perangkat mobile yang mendukung Project xCloud. Namun perusahaan diketahui sudah melakukan uji coba untuk iOS sejak awal tahun ini.

2 dari 3 halaman

Microsoft Akan Ungkap Deretan Gim Baru untuk Xbox Series X, Kapan?

Xbox Series X. (Doc: Microsoft)

Terlepas dari pengumuman ini, Microsoft juga disebut akan menggelar acara untuk mengumumkan deretan gim yang akan hadir di Xbox Series X. 

Dikutip dari The Verge, Rabu (8/7/2020), Microsoft akan mengadakan acara live streaming Xbox Series X pada 23 Juli pukul 9 pagi waktu setempat atau 23.00 WIB.

Beberapa pihak meyakini, acara ini akan memperlihatkan sejumlah gim yang dibuat oleh Xbox Games Studios, termsauk gim Halo Infinite.

Tak hanya mengumumkan Halo Infinite, acara ini juga akan mempertunjukan judul gim hasil karya dari studio yang sudah diakuisisi perusahaan.

Hingga kini, Microsoft sudah memiliki total 15 Xbox Game Studios. Karena itu, akan cukup menarik untuk melihat gim apa saja yang sedang dan telah dikerjakan ke-15 studio gim untuk konsol Xbox Series X.

3 dari 3 halaman

Seri Baru Fable?

Fable Legends batal rilis (Gamerant)

Lebih lanjut, baru-baru ini Microsoft membuat akun Twitter untuk salah satu judul gim paling ikonik mereka, yaitu Fable.

Karena itu, banyak gamer setia Xbox yang menduga dan bertanya-tanya tentang kemungkinan Microsoft akan menghidupkan kembali Fable dan mengumumkannya pada acara Xbox nanti.

Kabar kehadiran kembali Fable diperkuat dengan laporan yang menyebutkan, Microsoft baru saja memperluas trademark Fable mereka ke charger USB, speaker portableheadphone, dan lainnya.

Berdasarkan ini, bukan hal yang tak mungkin Microsoft akan menjual aksesoris untuk perangkat PC/laptop itu bersamaan dengan peluncuran gim Fable.

(Dam/Why)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya