China Beri Respons Tegas Terkait Tawaran Menggiurkan Negara Barat ke Warga Hong Kong

Setelah disahkannya UU keamanan nasional oleh Beijing, banyak negara barat kini memberikan berbagai tawaran menggiurkan bagi masyarakat Hong Kong seperti kewarganegaraan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 03 Jul 2020, 16:31 WIB
Dalam lawatannya ke Indonesia pada 2-3 Oktober 2013, Presiden Xi Jinping mengusulkan konsep Jalur Sutra Maritim Abad ke-21 atau 21st Century Maritime Silk Road

Liputan6.com, Beijing - Negara-negara Barat kini sedang bergerak untuk menawarkan perlindungan bagi jutaan warga Hong Kong setelah Beijing mengeluarkan undang-undang keamanan yang dirancang untuk mencegah aksi protes masyarakat.

Mengutip Channel News Asia, Jumat (3/7/2020), Inggris memimpin sekutu dalam menawarkan hampir setengah dari 7,5 juta penduduk kota jalur potensial untuk mendapatkan status kewarganegaraan Inggris. Ditambah lagi, terdapat indikasi kuat bahwa Australia, Kanada, Selandia Baru dan Amerika Serikat juga dapat menawarkan beberapa bentuk suaka.

Dalam tantangan langsung ke China, anggota yang disebut aliansi Five Eyes telah membingkai tindakan itu sebagai keharusan moral sebagai upaya untuk membantu warga Hong Kong lolos dari cengkeraman hukum. 

Berbicara di parlemen, sekretaris luar negeri Dominic Raab mengatakan Inggris memiliki tugas untuk merawat penduduk koloni yang diserahkannya kembali ke China pada tahun 1997.

Dia mengatakan negara itu akan mengizinkan siapa pun dengan status British National (Overseas) (BNO) - dan tanggungan mereka - untuk datang ke Inggris dan akhirnya menerima kewarganegaraan. Ketentuan tersebut diperkirakan akan berlaku bagi lebih dari 3 juta penduduk Hong Kong.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Tawaran dari Negara Barat

Para pengunjuk rasa yang menentang Undang-Undang Keamanan Nasional berbaris pada hari peringatan penyerahan Hong Kong ke China dari Inggris di Hong Kong, Rabu (1/7/2020). Unjuk rasa berlangsung sehari setelah pemberlakuan Undang-Undang Keamanan Nasional. (AP Photo/Vincent Yu)

Di AS, sekelompok senator lintas partai terkemuka minggu ini mengusulkan undang-undang yang memberi sejumlah besar pengunjuk rasa di Hong Kong mendapat jalur cepat ke status pengungsi.

Australia memberi isyarat kuat bahwa tawaran tempat berlindung yang aman akan dibuat dalam beberapa hari mendatang sementara Kanada diam-diam muncul dalam beberapa bulan terakhir sebagai tempat perlindungan potensial dengan setidaknya 50 warga Hong Kong mengajukan permohonan suaka di sana. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya