Cerita Prabowo hingga Ahok saat Mengenang Didi Kempot

Julukan The Godfather of Broken Heart kini melekat pada sosok Didi Kempot. Lantaran lirik-lirik yang dibawakannya kerap bertema perjuangan cinta.

oleh Maria Flora diperbarui 06 Mei 2020, 20:29 WIB
Berkat acara Gofar Hilman, Didi Kempot tenar di kalangan milenial. (Sumber: Instagram/@pergijauh)

Liputan6.com, Jakarta Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jatisari, Ngawi, Jawa Timur, menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi sang maestro campur sari Didi Kempot. Tak bisa dipungkiri, kepergiannya telah menyisakan duka mendalam bagi mereka yang mencintai karya-karyanya.

Khususnya para sobat ambyar di Tanah Air yang terus mengikuti jejak kesuksesan Didi Kempot saat masih mencoba mengadu nasib sebagai musisi jalanan di Jakarta.

Hingga pada satu titik karier bermusik pria kelahiran Surakarta, 31 Desember 1966 silam itu terus meroket dan mendapat tempat di hati para penggemarnya.

Bahkan julukan The Godfather of Broken Heart pun kini melekat pada sosok Didi Kempot. Lantaran lirik-lirik yang dibawakannya kerap bertema perjuangan cinta. Yang mungkin oleh sebagian orang cukup mewakili banyak hati yang memang sedang patah hati.

Selain digandrungi kalangan pemuda, tak sedikit para tokoh negeri ini yang ikut mencintai lagu-lagu Didi Kempot. Bahkan mengaku punya kenangan tersendiri saat mendengarkan tembang berbahasa Jawa tersebut atau dengan yang empunya lagu.

Berikut cerita sejumlah tokoh dan pejabat negeri ini saat mengenang almarhum Didi Kempot:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

Prabowo Senang Menyanyikan Lagu Didi Kempot

Penampilan penyanyi campursari Didi Kempot dalam Shopee 12.12 Birthday Sale di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (12/12/2019). Pria yang dijuluki The Godfather of Broken Heart tersebut membawakan lagu Pamer Bojo, Sewu Kutho, Bayu Langit, dan lain-lain. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku ikut kehilangan atas meninggalnya penyanyi campursari Didi Kempot yang telah berpulang pada Selasa pagi, 5 Mei 2020.

Hal ini terlihat dari video yang diberikan Staf Khusus Menhan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Prabowo terlihat sedang memegang secarik kertas yang kemungkinan berisikan lirik dan menembangkan lagu Sewu Kuto milik almarhum Didi Kempot.

"Ini video tahun lalu, 2018 akhir," kata Dahnil saat dikonfirmasi, Selasa.

Menurut dia, Prabowo penikmat lagu apa saja. Termasuk tembang milik Didi Kempot. Prabowo senang menyanyikan lagu Didi Kempot saat diperjalanan, yang menurutnya karya almarhum akan dikenang sepanjang masa.

"Beliau yakin karya-karya Didi Kempot akan dikenang sepanjang masa, husnul khotimah Mas Didi. Selamat Jalan," tutupnya.

 

3 dari 5 halaman

Dirut PT KAI Ngamen Bareng

Penyanyi Didi Kempot bersama Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro bernyanyi bersama di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (9/3). Bertepatan dengan Hari Musik Nasional, PT KAI menunjuk Didi Kempot sebagai Duta Kereta Api. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Bersahaja, merakyat dan ramah. Itulah yang diungkap Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro akan sosok musisi yang dijuluki The Godfather of Broken Heart ini.

Dengan dasar itu, Edi Sukmoro pernah menjadikan Didi Kempot sebagai Duta Kereta Api di 2017. Seperti diketahui, Didi Kempot pernah menyanyikan lagu Stasiun Balapan.

Saat Didi didapuk PT KAI menjadi duta kereta api, Edi mengaku memiliki kenangan tesendiri.

"Beliau pakai seragam R6 KAI lalu beliau masuk ke kereta api, wahhhh rame, disambut penumpang, semua level, mereka nampaknya sudah kagum sejak lama. Beliau sangat cinta dengan kereta api," terang dia.

Kala itu, dirinya turut bernyanyi bersama Sang Maestro. Tidak hanya itu, Didi Kempot juga sempat merasakan jadi petugas boarding kereta api di Stasiun Gambir.

Berbeda dengan gayanya saat manggung, yang sering menggunakan beskap dan jarik, saat itu Didi Kempot menggunakan seragam pegawai KAI dengan label nama tertulis 'DIDI'.

4 dari 5 halaman

Kejutan Didi Kempot untuk Ahok

Kenangan Ahok dapat kejutan dari Didi Kempot saat Pilkada 2012. (Instagram @basukibtp)

Lain lagi kenangan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaha Purnama atau Ahok.

Ahok mengenang masa-masa saat maju Pemilihan Gubernur DKI 2012 lalu bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ada kejutan berkesan yang diberikan Didi Kempot kepadanya.

"Saya ingat sewaktu kampanye Pilkada DKI Jakarta tahun 2012, Mas Didi membuat boneka Pak Jokowi dan saya yang disebutnya sebagai kejutan bagi kami karena lolos ke putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2012," jelas Komisaris Utama PT Pertamina itu. 

5 dari 5 halaman

Emi Dardak Jadi Pengiring Didi Kempot

Didi Kempot meninggal dunia. (Sumber: Instagram.com/ didikempot_official)

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak menuturkan, dirinya sempat diskusi dengan penyanyi Didi Kempot pada tiga hari lalu.

Dia sempat membicarakan mengenai rencana membuat konser yaitu konser online ojo mudik untuk menghibur masyarakat yang belum bisa mudik karena situasi COVID-19.

Atas kepergiannya Emil panjatkan doa agar keluarga Didi Kempot diberikan ketabahan.

Emil juga menunggah video singkat ketika tampil bersama penyanyi yang terkenal dengan lagu patah hatinya ini di atas panggung. Ketika itu, dia bermain keyboard dan mengiringi lagu yang dinyanyikan Didi Kempot.

"Kami akan sangat kehilangan, karena karya beliau sangat berkesan di hati masyarakat. Beberapa bulan lalu saya berkesempatan mengiringi beliau di konser bertempat di Dyandra Surabaya," tulis Emil dalam akun instagram resminya @emildardak, Selasa, 5 Mei 2020.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya