Gerindra: Prabowo Minta Riza Patria Bisa Sejalan dengan Anies Baswedan

Ahmad Riza Patria terpilih sebagai wakil gubernur DKI menggantikan Sandiaga Uno.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Apr 2020, 14:25 WIB
Ahmad Riza Patria (baju putih) terpilih menjadi Wagub DKI Jakarta. (Foto dari Humas DPRD DKI)

Liputan6.com, Jakarta - Ahmad Riza Patria terpilih sebagai wakil gubernur DKI menggantikan Sandiaga Uno. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meminta Riza Patria mampu membantu dan bekerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Pandangan Pak Prabowo bahwa Riza harus bisa sejalan dengan gubernur. Membantu menguatkan gubernur dalam menangani program-program," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada Merdeka.com, Selasa (7/4/2020).

Secara khusus, Riza Patria harus membantu Anies dalam upaya penanganan virus Corona atau Covid-19 di Jakarta. Mengingat penduduk DKI Jakarta paling banyak terpapar dan jadi korban.

"Khususnya dalam waktu dekat ini adalah bagaimana melakukan penataan baik birokrasi maupun relokasi anggaran untuk melawan Covid-19 di Jakarta yang paling banyak yang terpapar," tegas Dasco.

Dasco pun memberikan penjelasan soal 'jatah kursi wagub untuk PKS'. Menurut dia, Gerindra sudah menjalankan komitmen itu sejak awal dengan memberikan kesempatan kepada PKS untuk mengusulkan pengganti Sandiaga Uno.

"Ini persepsi yang salah. Bahwa waktu pertama itu PKS sudah mengeluarkan dua nama disetujui oleh Gerindra, ternyata tidak bisa berjalan. Lalu kemudian PKS ada mengusulkan dua nama lagi tapi kemudian ditarik. Itu Pak Adyaksa dan Nurmansjah Lubis,"

Hingga akhirnya, Gerindra mengusulkan empat nama untuk dipilih oleh PKS. Riza Patria, kata dia, merupakan calon yang dipilih oleh PKS.

"Gerindra memberi PKS empat nama, dipilihnya oleh PKS satu nama Riza Patria dan kadernya Nurmansjah Lubis. Sehingga kedua orang ini direkomendasi oleh PKS dan Gerindra secara bersama-sama dalam satu rekomendasi untuk maju wagub," urai dia.

"Proses Bamus panitia pemilihan, paripurna Pemilihan dan penetapan itu PKS juga ikut full team dan akhirnya terpilih Riza Patria yang direkomendasi oleh PKS dan Gerindra," tandasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Riza Patria Terpilih Jadi Wagub DKI Jakarta Gantikan Sandiaga Uno

Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis saat oemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta di DPRD DKI Jakarta. (Dok: DPRD DKI)

Riza Patria terpilih sebagai wakil gubernur DKI Jakarta usai memenangi voting para anggota DPRD DKI. Calon yang diusung Partai Gerindra ini mengantongi 81 suara.

Sedangkan saingannya, Nurmansyah Lubis yang diusung PKS mendapatkan 17 suara. Sisanya 2 suara dianggap tidak sah. Total suara yang perebutkan adalah 100 suara. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat kepada Ahmad Riza Patria yang terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. 

"Pemilihan penghitungan suara sudah selesai dan terpilih Bapak Ahmad Riza Patria, saya mengucapkan selamat dan insyaallah kita bisa kerja sama dengan baik. Saya berharap proses berikutnya bisa tuntas supaya mulai bekerja," ucap Anies seusai menghadiri pemilihan Wagub di DPRD, Senin (6/4/2020).

Anies menuturkan, setelah penetapan Wagub terpilih, nama Riza akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk diteruskan kepada Presiden Joko Widodo.

"Proses ini dilanjutkan dengan pengusulan kepada Presiden melalui Mendagri sesudah itu pelantikan," terangnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya