Jadi Pahlawan, Anjing Ini Selamatkan Domba dari Kebakaran Australia

Meski keselamatannya terancam, anjing ini tetap menyelamatkan domba-domba milik majikannya.

oleh Dyah Mulyaningtyas diperbarui 09 Jan 2020, 19:35 WIB
Anjing Selamatkan Domba dari Kebakaran (Sumber: metro.co.uk)

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran hutan Australia yang terjadi sejak September lalu berdampak terhadap berbagai sektor. Tidak hanya hutan yang habis dilalap si jago merah, kebakaran juga merembet ke permukiman penduduk. 

Kebakaran yang diperkirakan telah menewaskan sekitar setengah miliar satwa ini sangat sulit diatasi karena lahan yang terbakar sangat luas. Selain itu banyak warga yang kehilangan mata pencaharian karena banyak pertanian, gudang, hingga peternakan yang ikut terbakar.

Namun ada sebuah kisah heroik yang membangkitkan secercah harapan pada kebakaran ini. Kisah ini datang dari seekor anjing pekerja bernama Patsy yang berhasil menyelamatkan kawanan domba milik majikannya di lahan pertanian.

Pada saat itu pemilik Patsy yang bernama Cath Hill sedang disibukkan dengan memadamkan api dengan tangki air dan traktornya. Mengetahui hal itu, anjing jenis border collie ini langsung menyelamatkan domba-domba tersebut dari kebakaran.

2 dari 2 halaman

Menyelamatkan domba-domba saat majikannya memadamkan api

Meski keselamatannya terancam, anjing berusia 6 tahun ini tetap menyelamatkan domba-domba milik majikannya. Patsy menggiring domba-domba tersebut ke tempat teraman di pertanian ketika pemiliknya memadamkan api. Berkat Patsy dan pemiliknya, hampir semua domba berhasil diselamatkan.

Tak hanya itu persediaan jerami, gudang geser, dan rumah-rumah pertanian juga terselamatkan. Berkat aksinya, Cath Hill membagikan foto anjing pahlawan itu. Ia tengah duduk di lahan pertanian yang hangus bersama domba-domba yang telah diselamatkannya dengan latar belakang langit berselimut asap pekat.

Salah satu foto juga menunjukkan situasi saat Patsy melakukan penyelamatan dengan api semakin dekat di belakangnya seakan siap membakar sekelilingnya. Setelah aksi penyelamatan yang dilakukan oleh Patsy, Cath pergi untuk memberi ucapan selamat kepadanya atas pekerjaan yang dilakukannya dengan baik. Cath juga merekam Patsy yang sedang duduk di ladang yang terbakar.

"Hai Patsy, apakah kamu bisa mendengar domba-domba itu? Itu semua pekerjaanmu, bagus sekali. Kamu juara kecil, gadis yang baik". ucap Cath Hill seperti dikutip Liputan6.com dari Metro, Kamis (8/1/2020).

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya