Gandeng Beery Saint Loco, Drive Ajak Rakyat Bersatu Usai Pilpres

Melalui lagu Lintas Cahaya, Drive berharap agar masyarakat yang sempat terpecah belah bisa bersatu kembali.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 25 Mei 2019, 10:00 WIB
Drive Band (Deki Prayoga/Fimela.com)

Liputan6.com, Jakarta - Drive kembali dengan lagu terbaru mereka yang menyorot kondisi terkini masyarakat Indonesia. Menariknya, dalam single berjudul "Lintas Cahaya" ini, band yang terdiri dari Rizki (vokal), Budi (gitar) dan Dygo (bass) ini, menggandeng salah satu vokalis Saint Loco, Beery.

Melalui lagu ini, Drive berharap agar masyarakat yang sempat terpecah belah akibat berbagai perbedaan termasuk aspirasi politik, bisa bersatu kembali melalui lirik menyentuh yang mereka suarakan. Terlebih, lagu ini dirilis pada 22 Mei 2019 lalu, hari terjadinya gelombang aksi massa di Jakarta Pusat.

"Momen ini kami rasa tepat karena isi lagunya memang tentang persatuan. Karena judulnya adalah Lintas Cahaya, yang maksudnya adalah lintas perbedaan dan lintas kebersamaan. Mari kita satukan lagi tenaga kita untuk bangsa dan negara ini," jelas gitaris Drive, Budi, dalam keterangannya tertulis yang diterima Liputan6.com, belum lama ini.

"Jadi siapapun Presiden yang terpilih, kita harus membawa negara ini ke arah yang lebih positif. Semuanya harus menjadi lebih baik, lebih bersemangat. Lupakan segala perbedaan dan jangan ada dendam," lanjut Budi.

Vokalis Saint Loco, Barry Manoch (Liputan6.com/Herman Zakharia)
2 dari 4 halaman

Isu Perbedaan yang Mengusik Pikiran

Diakui oleh para personel Drive, maraknya isu perbedaan pilihan politik menjadi salah satu hal yang mengusik pikiran mereka. Itulah sebabnya mereka berani menyuarakan perdamaian dan persatuan lewat lagu barunya ini.

"Beberapa bulan ini, muncul berbagai isu yang terasa mulai memecah belah persatuan, hal-hal yang berbau fanatisme semakin memanas. Lagu ini boleh dibilang ajakan moral lewat cara kami yaitu melalui musik, untuk melupakan perbedaan, melupakan keributan, dan senantiasa menjaga persatuan. Bahwa sesungguhnya Indonesia ini adalah tanggung jawab kita bersama," tambah sang pemain bass, Dygo.

Berkolaborasi dengan Beery Manoch yang merupakan vokalis rap di band Saint Loco, menimbulkan antusiasme tersendiri bagi para personel Drive.

"Lagu ini emang unik banget karena di tengah-tengah lagu ada rap-nya, di mana enggak pernah ada lagu DRIVE yang ada rap-nya. Dan ini tipe lagu anthem, cocok buat dinyanyikan rame-rame. Seru saja sih, jadi terdengar lebih fresh," ujar Budi.

3 dari 4 halaman

Digarap Cepat

Drive Band (Deki Prayoga/Fimela.com)

Penggarapan lagu "Lintas Cahaya" terbilang cepat. Drive melakukan proses rekaman di Studio Renoz, Pondok Bambu, hanya dua minggu sebelum tanggal rilis. Studio tersebut merupakan markas Drive sejak setahun belakangan. Lagu dan aransemennya dikerjakan oleh para personel Drive dibantu oleh sound engineer Lulud Pambudi.

Selain itu, Drive juga menggunakan artwork bertema persatuan untuk mendukung perilisan single ini. Beberapa sudah diunggah di media sosial mereka. Artwork utamanya merupakan penggabungan dari seluruh artwork yang dibuat terlebih dahulu.

“Artwork ini mengangkat tema Landmarks of Indonesia. Ini menunjukkan identitas-identitas Indonesia seperti Candi Borobudur, Raja Ampat, Jam Gadang, Monas dan lain-lain... Tujuan kami adalah agar perbedaan menjadi penguat rasa kebangsaan sebagai warga negara Indonesia" terang Budi.

4 dari 4 halaman

Pentingnya Persatuan

Band Drive Formasi 2018 dengan Rizki Abdurahman. (DRV Records)

Drive pun berharap agar lagu ini bisa disukai dan diterima oleh masyarakat sekaligus sebagai ekspresi kecintaan mereka terhadap bangsa dan negara kita.

“Semoga ini bisa menjadi pengingat kita bahwa pentingnya menjalin persatuan dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahwa ini bukan hanya untuk kita di saat ini, namun juga untuk generasi muda kita di kemudian hari," ujar sang vokalis, Rizki.

"Negara dan bangsa ini bisa menjadi hebat jika kita membangunnya bersama-sama tanpa memandang suku, agama ataupun kelompok,” tutupnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya