Pimpin Upacara Hari Ikada, Anies Ingatkan Soliditas Pemimpin dan Rakyat

Anies menuturkan peristiwa di Lapangan Ikada memiliki dampak yang luar biasa hingga kini.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 19 Sep 2018, 11:28 WIB
Anies Baswedan pidato di Upacara Peringatan Hari IKADA (Dok. Humas Pemprov DKI)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara peringatan Hari Rapat Raksasa Ikada ke-73 tahun di Lapangan Monas Jakarta, Rabu (19/9/2018). Dalam sambutannya, Anies bercerita tentang rapat raksasa yang digelar sebulan pascaproklamasi kemerdekaan itu.

Anies mengatakan, saat peristiwa Ikada terjadi rakyat Indonesia yang didominasi warga Jakarta berkumpul di Monas mendorong segera dilakukan pemindahan kekuasaan. Anies menuturkan peristiwa itu memiliki dampak yang luar biasa hingga kini.

"Karena proklamasi yang pada pendeklarasiannya dihadiri hanya oleh beberapa ratus orang, sering dianggap sebagai keputusan kaum elite, bukan dianggap sebagai sikap seluruh rakyat," ujar Anies.

Menurut dia, peristiwa itu menjadi bukti adanya soliditas antara pemimpin dan rakyat. Dia mengajak agar para pemimpin di jajarannya, yakni Pemprov DKI, agar selalu bekerja untuk rakyat tanpa membeda-bedakan strata sosial mereka.

"Ini sebuah pesan bahwa ada soliditas antara pemimpin, para deretan kaum pengambil keputusan, dengan rakyat kebanyakan," ucap Anies.

 

2 dari 2 halaman

Jangan Berlainan Jalan

"Jangan sampai pemimpin kemudian rakyat itu dalam posisi yang tidak sejalan, tidak bersama. Ini adalah komitmen untuk mengingatkan kita semua," sambung Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya