5 Destinasi Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan ke Cirebon

Berikut lima destinasi wisata hits dan kekinian yang wajib Anda kunjungi saat liburan ke Cirebon.

oleh Meita Fajriana diperbarui 07 Agu 2018, 11:15 WIB
Berikut lima destinasi wisata hits dan kekinian yang wajib Anda kunjungi saat liburan ke Cirebon. (Foto: Dok. Cirebon)

Liputan6.com, Jakarta Cirebon merupakan salah satu tujuan wisata menarik di Indonesia. Destinasi ini bisa ditempuh hanya dalam wartu tiga jam berkendara dari Jakarta menyusul diresmikannya tol Cikampek-Palimanan. Selain itu, Kota Cirebon tidak terlalu luas memungkinkan Anda bisa berplesir keliling Cirebon dalam waktu satu hari saja.

Cirebon menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Kota yang menempati posisi ke 10 sebagai kota terkecil di Indonesia ini berada di penghujung timur jawa barat dan memiliki sejumlah wisata heritage yang akan membawa kita serasa kembali ke masa lalu.

Namun, Cirebon tidak hanya menyuguhkan wisata klasik, melainkan juga berbagai destinasi kekinian yang patut dikunjungi oleh wisatawan. Berikut lima destinasi wisata wajib saat mengunjungi Cirebon seperti rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (3/8/2018).

1. Belajar Membatik di BT Batik Trusmi

Di Cirebon, batik masih sangat eksis dan dijaga oleh masyarakatnya sebagai citra khas budaya. Batik khas Cirebon dikenal dengan Batik Mega Mendung bermotif awan cerah dengan corak warna yang beragam. Di BT Batik Trusmi, salah satu toko batik terbesar di Indonesia yang tercatat pada rekor MURI tahun 2013 lalu, selain dapat membeli batik khas Cirebon Anda juga dapat belajar membatik dibimbing langsung oleh pembatik tradisional asli Cirebon. Anda bisa mendapat ilmu bermanfaat dari budaya sembari berlibur.

 

2 dari 3 halaman

Destinasi wisata saat liburan ke Cirebon

Berikut lima destinasi wisata hits dan kekinian yang wajib Anda kunjungi saat liburan ke Cirebon. (Foto: Dok. Wisata Cirebon)

2. Toko Pesona Batik, Tembok Retak yang Instagramable

Cirebon dikenal sebagai kota yang memiliki sejumlah bangunan tua. Bahkan, daerah yang memiliki dua pusat pemerintahan ini dikenal sebagai kota yang berhasil mempertahankan kecantikan bangunan-bangunan tua. Sebut saja British American Tobacco, Gedung Negara, Gereja Katolik St. Yusuf, Kantor Walikota Cirebon sampai Toko Pesona Batik.

Toko pesona batik ini dahulunya adalah sebuah gudang tua milik pegadaian. Baru dalam beberapa tahun terakhir, disulap menjadi toko batik yang cantik dan berhasil menarik minat wisatawan. Toko ini memiliki tembok yang didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai sebuah tembok tua yang sudah rapuh di salah satu sisi bangunan. Toko ini kini ramai dikunjungi lantaran membuka spot foto yang intagramable.

3. Batik Kitchen, Restoran Bernuansa Batik

Batik Kitchen, salah satu restoran kenamaan di Cirebon menjadikan batik sebagai nuansa interior. Restoran yang memiliki museum mini tentang batik di salah satu sudutnya ini, menyajikan semua makanan khas Cirebon dengan cita rasa istimewa. Anda tak perlu berkeliling Cirebon lagi untuk menikmati hidangan khas Cirebon mulai dari nasi lengko, empal gentong, tahu gejrot, dan masih banyak lagi. Empal gentong di Batik Kitchen disajikan unik yaitu langsung di atas gentongnya.

 

3 dari 3 halaman

Destinasi wisata saat liburan ke Cirebon

Berikut lima destinasi wisata hits dan kekinian yang wajib Anda kunjungi saat liburan ke Cirebon. (Foto: Dok. Wisata Cirebon)

4. Kaus Kiris, Ketika Umpatan Jadi Kaus Oleh-oleh

Salah satu buah tangan yang paling mainstream dibawa oleh wisatawan adalah kaus. Di Cirebon, satu-satunya kaus oleh-oleh yang sering dibawa oleh wisatawan luar kota adalah Kiris. Di Cirebon, kata kiris adalah salah satu umpatan yang sering dilontarkan seseorang. Tapi, saat ini, kata-kata tersebut dimodifikasi menjadi sebuah akronim dalam sebuah kaus yang dijadikan oleh-oleh.

5. Cirebon Kelana, Corak Batik di atas Cake

Saat ini fenomena kue artis sedang merebak. Salah satu merek yang sangat dekat dengan masyarakat Cirebon yaitu Cirebon Kelana milik Ussy Sulistiawati. Ussy menghadirkan oleh-oleh kekinian dengan sentuhan budaya Cirebon melalui tema Kelana yang merupakan salah satu kesenian khas asli dari Cirebon yaitu Tari Topeng Kelana. Cirebon Kelana menyajikan kue dengan menawarkan topping yang dihiasi corak batik.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya