Sandiaga Uno Tak Khawatir soal Media Asing Sorot Kali Item di Wisma Atlet

Pemprov DKI Jakarta terus membersihkan Kali Sentiong atau biasa disebut Kali Item. Pemprov juga menutupnya dengan kain hitam.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Jul 2018, 16:20 WIB
Petugas PPSU membersihkan sampah yang tertutup jaring hitam di Kali Item, Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/7). Pemasangan jaring dilakukan untuk menutupi keruhnya air dan bau tak sedap di Kali Item. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus membersihkan Kali Sentiong atau biasa disebut Kali Item jelang pagelaran Asian Games 2018 yang berlangsung selama 18 Agustus-2 September. Pemprov juga menutupnya dengan kain hitam.

Cara ini menjadi sorotan media asing, yang dianggap mengganggu para atlet.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno meminta, warga DKI Jakarta bersatu padu untuk membenahi Kali Item.

"Seperti yang saya sampaikan kemarin, kita ini harus bersatu sebagai bangsa dan kita buktikan kepada media asing bahwa dan juga kepada tamu-tamu mancanegara yang datang bahwa kita siap dan kita gunakan kesempatan ini untuk bersatu padu," kata Sandi di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (24/7/2018).

Dia pun mengaku jajaran telah melakukan triple protection. Terlebih, tempat makan para atlet Asian Games 2018 berada di sebelah Kali Item.

"Jadi kafetarian itu dibangun pas di samping itu. Jadi kita dari segi tadi higienisnya, mungkin dari aroma, pandangannya mungkin sudah oke tapi bagaimana dengan lalat? Bagaimana dengan kandungan bakterinya di situ? Jadi ini kita perlu hati-hati. Kita akan ambil segala hal yang memastikan kita turunkan risiko dari kontaminasi untuk makanan," ujar Sandiaga.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 2 halaman

Akan Buktikan

Dia pun akan membuktikan kepada media asing Asian Games tahun ini yang diadakan di Indonesia khususnya di DKI Jakarta, Palembang dan lainnya menjadi Asian Games yang terbaik.

"Jadi bukan hanya aroma mata tapi juga yang akan kita makan, itu yang akan kita lakukan. Dan media asing boleh menyorot, tapi kita akan buktikan bahwa ini Asian Games terbaik," ucapnya.

"Jadi ini kita, saya sampaikan ke Pak Eric ke Bu Puan kemarin Bu Puan nanyain ini bagaimana media asing. Don't worry by Menko, don't worry Pak Eric ini kita tak akan terpecah belah. Tapi justru kita akan semakin kuat, kita buktikan kepada dunia luar bahwa kita siap untuk Asian Games," tandasnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya