Begini Perkembangan Proyek LRT Jabodebek

Hingga akhir tahun ditargetkan pembangunan lintasan Cawang-Cibubur sudah mencapai 85 persen.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Jun 2018, 18:40 WIB
Alat-alat berat diparkir di Proyek Light Rail Transit (LRT) Cawang-Dukuh Atas di Jakarta, Kamis (10/5). Saat ini progress pengerjaan proyek Cawang-Dukuh Atas mencapai 22 persen dan ditargetkan dapat selesai pertengahan 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan pembangunan LRT Jabodebek hingga 25 Mei 2018 sudah mencapai 39 persen. Rinciannya, progres pembangunan lintasan Cawang - Cibubur 60,28 persen, Cawang - Dukuh Atas 23,63 persen dan Cawang - Bekasi Timur 34,74 persen.

Direktur Prasarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zamrides mengatakan, hingga akhir tahun ditargetkan progres pembangunan lintasan Cawang-Cibubur sudah mencapai 85 persen.

"Cawang - Dukuh Atas mungkin sekitar 50 persen. Cawang - Bekasi Timur sekitar 50 persen," ungkapnya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Dia menjelaskan salah satu poin penting dalam rakor dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan ialah masalah pembebasan 12 hektare lahan untuk pembangunan depo di Bekasi.

"Masalah tanah terutama. Kita harapkan Agustus minggu kedua sudah bisa selesai semua, termasuk Dukuh Atas," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Menhub: Kehadiran LRT di Palembang Bisa Jadi Gaya Hidup Baru Masyarakat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap, kehadiran transportasi publik baru seperti Light Rail Transit (LRT) di Palembang bisa menjadi pegangan gaya hidup baru bagi masyarakat setempat.

"LRT adalah suatu investasi transportasi yang luar biasa yang juga merupakan angkutan massal. Untuk itu saya harap itu dapat menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat dalam bertransportasi," ungkap dia dalam sebuah keterangan tertulis, Minggu (27/5/2018).\

Dia pun mengatakan, pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan terus menyosialisasikan LRT pada seluruh elemen agar masyarakat dapat memahami seluruh manfaat dari transportasi massal tersebut.

Lebih lanjut, Menhub Budi menjelaskan bahwa LRT di Kota Palembang akan segera beroperasi dalam waktu dekat ini, dan siap mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 nanti.

"Adanya LRT di sini akan kami siapkan dalam waktu akhir-akhir ini dan kemungkinan mulai beroperasi 3 atau 4 minggu sebelum Asian Games berlangsung. Saat ini sedang dilakukan tes dinamis, dan menurut laporan sudah bisa jalan dengan kecepatan 35 km per jam," jelasnya.

"Asian Games adalah salah satu sasaran harapannya, namun setelah perhelatan itu selesai LRT akan digunakan untuk angkutan massal masyarakat Palembang," tambah Menhub Budi.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan, saat ini konstruksi LRT Palembang sudah selesai semua dan dalam waktu dekat akan datang lagi enam rangkaian kereta untuk melengkapi seluruh rangkaian.

"Konstruksi termasuk rel sudah selesai semua, sekarang sedang dilakukan pengujian dengan kereta yang riil. Untuk enam rangkaian kereta lagi akan datang dalam waktu sekitar 2-3 minggu ini untuk melengkapi dua rangkaian kereta yang sudah tiba," tutur dia.

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya