Ajaib, Pria Asal Filipina Ini Kebal Terhadap Racun Ular Kobra

Seorang pria 31 tahun asal Filipina, memiliki tubuh yang kebal terhadap racun ular kobra.

oleh Nur Aida Tifani diperbarui 26 Mei 2018, 18:00 WIB
Ilustrasi kobra (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Orang biasa mungkin sudah tewas keracunan ketika terkena gigitan ular kobra. Namun, Joe Quililan justru membiarkan tubuhnya digigit ular setiap minggu.

Quililan, lebih tepatnya dikenal dengan julukan 'manusia racun', punya kemampuan yang tak biasa seperti orang lainnya, yakni kebal terhadap racun. Selama setiap minggu ia rutin menyuntikkan racun sebagai cara untuk meningkatkan ketahannan tubuh.

"Aku tak bisa menghindari ular liar yang lebih agresif, dan saya sendiri sudah keluar masuk rumah sakit selama lima kali, tapi gigitan mereka dapat membuatku lebih kebal terhadap racun," ujar Quililan, melansir Oddity Central, Jumat (25/5/2018).

Pria 31 tahun, asal Cagayan de Oro City, Filipina itu menceritakan bagaimana pengalaman pertamanya digigit ular di usia 14 tahun. Ketika ular kobra menggigitnya, ia hanya menepisnya dan melanjutkan aktivitasnya, seolah-olah tidak ada hal berbahaya yang pernah terjadi.

Orang-orang mungkin akan kehilangan kesadaran dan kemudian hilang nyawa, tetapi bukan Quililan. Gigitan pertamanya saat itu membuat, Quililan menyadari bahwa ia memiliki kekebalan tubuh terhadap racun ular.

2 dari 2 halaman

Mendapat pekerjaan sesuai dengan minatnya

(Foto: Kapuso Mo, Jessica Soho via Oddity Central) Joe Quililan atau kerap disebut Venom man puny

Untuk semakin meyakinkan kemampuan tubuhnya itu, Quililan kemudian membiarkan dirinya selama bertahun-tahun untuk digigit ratusan ular.

Beberapa kasus di antaranya pernah melarikan Quililan ke rumah sakit dan bahkan hampir membuatnya tewas. Akibat racun ular, ia juga pernah menyerahkan salah satu jarinya untuk diamputasi.

Akibat kemampuannya itu, Quililan pernah tampil di televisi dan memukau banyak orang. Setelah ia digigit kobra selama satu jam, pria itu dinyatakan dokter dalam kondisi yang sempurna.

Darah Quililan juga pernah dikirimkan lembaga penelitian untuk diteliti. Hasil analisis menunjukan bahwa antibodinya mampu menetralkan racun kobra. Meski begitu, pihak penelti juga menyatakan bahwa Joe merupakan pertama kalinya bagi mereka sebagai seseorang yang dapat melakukan hal itu.

Karena kemampuan itu, Joe mendapatkan pekerjaan di Departemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam Filipina untuk membantu konservasi ular.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya