Kisah Martha Tilaar, Guru yang Sukses Bangun Bisnis Kosmetik dari Garasi Rumah

Martha yang saat itu merupakan seorang guru, memiliki impian untuk mengangkat dan melestarikan kekayaan alam Indonesia agar dikenal masyarakat luas.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Apr 2018, 17:35 WIB
Tidak mudah untuk membangun usahanya hingga menjadi seperti sekarang ini, tapi semangat Martha Tilaar memang tidak pernah luntur.

Liputan6.com, Jakarta Martha Tilaar. Siapa yang tak mengenal pengusaha jamu dan kosmetika sukses yang terkenal ini. Produk kosmetik buatannya banyak dipakai kaum hawa maupun Adam di Indonesia.

Membangun bisnis kosmetik bukan hal mudah bagi Martha Tilaar. Perjalanan panjang memperkenalkan jamu dan kosmetik berbahan asli kekayaan alam Indonesai dimulai saat menemani sang suami yang memperoleh beasiswa sekolah di Amerika.

Martha yang saat itu merupakan seorang guru, memiliki impian untuk mengangkat dan melestarikan kekayaan alam Indonesia agar dikenal masyarakat luas. Dia pun memutuskan mempelajari bisnis kecantikan.

Tepatnya pada 1969, Martha kembali ke Indonesia dan membangun bisnisnya meski hanya dari garasi rumah. Bersama keluarga besarnya, Martha terus mencari formula jamu dan kosmetik yang cocok dan bisa diterima pasar.

Keuletan dan kegigihan menjadi pemecut Martha terus maju, meski diakui saat itu dia harus berhadap dengan mindset masyarakat Indonesia yang menilai jika produk impor selalu yang terbaik.

Ingin tahu bagaimana Martha Tilaar membangun kerajaan bisnis jamu dan kosmetiknya, simak dalam wawancara khusus Tim Liputan6.com berikut ini:

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya