Mantan Gubernur BI Rachmat Saleh Wafat di Usia 87 Tahun

Rachmat Saleh menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia, dari tahun 1973 hingga 1983.

oleh Septian Deny diperbarui 11 Feb 2018, 17:24 WIB
Bank Inodnesia (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Liputan6.com, Jakarta
Kabar duka datang dari dunia keuangan Indonesia. Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Rachmat Saleh meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, pada Minggu (11/2/2018) sore ini.
 
Mengutip keterangan Bank Indonesia, Rachmat Saleh wafat di Usia 87 Tahun.  Almarhum rencananya akan disemayamkan di rumah duka, Jalan Ampera Raya Nomor 119, Kemang Jakarta Selatan.
 
"Almarhum wafat pada usia 87 tahun di RS Abdi Waluyo, setelah dirawat selama beberapa lama," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI, Agusman.
 
Dia mengatakan almarhum Rachmat Saleh dikenal jujur, tegas dan berdisiplin tinggi.
 
Almarhum menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia, dari tahun 1973 hingga 1983, dan menjadi Menteri Perdagangan, dari tahun 1983-1988.
 
Selama menjadi Gubernur BI, Rachmat Saleh senantiasa berpegang pada lima pedoman profesionalitas, etika dan moral, yaitu nasionalisme, kejujuran, kerja keras, dedikasi, serta konsisten menambah pengetahuan.
 
Lima pedoman tersebut membuatnya dikenal sebagai pejabat yang rendah hati, jujur dan lurus serta tegas dalam mengemban tugas.
 
Keteladanan Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 1 Mei 1930 patut dikenang dan dijadikan panutan, tak hanya bagi pegawai Bank Indonesia namun bagi masyarakat Indonesia secara umum.
 
"Anggota Dewan Gubernur dan segenap jajaran serta keluarga Bank Indonesia mengungkapkan belasungkawa yang mendalam atas wafatnya beliau," dia menandaskan.
 
Sebelum meninggal, Rachmat Saleh sempat meluncurkan buku berjudul Rachmat Saleh: Legacy Sang Lagenda Kejujuran tepat pada Hari Pers Nasional 9 Februari 2018, di Padang Sumatera Barat.
 
 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya